Hasil Timnas U19 Indonesia vs Korea Utara Skor 1-1: Garuda Lolos

Oleh: Beni Jo - 10 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Timnas Indonesia U19 vs Korea Utara berakhir 1-1. Dengan begitu, skuad asuhan Fakhri Husaini lolos ke putaran final Piala Asia U19 2020 sebagai juara Grup K.
tirto.id - Hasil Timnas Indonesia U19 vs Korea Utara dalam pertandingan pemungkas kualifikasi Piala Asia U19 2020 yang digelar Minggu (10/11/2019) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, berakhir dengan skor imbang 1-1.

Gol Kim Kwang Chong pada menit 41 dibalas lewat eksekusi penalti Bagus Kahfi pada menit 60. Dengan hasil ini, Garuda Nusantara pun lolos putaran final Piala Asia U19 2020 dengan status juara grup.

Dengan tambahan satu poin, timnas mengoleksi tujuh angka. Skuad besutan Fakhri Husaini menorehkan dua kali menang dan sekali imbang. Sementara itu, Korea Utara berada di posisi kedua alias runner-up dengan raihan lima angka.

Kim Chol Guk dan kolega menang sekali dan dua kali imbang. Mereka pun harus menunggu pertandingan di grup lain sambil berharap menjadi salah satu runner-up terbaik agar lolos ke putaran final.

Secara permainan, Indonesia mampu mendominasi jalannya pertandingan sejak menit-menit awal. Menciptakan banyak peluang dan tampil menyerang, sejumlah kesempatan tak dapat dikonversi menjadi gol.

Korea Utara yang lebih banyak ditekan pada paruh pertama, justru berhasil unggul. Kim Kwang Chong melakukan tembakan keras dari luar kotak 16. Bola yang datang tidak dapat diantisipasi oleh Ernando Ari hingga membobol gawang timnas. Skor berubah 0-1.


Di awal babak kedua, Indonesia sempat menciptakan peluang emas. Berawal dari tendangan penjuru, bola yang sudah berada di mulut gawang gagal disambut dengan sundulan oleh Mochammad Supriadi yang dimasukkan Fakhri Husaini sebagai pemain pengganti.

Menit ke-52, giliran Korea Utara melakukan ancaman. Kim Kwang Chong kembali melepaskan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti. Namun, bola kali ini menyamping ke sisi kanan gawang Indonesia.

Jual beli serangan tercipta. Indonesia lagi-lagi mampu menciptakan peluang emas lima menit kemudian. Lewat kerja sama apik antara Bagus Kahfi dan Supriadi di kotak penalti, bola sontekan Bagus masih melenceng ke sisi kiri gawang Korea Utara.

Garuda Nusantara akhirnya mendapatkan hadiah penalti pada menit 60. Sebelumnya, Bagus dijatuhkan di area terlarang. Bagus Kahfi pun berhasil mengeksekusi bola hingga menjebol gawang lawan. Skor menjadi imbang 1-1.

Hingga babak kedua berakhir, tidak ada lagi gol tambahan. Wasit pun meniup panjang peluitnya. Skor imbang 1-1 tetap bertahan dan menutup pertandingan.

Pencetal gol: Kim Kwang Chong 41' (Korea Utara), Bagus Kahfi 60' (Indonesia)

Daftar Susunan Pemain

Indonesia U19 (4-3-3): Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Salman Alfarid; Theo Fillo, David Maulana, Bechkam Putra; Fajar Fathur Rachman, Bagus Kahfi, Serdy Hepyfano.

Korea Utara (4-4-2): Sin Kwang Guk; Choe Kwang Hwi, Ri Kum Hyon, Chae Yu Song, Ra Nam Hyon; Kim Kang Sing, Kim Ju Sing, Pak Kwang Sok, Kim Kwang Chong; Kim Chol Guk, Ri Jo Guk.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA ASIA U-19 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight