Hasil Swiss Open 2019: Anthony ke Semifinal Usai Tundukkan Lin Dan

Oleh: Oryza Aditama - 16 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil babak 8 besar Swiss Open 2019, Anthony Sinisuka Ginting tundukkan Lin Dan untuk merebut satu tempat di semifinal.
tirto.id - Bertarung di court-1 St.Jakobshalle Basel, Swiss, pada Jumat malam (15/3/2019) waktu setempat atau Sabtu dini hari (16/3/2019) waktu Indonesia, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting sukses menundukkan wakil Cina, Lin Dan, di babak 8 besar Swiss Open 2019.

Turun berlaga sebagai unggulan ke-4, Anthony sukses mengandaskan pemain legendaris asal Cina itu lewat pertarungan rubber game 14-21, 21-8, 21-11 dalam tempo 59 menit. Kemenangan tersebut sekaligus memastikan langkah Anthony ke babak semifinal turnamen berkategori Super 300 itu.

Penampilan Anthony berjalan kurang meyakinkan di gim pertama. Tunggal putra terbaik Indonesia tersebut terlihat terus menerus berada dalam tekanan lawan. Skor 6-11 menandai jeda interval untuk keunggulan Lin Dan.

Usai jeda, penampilan Anthony tak kunjung membaik. Beberapa kali pukulan pemain yang kini (pekan ke-11 BWF) menduduki ranking 8 dunia tersebut harus menyangkut di net. Gim pembuka pun berada dalam genggaman Lin Dan dengan skor 14-21.

Situasi berbalik pada set kedua. Seakan tak ingin mengulangi kesalahan yang sama seperti pada gim pertama, kali ini Anthony tampil menekan. Beberapa kali penempatan pukulan yang prima serta smes tajam dari pemain berusia 22 tahun itu, membawanya unggul 11-3 saat interval.

Setelahnya laju angka Anthony makin tak terbendung. Ia sempat mencapai game point pada kedudukan 20-7. Tak lama kemudian, gim berakhir dengan skor 21-8, saat sebuah netting tipis dari Anthony tak mampu dikembalikan Lin Dan.

Permainan Anthony terlihat semakin nyaman di gim penentuan. Pemain unggulan ke-4 ini pun memimpin 11-9 saat jeda. Setelah itu beberapa kali Lin Dan terpaksa dibuat melakukan kesalahan sendiri akibat penempatan bola dari Anthony. Pebulu tangkis Indonesia tersebut bahkan sempat mendulang delapan poin beruntun, sebelum menyudahi gim ketiga dengan skor akhir 21-11.


Untuk partai semifinal yang akan digelar Sabtu (16/3/2019), Anthony Ginting telah ditunggu lawan tangguh, tunggal putra unggulan pertama asal Cina, Shi Yuqi. Sayangnya pemain andalan Indonesia itu memiliki rekor yang sangat buruk tiap kali berjumpa Shi Yuqi. Dari lima kali pertemuan, Anthony Ginting tak pernah sekalipun mampu mengalahkan pemain Cina tersebut.

Baca juga artikel terkait SWISS OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Yulaika Ramadhani