Hitachi Kembangkan Teknologi Kamera Tanpa Lensa

Oleh: Agung DH - 16 November 2016
Perusahaan elektronik multinasional asal Jepang Hitachi Ltd sedang mengembangkan teknologi kamera yang dapat menangkap gambar tanpa menggunakan lensa. Teknologi tersebut merupakan yang pertama dikembangkan di Jepang
tirto.id - Perusahaan elektronik multinasional asal Jepang Hitachi Ltd sedang mengembangkan teknologi kamera yang dapat menangkap gambar tanpa menggunakan lensa. Teknologi tersebut merupakan yang pertama dikembangkan di Jepang.

"Teknologi kamera ini membuat kamera lebih ringan dan lebih tipis karena tidak menggunakan lensa," kata perusahaan yang berbasis di Tokyo tersebut dikutip Xinhua.

"Teknologi baru ini juga memungkinkan kamera untuk lebih bebas dipasang di berbagai perangkat seperti ponsel dan robot dengan mudah," kata perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Tokyo itu.

Teknologi ini juga dapat menyesuaikan fokus setelah pengambilan gambar menggunakan film dengan pola konsentris lingkaran bukannya lensa, kata Hitachi yang ingin mengkomersialkannya pada 2018.

"Selain itu, teknologi tersebut juga memungkinkan mereproduksi gambar di sembarang titik fokus bahkan setelah gambar ditangkap," katanya.

Fokus dapat disesuaikan kapan saja untuk objek yang ingin ditangkap, sehingga Hitachi ingin memanfaatkan teknologi ini dalam berbagai aplikasi seperti dukungan kerja, mengemudi otomatis dan analisis perilaku manusia dengan perangkat ponsel, kendaraan dan robot.

Teknologi ini menangkap gambar melalui film yang ditempatkan di antara obyek dan sensor gambar.

Fitur kunci lain adalah bahwa teknologi dapat mengumpulkan data grafis serta informasi mendalam, yang memungkinkan pengguna bisa mengatur posisi fokus saat pengambilan gambar. Ketika wajah seseorang kabur dalam rekaman kamera , misalnya, posisi fokus dapat diubah setelah mengambil gambar.

Baca juga artikel terkait KAMERA atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Film)

Reporter: Antara
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight