Head to Head Brasil vs Swiss Piala Dunia 2022: Neymar Cedera

Kontributor: Rizal Amril Yahya, tirto.id - 26 Nov 2022 13:17 WIB
Dibaca Normal 4 menit
Head to head Brasil vs Swiss Piala Dunia 2022 Qatar dan live streaming di SCTV, Vidio, Moji TV.
tirto.id - Head to head Brasil vs Swiss dalam lajutan Piala Dunia 2022 grup G menunjukkan kedua kesebelasan punya peluang untuk saling mengalahkan. Namun, Selecao menatap laga kontra Swiss dengan masalah serius, Neymar dipastikan absen dalam laga tersebut karena cedera pergelangan kaki yang ia dapatkan di matchday 1 kontra Serbia.

Pertandingan Brasil vs Swiss dijadwalkan akan berlangsung pada Senin (28/11/2022) malam mulai pukul 23.00 WIB.

Sepanjang sejarah, Brasil dan Swiss pernah 4 kali bertemu. Terakhir kali kedua tim nasional bertemu adalah ketika Piala Dunia 2018.Dalam laga 4 tahun lalu tersebut, Brasil dan Swiss bermain imbang 1-1.


Meskipun Selecao kala itu bermain mendominasi dengan 55 persen penguasaan bola dan 21 tembakan, namun Brasil hanya mampu mencetak 1 gol yang dilesatkan Phillippe Coutinho di menit 20. Sementara itu, gol penyama kedudukan Swiss dicetak Steven Zuber di menit 50.

Dalam 4 kali pertemuan Brasil dan Swiss, kedua timnas sama-sama mengemas 1 kemenangan, 1 kekalahan, dan 2 hasil imbang. Namun, rekor head to head tersebut tak bisa menjadi patokan untuk mengukur kekuatan terkini 2 kesebelasan tersebut.

Pertemuan Brasil dan Swiss selalu memiliki waktu yang berjarak. Selecao pertama kali bertemu Swiss di Piala Dunia 1950, kemudian keduanya kembali bertemu di laga uji coba di tahun 2006 dan 2013, dan terakhir keduanya bertemu di Piala Dunia 2018.

Kini, Brasil mempunyai skuad berisikan penyerang-penyarang muda yang baru saja menunjukkan kelasnya dalam laga kontra Serbia Jumat (25/11) lalu.

Akan tetapi, Swiss bukan lawan yang dapat dianggap remeh, pada tahun ini, Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan berhasil mengalahkan lawan berat seperti Portugal dan Spanyol di UEFA Nations League.

Head to Head Brasil vs Swiss: Brasil Tanpa Neymar


Menjelang laga melawan Swiss pada Senin malam nanti, Brasil justru kehilangan Neymar yang mengalami cedera pada otot ligamennya.

Cedera tersebut dialami Neymar dalam laga kontra Serbia pada Jumat lalu. Sepanjang laga tersebut, Neymar menajadi pemain yang paling banyak dilanggar.

Total, sebanyak 9 kali pelanggaran dilakukan pemain Serbia kepada bintang Paris Saint-Germain tersebut. Jumlah pelanggaran tersebut menjadikan Neymar sebagai pemain yang paling banyak dilanggar di Piala Dunia 2022 sejauh ini.

Tak hanya Neymar, skuad Brasil juga kehilangan bek kanan mereka, Danilo da Silva, yang juga mengalami cedera pergelangan kaki.

Dokter timnas Brasil, Rodrigo Lasmar, mengatakan bahwa kedua pemain dipastikan bakal absen dalam laga Senin malam nanti.

"Pemeriksaan menjukkan cedera ligamen lateral pada pergelangan kaki kanan Neymar dan cedera ligamen medial pada kaki kiri Danilo. Keduanya akan absen dalam laga berikutnya," kata Rodrigo Lasmar dilansir situs resmi Federasi Sepak Bola Brasil.

Dokter timnas Brasil tersebut juga mengatakan bahwa kedua pemain tersebut akan mendapatkan perawatan intensif tiap hari guna mengejar pemulihan yang cepat.

"Mereka [Neymar dan Danilo] tetap dalam perawatan kami dengan tujuan mencoba pulih tepat waktu untuk kembali mengikuti kompetisi ini," kata Lasmar.

Brasil dan Swiss kini berada di peringkat 1 dan 2 di klasemen sementara grup G setelah sama-sama mengemas kemenangan di laga perdana.

Cederanya Neymar tentu merupakan kehilangan besar skuad asuhan Tite menjelang laga melawan Swiss, padahal laga dalam laga tersebut Brasil berkesempatan memperlebar peluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, laga Senin malam nanti bisa jadi ajang pembuktian bagi para penyerang muda Brasil untuk menepis anggapan timnas Selecao yang terlalu bergantung pada sosok Neymar.

Hasil Pertandingan Terakhir Brasil dan Swiss


Baik Brasil maupun Swiss tengah dalam perfoma apik menjelang laga pada Senin malam nanti. Kedua timnas sama-sama mencatatkan rekor impresif dalam 5 laga terakhir mereka di semua kompetisi.

Skuad asuhan Tite menatap laga kontra Swiss dengan tak terkalahkan dalam 5 pertandingan terakhir yang dijalani Selecao.

Kemenangan atas Serbia pada Jumat (25/11) lalu juga menjadi kemenangan ke-20 Brasil di laga perdana di 22 edisi Piala Dunia yang diikuti Selecao.

Sementara itu, 5 pertandingan terakhir Swiss berhasil diselesaikan Granit Xhaka dan kawan-kawan dengan 4 kemenangan dan hanya 1 kali kalah ketika melawan Ghana di laga uji coba pra Piala Dunia 2022.

Skuad asuhan Murat Yakin tersebut pantas berbangga hati karena dalam 5 pertandingan terakhir, mereka berhasil mengalahkan Portugal dan Spanyol.

5 Laga Terakhir Brasil:

02/06/22 Korea Selatan vs Brasil 1 - 5

06/06/22 Jepang vs Brasil 0 - 1

24/09/22 Brasil vs Ghana 3 - 0

28/09/22 Brasil vs Tunisia 5 - 1

25/11/22 Brasil vs Serbia 2 - 0

5 Laga Terakhir Swiss:

13/06/22 Swiss vs Portugal 1 - 0

25/09/22 Spanyol vs Swiss 1 - 2

28/09/22 Swiss vs Ceko 2 - 1

17/11/22 Ghana vs Swiss 2 - 0

24/11/22 Swiss vs Kamerun 1 - 0

Prediksi Susunan Pemain Brasil vs Swiss di Piala Dunia 2022


Tanpa Neymar yang mengalami cedera, laga Senin malam nanti akan menjadi pembuktian para penyerang muda Brasil.

Tite diprediksi akan memainkan Richarlison sebagai ujung tombak, Vinicius Junior dan Raphinha Belloli di sektor sayap, serta Antony yang diprediksi akan menggantikan peran Neymar sebagai gelandang serang.

Sementara itu, Swiss diprediksi akan menurunkan Breel Embolo sebagai striker tunggal bersama trio Xherdan Shaqiri, Djibril Sow, dan Ruben Vargas di posisi gelandang serang.

Berikut ini merupakan prediksi susunan pemain Brasil vs Swiss dalam laga Senin malam nanti.

Brasil (4-2-3-1): Alisson Becker; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Casemiro, Fred; Raphinha Belloli, Antony, Vinicius Junior; Richarlison. Pelatih: Adernor "Tite" Bacchi.

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Silvan Widmer, Mauel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Remo Fruler, Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Djibril Sow, Ruben Vargas; Breel Embolo. Pelatih: Murat Yakin.

Jadwal Live Streaming Brasil vs Swiss di Piala Dunia 2022


Jika tak ada perubahan jadwal, laga Brasil vs Swiss di lanjutan persaingan grup G Piala Dunia 2022 dapat disaksikan pada Senin (28/11/2022) melalui siaran langsung SCTV dan NEX Parabola dan live streaming Moji TV dan Vidio.

Pertadingan yang digelar di Stadion 974 di Doha, Qatar, tersebut dapat ditonton mulai pukul 23.00 WIB.

Untuk menonton Piala Dunia 2022 di Vidio, penggemar sepak bola dapat memilih paket berlangganan. Tersedia Paket FIFA World Cup Qatar 2022 dengan 2 pilihan, yakni Paket 30 Hari Rp65.490 (untuk HP dan tablet), Paket 30 Hari Rp87.690 (semua perangkat), Paket Diamond (Liga Inggris) & Piala Dunia Rp631.590 (semua perangkat). Harga tersebut sudah termasuk PPN 11 persen.

Sedangkan untuk menyaksikan via tayangan NEX Parabola, Anda bisa berlangganan paket seharga Rp749.000 dengan promo early bird Paket World Cup via potongan Rp50.000.

Link Live Streaming Brasil vs Swiss – SCTV

Link Live Streaming Brasil vs Swiss – Vidio

Link Live Streaming Brasil vs Swiss – Moji TV

*Jadwal Brasil vs Swiss dan stasiun televisi yang menayangkan Piala Dunia 2022 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Rizal Amril Yahya
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rizal Amril Yahya
Penulis: Rizal Amril Yahya
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight