Menuju konten utama

Honda Umumkan Recall untuk Perbaikan Steering dan Airbag

Unit teridentifikasi perbaikan komponen MEPS sebanyak 10.950 unit CRV produksi tahun 2017.

Honda Umumkan Recall untuk Perbaikan Steering dan Airbag
Dua mobil All New Honda CR-V Turbo dikendarai melintasi laut pasir saat Media Test Drive di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, Kamis (20/7). ANTARA FOTO/Zarqoni Maksum

tirto.id - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan kampanye Product Update (PUD) atau recall untuk komponen Motor Electric Power Steering (MEPS) dan penambahan unit yang teridentifikasi dalam recall Inflator Airbag.

"Kampanye ini merupakan bagian dari upaya kami untuk selalu memastikan kendaraannya berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi, dan dilakukan tanpa memungut biaya apapun dari konsumen," kata Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat (9/3/2018).

Kampanye PUD untuk komponen (MEPS) sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya kerusakan pada sistem steering, untuk melindungi keselamatan pengemudi dan atau penumpang. Sementara unit yang teridentifikasi dalam program ini sebanyak 10.950 unit CRV produksi tahun 2017 di Indonesia.

Proses pemeriksaan dan atau penggantian komponen (MEPS) berlangsung kurang lebih selama satu jam, tanpa dikenakan biaya apapun. Kampanye penggantian komponen ini akan dimulai pada hari Senin (19/3) di seluruh dealer resmi Honda di Indonesia.

Masa kampanye PUD tersebut akan berlangsung selama enam bulan atau sampai sampai 19 September 2018, sementara masa perbaikan akan terus berlangsung meski masa kampanye telah selesai.

Sementara untuk kampanye Inflator Airbag yang telah berjalan sejak Maret 2016 lalu ada penambahan unit yang teridentifikasi sebanyak 49.152 unit di Indonesia.

Rinciannya, 26.946 unit Honda Jazz produksi tahun 2002-2014, 19.145 unit Honda Freed produksi tahun 2012-2014, 2.971 unit Honda City produksi tahun 2012-2013, dan 90 unit Honda Accord produksi tahun 2012-2013.

Kampanye PUD Inflator Airbag sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan mengembangnya airbag secara berlebih (over deployment), akibat tekanan gas dalam komponen inflator airbag, sehingga berpotensi membahayakan penumpang depan pada saat terjadi kecelakaan.

Proses penggantian komponen inflator airbag berlangsung kurang lebih selama 1-2 jam tanpa dikenakan biaya apapun. Kampanye ini telah dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Maret 2018 di seluruh dealer resmi Honda di Indonesia.

Kampanye PUD Inflator Airbag akan berjalan selama enam bulan mulai tanggal 8 Maret 2018 sampai 8 September 2018, sementara masa perbaikan akan terus berlangsung walaupun masa kampanye telah selesai.

PT HPM menjelaskan bahwa telah mengirim surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi. Informasi mengenai kampanye ini dan kendaraan yang teridentifikasi juga dapat dilihat pada tautan http://pud.honda-indonesia.com.

Sementara untuk teknis pelaksanaan dan kelancaran proses perbaikan, konsumen dapat menghubungi atau datang ke dealer resmi Honda terdekat untuk mendaftarkan kendaraan, atau menghubungi Honda Customer Care di 0-800-11-22-789 (bebas pulsa).

"Mengingat pentingnya program ini, kami menghimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen," kata Jonfis.

Baca juga artikel terkait HONDA RECALL atau tulisan lainnya dari Ibnu Azis

tirto.id - Otomotif
Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis