Hasil Timnas Indonesia vs Myanmar: Modal Positif Jelang AFF 2018

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 10 Oktober 2018
Dibaca Normal 2 menit
Pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia vs Myanmar berakhir dengan skor 3-0.
tirto.id - Pertandingan Timnas Indonesia vs Myanmar dalam laga uji coba FIFA di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (10/10/2018) berakhir dengan skor 3-0. Pemain sayap asal Persebaya, Irfan Jaya tampil apik dengan sumbangan sepasang gol pada laga ini. Satu gol lain Garuda tercipta lewat aksi striker Alberto Goncalves alias Beto.

Dalam pertandingan ini kedua tim tampil dengan formasi 4-3-3. Pelatih Indonesia, Bima Sakti mengandalkan Alberto Goncalves di posisi ujung tombak, ditemani Irfan Jaya dan Febri Haryadi. Stefano Lilpaly menopang di belakangnya, yang mendapat suplai bola dari Zulfiandi serta Evan Dimas.

Adapun gawang Andritany Ardhiyasa dilapisi bek tangguh Fachrudin dan Ricky Fajrin. Debutan Alfath Fathier langsung mendapat kesempatan tampil di bek kiri, menyeimbangkan sektor bek kanan yang ditempati pemain berbakat lain: Putu Gede Juni Antara.

Di pihak Myanmar, pelatih Paul Jones masih mengandalkan skuat terbaiknya. Hlaing Bo Bo, Kaung Sat Naing, Thein Than Win, hingga kiper Sann Sat Naing jadi pilihan utama sejak menit pertama.

Menang Telak di Paruh Pertama

Timnas Indonesia mendapat peluang emas saat laga baru berlangsung lima menit. Usai menerima umpan kiriman Zulfiandi, dari sektor kanan kotak penalti Stefani Lilipaly membidikkan bola ke sisi dekat. Namun hasil sepakannya kelewat lemah dan tak akurat.

Myanmar yang kesulitan menembus tembok pertahanan Indonesia baru bisa membalas lewat tendangan spekulasi pada menit 11. Dari luar kotak penalti, bola hasil sepakan Hlaing Mg Mg Lwin mengarah akurat ke gawang. Kiper Andritany Ardhiyasa tampil cekatan dan menepis bola hingga ke luar lapangan.

Kebuntuan pecah pada menit 19. Usai menerima umpan Alfath Fathier, dari sayap kiri Febri Haryadi mengirimkan sumpan silang ke kotak penalti. Lepas dari penjagaan, Alberto Goncalves membidikkan bola ke sisi kanan gawang dengan sebuah sundulan. Kiper Sann Sat Naing tak mampu menghalau laju si kulit bundar. Skor 1-0.

Seolah belum puas, enam menit berselang tuan rumah menambah keunggulan. Dari kemelut di dalam kotak penalti, Alberto Goncalves memberikan umpan backheel kepada Irfan Jaya. Melihat ruang tembak, dari sektor kanan kotak penalti Irfan melepaskan tendangan menyusur tanah ke tiang jauh untuk menjadikan skor 2-0.

Myanmar lantas keluar menyerang. Pada menit 32 mereka hampir memperkecil ketertinggalan. Usai menerima sebuah umpan terobosan, dari sektor kanan kotak penalti Kaung Sat Naing melepaskan tendangan keras, tetapi bola melayang kelewat tinggi dari sasaran.

Tiga menit berselang giliran Mg Mg Lwin yang mendulang peluang. Dari sisi sama, ia melepaskan tendangan menyusur tanah yang hasilnya sekadar menyamping di kanan gawang.

Laga memasuki menit 41 saat Myanmar yang berupaya membalas lagi-lagi kemasukan gol. Berawal dari bola hasil tendangan Alberto Goncalves yang membentur tiang, bola muntah jatuh ke kaki Irfan Jaya. Tanpa membuang waktu, Irfan menceploskan si kulit bundar ke gawang sekaligus menjadikan skor 3-0. Kedudukan ini bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua Tanpa Tambahan Gol

Di awal babak kedua, Indonesia melakukan penyegaran di lini depan dan tengah. Esteban Vizcarra masuk menggantikan penyerang Irfan Jaya. Sementara Zulfiandi digantikan oleh Bayu Pradana.

Meski mengalami rotasi, Indonesia tetap sukses mengambil kendali permainan. Pada menit 55 dua peluang beruntun tercipta. Alberto Goncalves menuntaskan umpan silang dengan sundulan, namun bola hanya menerpa mistar gawang. Peluang berikutnya tercipta saat Stefano Lilipaly yang menerima bola muntah hasil peluang tersebut, melepaskan tendangan ke gawang. Kali ini bola dapat ditangkap Sann Sat Naing.

Sejak peluang tersebut, tempo pertandingan menurun. Baru pada menit 70 tuan rumah kembali mendulang peluang. Dari luar kotak penalti, Esteban Vizcarra melepaskan tendangan keras. Bola mengecoh Sann Sat Naing, tetapi melambung tipis di atas gawang.

Tujuh menit kemudian giliran pemain pengganti lain, Bayu Pradana yang mendapat peluang. Berdiri bebas di kotak penalti, Bayu menerima umpan silang dari sayap kanan dengan kontrol dada. Ia lantas melepaskan tendangan voli, namun bola kelewat lemah dan dapat diredam Sann Sat Naing.

Enam menit jelang waktu normal usai, Sann Sat Naing kembali melakukan penyelamatan apik. Ia memblok bola hasil tendangan akurat Esteban Vizcarra dari dalam kotak penalti. Gawang Myanmar kembali terselamatkan dari gol keempat.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Putu Gede, Fackhrudin Aryanto, Ricky Fajrin, Alfath Faathier; Zulfiandi, Stefano Lilipaly, Evan Dimas; Febri Haryadi, Alberto Goncalves, Irfan Jaya.

Timnas Myanmar (4-3-3): Sann Sat Naing; Htike Aung, Thein Than Win, Soe Moe Kyaw, David Htan; Ye Ko Koo, Maung Maung Soe, Hlaing Bo Bo; Kaung Sat Naing, Mg Mg Lwin, Si Thu Aung.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan