Head to Head Pemain Perancis vs Kroasia di Final Piala Dunia 2018

Oleh: An Ismanto - 14 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Perancis unggul dalam soal bertahan dan menyerang, Kroasia unggul dalam penguasaan bola.
tirto.id - Penelusuran head to head pemain Perancis vs Kroasia di Final Piala Dunia 2018 yang akan dilangsungkan di Stadion Luzhniki, Moskow, pada Minggu (15/7/2018 pukul 22.00 WIB mengisyaratkan bahwa Perancis akan unggul dalam urusan bertahan dan menyerang, tetapi Kroasia akan unggul dalam penguasaan bola.

Head to head pemain Perancis vs Kroasia: Mbappe vs Strinic




Menempati posisi bek kiri dalam skema apa pun yang menggunakan 4 bek, Ivan Strinic cukup kerepotan saat harus mengawal Sterling dalam laga Kroasia vs Inggris di semifinal. Tetapi, ia berhasil mencegah penyerang Inggris itu mencetak gol.

Hanya saja, Kylian Mbappe adalah pemain yang berbeda. Sama-sama cepat seperti Sterling, tetapi naluri mencetak gol Mbappe sudah terbukti, baik saat berjumpa tim yang dianggap lemah maupun tim sekuat Argentina, saat ia mencetak dwigol.

Selain soal mencetak gol, Mbappe juga bisa bekerja sama dengan baik dalam formasi Perancis. Tercatat, ia melakukan rata-rata 23 umpan per pertandingan dengan akurasi mencapai 79%.

Di pihak lain, Strinic memang mencatatkan rata-rata 2 takcle per pertandingan yang memperlihatkan ketangguhannya dalam bertahan. Tetapi, ia juga dibebani tugas untuk menyerang: rata-rata ia melakukan 43,6 umpan.

Strinic harus membagi konsentrasi antara mengawal Mbappe dan membantu Kroasia menyerang melalui sayap.

Head to head pemain Perancis vs Kroasia: Pogba vs Rakitic




Luka Modric akan menjadi urusan N'Golo Kante, tetapi Kroasia punya playmaker serba bisa lain dalam diri Rakitic. Untungnya, Perancis punya Paul Poga yang juga serba bisa.

Gaya bermain Perancis yang dikritik oleh Eden Hazard memang cenderung bertahan dan menunggu, tetapi dengan pertahanan yang tangguh baik di lini tengah maupun belakang. Saat peluang menyerang tercipta, Pogba bisa memanfaatkannya dengan baik, terbukti dari rata-rata umpan kuncinya yang sebesar 1,6 kali.

Tetapi Rakitic bukan pemain kemarin sore. Bersama Modric, ia menjadi jantung permainan Kroasia. Catatan rata-ratajumpah umpannya saja 60,5 dengan akurasi sebesar 84%. Ia juga bisa mengirim umpan silang dengan rata-rata 0,7 kali serta mengirim umpan jauh engan rata-rata 6,2 kali.

Pogba harus fokus menghadapi Raktic karena gelandang Barcelona itu juga pintar bertahan, terbukti dengan catatan defensifnya bisa mengimbangi Pogba. Raktic dan Pogba sama-sama mencatatkan rata-rata tackle 1,8 tackle dan intersep 0,8.

Head to head pemain Perancis vs Kroasia: Varane vs Mandzukic



Meskipun berposisi sebagai bek, Varane tangkas dalam situasi bola mati ofensif sehingga mampu mencetak 1 gol. Dalam skema permainan Perancis yang lebih dalam, ia bisa "nyambung" dengan melakukan umpan rata-rata 51 dengan akurasi 88,6.

Tetapi tugas utama Varane adalah bertahan dan ia cukup taktis dan pragmatis dengan membuang bola berbahaya hingga rata-rata 6,5 kali. Kendati tak banyak melakukan tackle, hanya rata-rata 0,2, tetapi ia juga jarang melakukan pelanggaran, yaitu hanya 0,3.

Hanya saja, Varane tampaknya harus bekerja keras dalam duel udara karena Mandzukic lebih unggul. Catatannya, rata-rata Varane unggul 4 kali duel udara sementara Mandzukic 4,6 kali. Selain itu, Mandzukic cukup sering menembak ke arah gawang dengan rata-rata 2,2.

Yang harus diwaspadai juga oleh Varane adalah kemampuan Mandzukic untuk seidkit turun dan terlibat dalam proses penyerangan Kroasia. Striker Juventus itu mencatatkan rata-rata 1,4 kali umpan kunci.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya An Ismanto
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: An Ismanto
Editor: An Ismanto