Hasil Thailand Open 2019: Marcus-Kevin Terhenti di Perempat Final

Oleh: Oryza Aditama - 2 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil 8 besar Thailand Open 2019: Marcus/Kevin tumbang oleh Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.
tirto.id - Ganda putra unggulan pertama, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo terhenti di 8 besar Thailand Open 2019. Marcus/Kevin kalah rubber game dari pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Bertarung selama 63 menit di court-1, Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand, Jumat (2/8/2019) sore, pasangan berjuluk duet Minions itu pun takluk lewat skor 17-21, 21-19, dan 14-21.

Gim pertama berjalan sangat ketat. Marcus/Kevin yang tertinggal 3-6 pada awal permainan, sempat menyamakan kedudukan 9-9. Akan tetapi, pasangan Jepang sanggup menutup interval dengan keunggulan 9-11.

Selepas interval Marcus/Kevin mulai bangkit untuk mengejar ketertinggalan. Pasangan peringkat 1 dunia itu pun mampu membalikkan angka pada kedudukan 15-14.

Namun tekanan gencar dari Endo/Watanabe saat memasuki periode poin kritis, membawa mereka memborong lima angka beruntun. Hal ini sekaligus menutup gim pertama lewat kedudukan 17-21 untuk kubu Jepang.

Pertarungan sengit kembali mewarnai awal gim kedua. Pasangan Indonesia membuka permaian cukup baik saat unggul cepat 4-1. Namun menjelang interval, sekali lagi momentum mampu dimanfaatkan ganda Jepang untuk menutup masa jeda dengan skor 9-11.

Ketertinggalan Marcus/Kevin sempat melebar pada kedudukan 13-17. Namun, upaya keras pasangan yang dalam dua pekan lalu sukses merengkuh gelar Indonesia Open dan Japan Open tersebut mulai membuahkan hasil. Usai menyamakan kedudukan, mereka berhasil merebut gim kedua lewat skor tipis 21-19.



Momentum pasangan Indonesia ternyata tak berlanjut di gim penentuan. Sempat memimpin 8-4 pada awal set ketiga, Marcus/Kevin balik tertinggal 8-11 saat interval. Performa mereka pun kian menurun selepas jeda, hingga menyerah dengan skor 14-21.

Hasil pertandingan ini menggagalkan upaya Marcus/Kevin untuk melakukan revans atas kekalahan mereka di partai final Badminton Asia Championships 2019 pada bulan April lalu. Rekor pertemuan bagi kedua pasangan pun menjadi imbang 2-2.

Hingga saat ini kontingen Merah Putih belum mampu mengamankan satu pun tiket semifinal Thailand Open 2019.

Pada laga sebelumnya, juara bertahan sektor ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu secara mengejutkan takluk di tangan pasangan Korea Selatan, Chang Ye Na/Kim Hye Rin. Tampil sebagai laga pembuka di court-2, Greysia/Apriyani yang juga didapuk sebagai unggulan ke-5 tersebut menyerah rubber game 21-9, 21-23, 19-21.

Hasil buruk juga menimpa tunggal putri peringkat 29 dunia, Fitriani. Berlaga di partai ke-2 untuk court-3, pemain 20 tahun tersebut menyerah rubber game 20-22, 21-15, 14-21, dari pemain nomor 18 asal Jepang, Sayaka Takahashi.

Berikutnya masih ada satu wakil Merah Putih yang belum turun bertanding. Tunggal putra peringkat 34 dunia, Shesar Hiren Rhustavito, dijadwalkan menghadapi pemain Malaysia nomor 17 dunia, Lee Zii Jia. Duel tersebut akan dihelat di court-2 untuk urutan laga ke-5.

Seluruh laga perempat final Thailand Open 2019, dapat dipantau langsung melalui live streaming di channel youtube BadmintonThailand Official. Atau lewat tayangan live score di BWF Tournamentsoftware.

Baca juga artikel terkait THAILAND OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight