Hasil Swiss Open 2019: Laju Anthony Ginting Terhenti di Semifinal

Oleh: Oryza Aditama - 16 Maret 2019
Kekalahan Anthony Sinisuka Ginting dari Shi Yuqi, menjadi hasil semifinal tunggal putra Swiss Open 2019.
tirto.id - Langkah Anthony Sinisuka Ginting di Swiss Open 2019 terhenti di semifinal. Berlaga di St.Jakobshalle Basel, Swiss, Sabtu (16/3/2019), ia dikalahkan unggulan pertama asal Cina, Shi Yuqi, sekaligus memupus harapannya untuk melaju ke laga puncak tunggal putra.

Anthony Sempat memberikan perlawanan sengit selama 40 menit di atas lapangan. Namun perjuangannya harus terhenti usai takluk straight game 9-21, 17-21.

Gim pertama barjalan bagai mimpi buruk bagi Anthony. Pemain yang kini (pekan ke-11 BWF) memiliki peringkat 8 dunia itu benar-benar dibuat tak berkutik oleh Shi Yuqi, penghuni ranking 2 dunia.

Penempatan pukulan yang prima dari tunggal Cina, ditambah dengan beberapa kali kesalahan sendiri oleh Anthony, membuat laju poin lawan tak terbendung pada set pembuka. Sempat unggul cepat 1-10, Shi Yuqi pun menutup set pembuka dengan skor telak 9-21.

Peningkatan performa Anthony mulai terlihat di set kedua, kendati pun ia tetap tak mampu mengimbangi pola permainan lawan. Sempat tertinggal jauh 5-11 saat interval, Anthony sanggup menipiskan skor menjadi 15-17.

Namun memasuki masa poin kritis, determinasi Anthony mulai menurun. Sebuah pukulan terlalu memanjang dari Anthony ke area backcourt, menandai akhir set kedua untuk keunggulan Shi Yuqi, dengan skor akhir 17-21.

Pada partai puncak yang akan digelar besok, Minggu (17/3/2019), Shi Yuqi masih harus menunggu calon lawannya yang belum turun berlaga, yakni antara tunggal putra India, Sai Praneeth, atau kompatriotnya sendiri, Chen Long.


Kontingen Indonesia masih menyisakan dua wakil di babak 4 besar yang belum turun berlaga. Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dijadwalkan meladeni pasangan Taiwan di partai ke-7.

Berikutnya, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan melawan pasangan Inggris pada urutan laga terakhir atau partai ke-10.

Baca juga artikel terkait SWISS OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis