Huawei Klaim OS HongMeng Lebih Cepat dari Android

Oleh: Ibnu Azis - 8 Juli 2019
Tak hanya Android, OS HongMeng juga diklaim Huawei lebih kencang dari MacOS (Apple).
tirto.id - CEO Huawei, Ren Zhengfei sesumbar bahwa performa sistem operasi (OS) HongMeng lebih kencang dari Android. OS buatan Huawei ini juga diklaim lebih cepat dari MacOS (Apple) lantaran dapat melakukan pemrosesan dalam waktu kurang dari 5 ms. Hal ini diungkap Zhengfei dalam wawancara dengan majalah terbitan Perancis, Le Point, baru-baru ini.

Melansir GSM Arena, Senin (8/7/2019), Zhengfei juga menyebut bahwa OS HongMeng tak hanya dapat digunakan di smartphone, tapi gawai lain seperti tablet, perangkat komputer, hingga data center.

Meski begitu, Zhengfei tetap menggarisbawahi bahwa untuk OS di gawai, tetap membutuhkan ekosistem toko aplikasi dengan dukungan penuh dari developer.

"[Zhengfei] dia mengakui bahwa Huawei tidak memiliki alternatif serius untuk Google Play Store dan App Store Apple. Huawei sekarang berupaya menciptakan alternatif itu," tulis CNET.

Seorang juru bicara Huawei enggan berkomentar terkait pernyataan Zhengfei di Le Point. Menurutnya, fokus Huawei saat ini tetap Windows dan Android, sedangkan OS HongMeng sebagai langkah antisipasi.

"Hingga hari ini kami masih berkomitmen dengan Windows [Microsoft] dan Android [Google]. Tapi jika kami tak boleh menggunakan itu maka ada rencana B yaitu menggunakan OS kami sendiri [HongMeng]," ujarnya dikutip CNET.

Perang dagang AS-Cina berpotensi membuat Huawei kehilangan lisensi Android miliknya.

Sebagai langkah antisipasi, Huawei telah mengembangkan OS HongMeng untuk perangkat bergerak, yang diketahui sudah dikembangkan sejak 2012.

Sebagai bentuk keseriusan antisipasi itu, seperti dilaporkan China Daily, Huawei diduga telah mengapalkan 1 juta unit smartphone dengan OS HongMeng untuk pengujian.


Baca juga artikel terkait PERANG DAGANG AS-CINA atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight