Hasil Rusia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2018 Skor Akhir 5-0

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 antara Timnas Rusia vs Arab Saudi berakhir dengan skor 5-0.
tirto.id - Pertandingan Rusia vs Arab Saudi dalam laga pembuka Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis (14/6/2018) berakhir dengan skor 5-0. Denis Cheryshev mencetak dua gol pada laga ini, sedangkan tiga lainnya lahir lewat aksi Yuri Gazinsky, Artem Dyuba, dan Aleksandr Golovin.

Jalannya pertandingan bermula dengan tempo sedang. Kedua tim sama-sama tampil berhati-hati. Hingga 10 menit laga berlangsung, nyaris tak ada peluang matang tercipta.

Kebuntuan pecah pada menit ke-11, ketika peluang pertama Rusia langsung membuahkan hasil. Umpan silang kiriman Aleksandr Golovin dari sayap kanan dituntaskan dengan baik oleh Yuri Gazinsky. Dari dalam kotak penalti, pemain bernomor punggung delapan itu membidik bola ke sisi kiri dengan sebuah sundulan. Kiper Arab Saudi, Abdullah Al-Mayouf tak mampu menjangkau bola dan gol pun tercipta. Skor 1-0.


Empat menit berselang tuan rumah hampir saja menggandakan skor. Fyodor Smolov menyambar sebuah umpan cutback dengan tendangan ke tiang jauh. Bola sempat membentur pemain lawan, sehingga kecepatannya berkurang. Alhasil, Al Maiouf mampu menepisnya. Gol kedua urung tercipta.

Usai peluang tersebut, tempo pertandingan lagi-lagi menurun. Rusia berulang kali mengalirkan bola ke pertahanan tim tamu, namun rapatnya formasi bek skuat asuhan Juan Antonio Pizzi membuat tak ada peluang membahayakan hingga laga memasuki menit ke-35.

Dua menit jelang paruh waktu, pemain pengganti, Denis Cheryshev menggandakan skor. Memaksimalkan kegagalan pemain Arab Saudi dalam mengantisipasi umpan kiriman Roman Zobnin, gelandang asal Villarreal itu mengambil alih si kulit bundar dan menceploskannya ke sudut kiri atas gawang. Bola mengecoh Al Mayouf dan menjadikan skor 2-0.

Gol Cheryshev sekaligus menjadi yang terakhir pada babak pertama. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Tujuh menit paruh kedua berlangsung, giliran Aleksandr Golovin yang mengancam gawang tim tamu. Dari luar kotak penalti, ia melepaskan tendangan spekulasi, tetapi hasilnya tak mengarah ke sasaran.

Arab Saudi merespons pada menit ke-58. Dari eksekusi tendangan bebas, Taisir Al-Jassim mengirimkan umpan yang disundul Salman Al-Faraj. Sayangnya, bola hasil tandukan kepala Al-Faraj tak menyulitkan kiper lawan.

Alih-alih mengejar, tim tamu justru makin tertinggal pada menit ke-71. Kali ini gol lahir lewat aksi Artem Dzyuba. Pemain cadangan yang baru masuk menggantikan Fyodor Smolov itu menuntaskan dengan baik umpan lambung kiriman Aleksandr Golovin. Bola hasil tandukan kepalanya mengarah ke tiang jauh dan tak mampu dijangkau Al Mayouf. Skor 3-0.

Dua menit berselang Arab Saudi merespons. Al Dawsari melepaskan tendangan keras yang mengarah ke sudut kanan atas. Bola dapat ditepis Akinfeev dan gol gagal tercipta.

Pada injury time, Rusia memantapkan kemenangannya. Usai menerima umpan pantulan dada Artem Dyuba, Denis Cheryshev melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya. Skor 4-0.

Seolah belum puas, di detik-detik akhir Rusia menambah gol. Aleksandr Golovin mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan bebas yang mengarah ke sisi kiri. Skor berubah menjadi 5-0 dan bertahan hingga laga usai.

Statistik pertandingan Rusia vs Arab Saudi


Susunan pemain Rusia vs Arab Saudi:

Timnas Rusia: Akinfeev, Fernandes, Kutepov, Ignashevich, Zhirkov, Zobnin, Gazinsky, Golovin, Samedov, Smolov, Dzagoev.

Cadangan: Lunev, Semenov, Cheryshev, Kuzyaev, Kudryashov, Granat, Miranchuk, Miranchuk, Erokhin, Dzyuba, Smolnikov, Gabulov.


Timnas Arab Saudi: Al Mayouf, Al-Breik, Hawsawi, Hawsawi, Al-Shahrani, Al-Jassam, Otayf, Al Dawsari, Al-Shehri, Al-Faraj, Al-Sahlawi.

Cadangan: Al-Mosailem, Al-Harbi, Al Bulaihi, Bahbir, Al-Khaibri, Kanno, Al-Khaibari, Al-Moqahwi, Al-Muwallad, Asiri, Hawsawi, Al-Owais.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan