Timnas Indonesia U-23

Hasil Timnas U23 Indonesia vs Nepal 2021 Skor Akhir 2-0

Oleh: Iswara N Raditya - 22 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Skor 1-0 menjadi hasil akhir pertandingan Timnas U23 Indonesia vs Nepal dalam laga uji coba lewat gol tunggal Hanis Saghara.
tirto.id - Skor 2-0 menjadi hasil akhir pertandingan Timnas U23 Indonesia vs Nepal dalam laga uji coba di Hisor Central Stadium, Tajikistan, Jumat (22/10/2021). Sepasang gol kemenangan Timnas Indonesia U23 dilesakkan oleh Hanis Saghara pada menit 55 dan Witan Sulaeman jelang laga tuntas.

Timnas Indonesia U23 menjalani pertandingan persahabatan kontra Nepal sebagai persiapan untuk menjalani dua kali laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup G menghadapi Australia di Tajikistan yang digelar tanggal 27 dan 30 Oktober 2021 mendatang.

Sebelum melawan Nepal, Garuda Muda asuhan Shin Tae-yong telah melakoni laga uji coba pertama menantang tuan rumah Tajikistan. Hasilnya, Timnas Indonesia U23 menang dengan skor 2-1 kendati tertinggal dulu. Adalah Bagus Kahfi dan Hanis Saghara yang menjadi pencetak gol bagi skuad muda Merah Putih ke gawang Tajikistan.

Jalannya Laga Uji Coba Timnas U23 Indonesia vs Nepal

Peluang pertama Timnas U23 Indonesia datang dari Muhammad Firli dari sepak pojok di menit-menit awal. Namun, tandukannya masih ke atas mistar gawang Nepal. Menit 11, Komang Tri juga membuat kans lewat sundulan. Sayangnya, lagi-lagi bola masih melambung alias tidak tepat sasaran.

Timnas Indonesia U23 terus mengendalikan jalannya laga dan menguasai permainan. Praktis, para pemain Nepal hanya bisa bertahan kendati masih susah ditembus oleh barisan serang Garuda Muda yang diisi oleh trio Natanael Siringo Ringo, Taufik Hidayat, dan Feby Eka Putra.

Menit 32, pelatih Shin Tae-yong melakukan tiga pergantian pemain sekaligus. Beckham Putra, M. Firly, dan Natanael Siringo Ringo ditarik keluar, digantikan oleh Genta Alparedo, Komang Teguh, serta Ronaldo Kwateh.

Masuknya tiga tenaga baru masih belum mampu menghasilkan gol bagi Timnas Indonesia U23. Hingga babak pertama dinyatakan usai alias turun minum, skor kacamata atau 0-0 tanpa gol masih belum berubah.


Jelang babak kedua dimulai, pergantian untuk Timnas Indonesia U23 kembali dilakukan. Tidak tanggung-tanggung, pelatih Shin Tae-yong memasukkan 9 pemain baru untuk menggantikan 9 pemain yang telah tampil di babak pertama.

Ada Hanis Saghara, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Ramai Rumakiek, Gunansar Mandowen, Bagus Kahfi, dan Witan Sulaeman yang dimasukkan demi membuat perubahan di babak kedua nanti.

Sedangkan yang diistirahatkan antara lain Taufik Hidayat, Irsan Lestaluhu, Muhammad Kanu, Komang Tri, Eka Febri, Feby Eka, Bayu Fiqri, Ronaldo Kwateh, serta Genta Alparedo.

Pergantian besar ini langsung membuahkan hasil positif. Menit 55, Hanis Saghara sukses menjebol gawang Nepal lewat sontekannya. Ini merupakan gol ke-2 Hanis Saghara bersama Timnas Indonesia U23 dalam 2 pertandingan terbaru.

Lagi-lagi Shin Tae-yong melakukan pergantian untuk Timnas Indonesia U23. Pada menit 61 masuklah Alfeandra Dewangga untuk menggantikan Komang Teguh.

Meskipun Nepal sesekali menyerang, namun anak-anak Merah Putih masih mendominasi jalannya pertandingan dan kerap meneror area pertahanan lawan, terutama lewat tusukan-tusukan dari sayap yang dimotori oleh Ramai Rumakiek maupun Witan Sulaeman.

Menit 66, Ramai Rumakiek mengejutkan barisan pertahan Nepal lewat sodokannya dari lini kedua. Namun, aksi talenta muda Papua ini belum mampu menambah keunggulan untuk Timnas Indonesia U23.

Memasuki 10 menit akhir pertandingan, belum ada gol lagi yang terjadi kendati skuad Garuda Muda terus mencoba melakukan gedoran ke lini belakang Nepal. Ritme laga pun semakin meningkat dengan Nepal mendapatkan peluang pada menit 85.

Gol kedua yang ditunggu akhirnya datang juga pada masa injury time. Witan Sulaeman mencetak gol cantik setelah memanfaatkan umpan terobosan dari lini tengah. Indonesia 2, Nepal 0.

Hingga wasit meniup peluit tanda tuntasnya pertandingan, Timnas Indonesia U23 menang 2-0 atas Nepal. Ini merupakan kemenangan kedua Garuda Muda secara beruntun di laga uji coba internasional.

Susunan Pemain Timnas Indonesia U23

Starting Line-up (4-3-3):
Ernando Ari Sutaryadi; Irsan Lestaluhu, Muhammad Firly, Komang Tri, Bayu Fiqri; Mohammad Kanu, Eka Febri, Beckham Putra; Natanael Siringo Ringo, Taufik Hidayat, Feby Eka Putra | Pelatih: Shin Tae-yong

Cadangan:
Aqil Savik, Muhamad Riyandi, Komang Teguh Trisnanda, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho Ramadhani, Rachmat Irianto, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Braif Fatari, Subhan Fajri, Genta Alparedo, Gunansar Mandowen, Rabbani Tasnim Siddiq, Bagus Kahfi, Ronaldo Kwateh, Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek, Hanis Saghara Putra

Baca juga artikel terkait HASIL TIMNAS U23 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight