Hasil Swansea vs Man City di Babak Pertama: The Citizens Tertinggal

Oleh: Hendi Abdurahman - 17 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-0 menjadi hasil babak pertama antara Swansea vs Man City di babak 8 besar Piala FA yang dihelat di Stadion Liberty, Minggu (17/3/2019).
tirto.id - Babak pertama laga perempat final Piala FA antara Swansea City vs Man City yang digelar di Stadion Liberty, Minggu (17/3/2019) berkesudahan dengan skor sementara 2-0. Tuan rumah unggul berkat dua gol yang diciptakan Connor Roberts dan Bersant Celina.

Swansea turun dengan patron 4-3-3 dengan trio lini depan yang diisi oleh Nathan Dyer, Wayne Routledge, dan Daniel James. Sementara lini tengan dikomandoi oleh George Byers. Adapun lini belakang dipercayakan pada duet Mike van der Hoorn dan Carter-Vickers.

Di lain pihak, City memakai formasi serupa dengan mengandalkan ketajaman Gabriel Jesus sebagai juru gedor. Absennya Kevin De Bruyne membuat Ilkay Gundogan ditugaskan sebagai pengatur serangan dari lini tengah. Sedangkan Aymeric Laporte dan Nicolas Otamendi menjadi tembok di lini pertahanan untuk melapisi Ederson di posisi penjaga gawang.

The Citizens menggebrak di awal-awal pertandingan dan langsung membuahkan peluang pada menit keenam lewat sepakan Leroy Sane yang masih dapat diblok oleh kiper Kristoffer Nordfeldt, bola muntah sempat disundul Riyad Mahrez yang sayangnya masih melebar tipis di sisi kanan.

Tujuh menit kemudian, Bernardo Silva yang memperoleh peluang lewat sepakan keras di dalam kotak penalti usai meneruskan umpan silang Leroy Sane. Penempatan posisi yang tepat dari penjaga gawang Nordfeldt membuatnya bisa menepis bola. Skor masih tetap 0-0.

Alih-alih mencetak gol lantaran terus melakukan serangan, anak asuh Pep Guardiola justru kebobolan pada menit 20 melalui eksekusi penalti dari Matt Grimes. Penalti diberikan usai Fabian Delph melanggar Connor Roberts di kotak terlarang. Skor 1-0.

Skuat asuhan Graham Potter terlihat semakin percaya diri. Sembilan menit setelah gol pertama, The Swans berhasil menggandakan keunggulan lewat skema serangan cepat di sisi kiri. Kali ini, Bersant Celina yang membuat seisi stadion bergemuruh setelah meneruskan umpan dari Nathan Dyer. Skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Pada menit 35, David Silva hampir saja memperkecil ketertinggalan andai sontekannya tak dihalangi Connor Roberts. Bola sempat memantul untuk kemudian dibuang dengan cepat oleh pemain belakang Swansea.

Tuan rumah bermain efektif dibandingkan tim tamu dengan dua shots on target yang keduanya berbuah gol. Pasalnya, tim tamu yang memiliki empat shots on target tak berhasil menggetarkan jala Nordfeldt. Skor 2-0 pun menjadi hasil paruh pertama.

Susunan Pemain Swansea vs Man City

Swansea: Kristoffer Nordfeldt; Connor Roberts, Mike van der Hoorn, Cameron Carter-Vickers, Matt Grimes; George Byers, Jay Fulton; Wayne Routledge, Bersant Celina, Nathan Dyer; Daniel James.

Cadangan: Joel Asoro, Declan John, Yan Dhanda, Erwin Mulder, Barrie McKay, Courtney Baker-Richardson, Cian Harries.

Man City: Ederson; Kyle Walker, Aymeric Laporte, Nicolas Otamendi, Fabian Delph; David Silva, Ilkay Gundogan, Bernardo Silva; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Leroy Sane.

Cadangan: Arijanet Muric, Danilo, Raheem Sterling, Phil Foden, Sergio Aguero, Oleksandr Zinchenko, Eric Garcia.

Baca juga artikel terkait PIALA FA 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus