Hasil Tottenham vs MU di Liga Inggris: Rekor Solskjaer Terjaga

Oleh: Hendi Abdurahman - 14 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-1 menjadi hasil akhir laga antara Tottenham vs Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris pekan 22, Minggu (13/1/2019).
tirto.id - Tottenham menderita kekalahan keenamnya musim ini di pekan 22 Liga Inggris, Minggu (13/1/2019). Bertanding di Stadion Wembley, tuan rumah mesti mengakui kehebatan Manchester United di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer usai takluk dengan skor tipis 0-1.

Hasil ini membuat Tottenham gagal menggeser Manchester City di posisi kedua. Son Heung-min dan kawan-kawan tetap berada di posisi ketiga dengan capaian 48 poin. Mereka terpaut dua poin dari City dan sembilan poin dari pemuncak klasemen, Liverpool.

Di sisi lain, Manchester United kembali menjaga rekor selalu menang sejak ditangani Ole Gunnar Solskjaer. Meski tetap berada di posisi enam, poin Paul Pogba dan kolega kini sama dengan yang diperoleh Arsenal di peringkat lima dengan 41 poin. Keduanya hanya berbeda selisih gol.

Pada laga kali ini, Tottenham menggunakan formasi 4-3-1-2. Di lini depan, Mauricio Pochettino menempatkan Son Heung-Min sebagai tandem Harry Kane, keduanya ditopang Erik Lamela di lini tengah. Sementara Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen diplot sebagai duet di lini belakang melapisi Hugo Lloris di posisi penjaga gawang.

Di lain pihak, tim tamu Manchester United memakai skema 4-2-3-1 dengan Marcus Rashford ditunjuk sebagai juru gedor. Paul Pogba tetap diandalkan di lini tengah sedangkan lini belakang diisi duet Victor Lindelof dan Phil Jones. Adapun David De Gea tetap pada posisinya sebagai orang terakhir di bawah mistar.

Di awal-awal babak pertama, laga berlangsung dengan tempo yang tak terlalu cepat. Peluang pertama baru tercipta bagi tim tamu melalui Jesse Lingard pada menit ke-12, akan tetapi sontekannya masih bisa diantisipasi oleh Hugo Lloris.

Tuan rumah baru mendapatkan peluang yang membahayakan pada menit 29. Mendapatkan ruang tembak, Son Heung-min justru mnyodorkan bola kepada Eriksen. Sayang, sepakan pemain asal Denmark tersebut masih mampu diblok oleh para pemain Manchester United. Skor 0-0.

Saat skor sepertinya bakal berakhir imbang di babak pertama, gol justru hadir bagi tim tamu satu menit jelang paruh pertama usai. Marcus Rashford mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan dari Paul Pogba. Melalui akurasi yang sangat baik, pemain Timnas Inggris itu mampu menempatkan bola ke sudut kiri gawang yang tak mampu dijangkau Lloris. Skor 0-1.

Tak lama setelah gol tersebut, wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya 45 menit babak pertama.

Di babak kedua, Spurs tampil menekan guna menyamakan kedudukan. Dua peluang sekaligus didapat anak asuh Pochettino melalui Harry Kane pada menit 49, yang sayangnya masih bisa digagalkan David De Gea. Sepuluh menit kemudian, lagi-lagi peluang Kane melalui sundulan masih bisa diamankan kiper Spanyol tersebut yang membuat skor tak berubah.

Waktu menunjukkan menit 66, Dele Alli membuang kesempatan menyamakan angka. Melakukan solo run dari lini tengah, Alli yang tinggal berhadapan satu lawan satu gagal menaklukan De Gea. Skor 0-1.

Tottenham benar-benar tampil menyerang. Hingga waktu menunjukkan menit 70, mereka mampu melakukan 7 tendangan yang mengarah ke gawang dengan penguasaan bola mencapai 59%. Sebaliknya, United cenderung lebih banyak menunggu bola untuk kemudian melancarkan serangan balasan.

Pada sepuluh menit terakhir, kedua tim melakukan perubahan strategi. Spurs tampil kian menyerang dengan memasukkan Fernando Llorente menggantikan Harry Winks sementara The Red Devils menggantikan Jesse Lingard dan memasukkan Diogo Dalot.

Namun, perubahan tersebut tak mengubah keadaan lantaran skor tetap 0-1 hingga wasit mengakhiri pertandingan.

Susunan Pemain

Tottenham (4-3-1-2): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Ben Davies; Moussa Sissoko, Harry Winks, Christian Eriksen; Dele Alli; Harry Kane, Son Heung-min.

Cadangan: Erik Lamela, Davinson Sanchez, Paulo Gazzaniga, Danny Rose, Oliver Skipp, Juan Foyth, Fernando Llorente.

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Ashley Young, Victor Lindelof, Phil Jones, Luke Shaw; Ander Herrera, Nemanja Matic; Jesse Lingard, Paul Pogba, Anthony Martial; Marcus Rashford.

Cadangan: Fred, Diogo Dalot, Juan Mata, Andreas Pereira, Scott McTominay, Sergio Romero, Romelu Lukaku.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman