Menuju konten utama

Hasil Timnas Indonesia vs China Taipei & Update Klasemen AFC U23

Hasil Timnas Indonesia vs China Taipei skor akhir 9-0. Cek update klasemen Kualifikasi AFC U23 2024: Garuda Muda geser Turkmenistan.

Hasil Timnas Indonesia vs China Taipei & Update Klasemen AFC U23
Hasil Timnas Indonesia vs China Taipei skor akhir 9-0. Cek update klasemen Kualifikasi AFC U23 2024: Garuda Muda geser Turkmenistan. ANTARA FOTO/HO-Humas PSSI/mrh/rwa/aa. ANTARA/Handout Humas PSSI

tirto.id - Hasil Timnas Indonesia vs China Taipei di Kualifikasi AFC U23 2024 usai dengan skor akhir 9-0. Pesta gol Garuda Muda di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu, 9 September 2023, membuat mereka memimpin klasemen Kualifikasi Piala Asia U23 Grup K, menggeser Turkmenistan.

Hasil Timnas U23 vs China Taipei ini membuat langkah tim asuhan Shin Tae-yong untuk lolos ke putaran final Piala Asia U23 2024 bakal lebih mudah. Untuk bisa keluar sebagai juara Grup K, yang dibutuhkan oleh Garuda Muda tinggal hasil imbang dengan Turkmenistan pada laga pemungkas Selasa (12/9). Pasalnya, Indonesia sudah unggul selisih gol dari Turkmenistan, yaitu +9 berbanding +4.

Pencetak gol Timnas U23 Indonesia vs China Taipei adalah Marselino Ferdinan dengan brace (2 gol), juga Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Witan Sulaeman, Rio Fahmi, Elkan Baggott, Hokky Caraka, dan Pratama Arhan.

Hasil Timnas U23 Indonesia vs China Taipei Skor Akhir

Timnas U23 Indonesia yang memiliki perbedaan kualitas dengan China Taipei, tidak memberikan kesempatan bagi lawan untuk berkembang. Pertandingan baru berjalan 2 menit, Garuda Muda sudah mencetak gol.

Bermula dari pelanggaran di sisi kiri pertahanan China Taipei, Timnas U23 mendapatkan hadiah tendangan bebas. Marselino Ferdinan mengirim tembakan yang sengaja dilewatkan oleh rekannya. Kiper China Taipei, Chang Hsiang-Chun, tidak menyangka arah bola yang tetap lurus. Skor 1-0.

Ramadhan Sananta yang perannya menonjol di Piala AFF U23 2023 lalu, kembali menunjukkan tajinya. Sang penyerang yang mendapatkan bola cantik, dengan dingin menaklukkan kiper lawan lewat tendangan datarnya. China Taipei goyah, dan semakin oleng ketika Rafael Struick beraksi.

Gelandang ADO Den Haag itu bertukar umpan dengan Marselino, membuka ruang tembak, lantas mengirim bola datar ke sudut gawang China Taipei pada menit 16. Gol berkelas itu masih dilanjutkan lagi dengan aksi Witan Sulaeman, yang mencetak gol berselang 12 menit kemudian.

Indonesia mencetak gol kelima pada menit 40. Bermula dari umpan panjang Ivar Jenner, Witan Sulaeman mengirim bola ke tengah kotak penalti. Sempat ada sapuan, tetapi masih ada tembakan Rio Fahmi yang gagal dihentikan kapten China Taipei.

Dengan angka sebesar itu, Timnas U23 Indonesia belum mau berhenti mencetak gol pada babak kedua. Menit 56, dari skema tendangan sudut, Arkhan Fikri mengirim umpan lambung yang diselesaikan Elkan Baggott dengan tandukan.

Berselang 2 menit, Marselino Ferdinan menunjukkan kelasnya. Ia meliuk-liuk melewati 2 pemain belakang China Taipei sebelum menaklukkan Chang Hsiang-Chun. Skor sudah 7-0.

Timnas Indonesia belum juga puas. Hokky Caraka yang menggantikan Ramadhan Sananta pada awal babak kedua, menunjukkan ketajamannya. Ia menyelesaikan serangkaian umpan apik Garuda, yang ditutup dengan umpan tarik Kelly Sroyer kepadanya.

Kapten Pratama Arhan tidak mau kalah dengan yang lain. Mendapatkan bola terobosan, sang pemain Tokyo Verdy mengecoh Chang Hsiang-Chun untuk mencetak gol kesembilan Garuda Muda pada menit 85.

Pelanggaran China Taipei yang berbuah hukuman penalti untuk mereka. Namun, Rafael Struick yang bertugas sebagai eksekutor gagal mengecoh Chang Hsiang-Chun.

Timnas U23 indonesia: Ernando Ari; Ilham Rio, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri; Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Rafael Struick.

Timnas China Taipei U23: Chang Hsiang-Chun, Liang Meng-Hsin, Yang Chia-Pao, Chao Wei-Chieh, Lu Cheng-En, Lin Chun Kai, Hsu Po-Chieh, Ng Pui-Hei, Huang Wei-Chieh, Liu Hsuan-Wei, Cheng Chung-Liang.

Pencetak Gol: Marselino Ferdinan 2' dan 58' Ramadhan Sananta 4', Rafael Struick 16', Witan Sulaeman 27', Rio Fahmi 40', Elkan Baggott 56', Hokky Caraka 78', Pratama Arhan 85'

Update Klasemen Kualifikasi AFC U23 2024 Terbaru Hari Ini

Berikut ini klasemen Kualifikasi AFC U23 2024 hingga hari ini Sabtu, 9 September 2023. Timnas Indonesia tinggal membutuhkan hasil seri di laga pemungkas kontra Turkmenistan.

No. Tim M M S K SG Poin
1 Indonesia 1 1 0 0 +9 3
2 Turkmenistan 1 1 0 0 +4 3
3 China Taipei 2 0 0 2 −13 0

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI AFC U23 2024 atau tulisan lainnya dari Fitra Firdaus

tirto.id - Olahraga
Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya