Hasil Real Madrid vs PSG di Liga Champions Skor Akhir 3-1

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 15 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions antara Real Madrid vs PSG berakhir dengan skor 3-1.
tirto.id - Real Madrid mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) 3-1 pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (15/2/2018) dini hari waktu Indonesia. Tiga gol El Real lahir lewat kaki Cristiano Ronaldo (dua gol) dan Marcelo, sementara gol tunggal PSG dicetak Adrien Rabiot.

Real Madrid langsung mendapat peluang emas pada menit ketiga. Menerima umpan Isco, Cristiano Ronaldo lantas melepaskan tendangan kaki kanan dari sektor kanan kotak penalti. Bola hanya melebar di kiri gawang.

Dua menit kemudian peluang tuan rumah berlanjut. Menggunakan kaki kirinya, Toni Kroos yang mendapat ruang tembak melepaskan tendangan berbahaya dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke sudut kiri bawah gawang dan dapat diamankan kiper Alphonse Areola.

PSG sempat merespons lewat sepakan kaki kiri Yuri dari sektor kiri kotak penalti. Bola sekadar menyamping di kanan gawang.

Pada menit ke-26 Real Madrid mendapat momentum lewat bola mati di depan kotak penalti. Bola hasil sepakan Cristiano Ronaldo kelewat tinggi dan tak berujung gol.

Dua menit kemudian Ronaldo kembali hampir mencatatkan namanya di papan skor. Lepas dari perangkap offside, Ronaldo menerima umpan Marcelo dengan baik dan menusuk ke kotak penalti. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Alphonse Areola, Ronalo gagal. Sepakan kaki karanya digagalkan sang penjaga gawang dengan baik.

Tekanan balik dilancarkan PSG pada menit ke-30. Menerima umpan Marco Veratti, Neymar melakukan aksi individu dan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke gawang, namun lajunya kelewat pelan dan dapat ditangkap dengan mudah oleh kiper Keylor Navas.

Kebuntuan pecah pada menit ke-33. PSG yang sejak awal laga lebih banyak tertekan justru unggul lebih dulu. Sebuah umpan silang menyusur tanah dari sayap kanan dilanjutkan Neymar dengan sebuah backpass. Tak dikawal bek lawan dan mendapat ruang tembak yang leluasa, Adrien Rabiot menyambar umpan Neymar dengan sepakan kaki kanan yang menggetarkan gawang tuan rumah. Skor 0-1.

Real Madrid mendapat momentum menyamakan kedudukan pada penghujung babak pertama. Pelanggaran yang dilakukan Giovani Lo Celso terhadap Toni Kroos di kotak terlarang membuat wasit memberikan hadiah tendangan penalti untuk tuan rumah. Cristiano Ronaldo yang tampil sebagai eksekutor melaksanakan tugasnya dengan baik. Sepakannya mengarah ke sudut kiri bawah gawang. Areola membaca arah bola dengan benar, namun gerakannya terlambat. Skor pun berubah menjadi 1-1 dan bertahan hingga turun minum.

Babak kedua berlangsung dengan tempo lebih lambat. Pada menit ke-49 PSG mendulang peluang lewat aksi Kylian Mbappe. Sepakan Mbappe dari dalam kotak penalti dapat ditangkap Keylor Navas.

Lima menit berselang Adrien Rabiot hampir mencetak gol keduanya. Sepakannya dari dalam kotak penalti, memanfaatkan umpan Dani Alves masih dapat diblok.

Tekanan tim tamu berlanjut. Pada menit ke-67 tendangan jarak jauh Lo Celso membahayakan, namun hasilnya bola sekadar menyamping dari gawang.

Real Madrid membalas lima menit berselang. Sepakan kaki kiri Cristiano Ronaldo dari luar kotak penalti dapat diblok dan tak menghasilkan gol.

Pada menit ke-78 Sergio Ramos juga gagal. Umpan silang Toni Kroos diteruskannya dengan sundulan, namun bola dapat diblok pemain PSG.

Real Madrid akhirnya berbalik unggul di menit ke83. Umpan silang menyusur tanah yang dikirimkan Marco Asensio dari sayap kiri sempat berbelok arah setelah mengenai tangan Areola. Bola muntah lantas disambar Cristiano Ronaldo dengan tendangan dari jarak sangat dekat. Bola menggetarkan jala PSG dan menjadikan kedudukan 2-1.

Seolah belum puas, El Real memantapkan keunggulan tiga menit kemudian. Gol lagi-lagi tercipta berkat kreasi umpan Marco Asensio. Kiriman umpan cutback Asensio dari sayap kiri disambar Marcelo yang dengan kaki kirinya. Bola mengecoh Alphonse Areola dan mengubah angka pada papan skor menjadi 3-1.

Semenit jelang waktu normal berakhir Ronaldo mencoba menambah gol. Aksi individunya dipungkasi dengan tendangan kaki kanan tepat dari garis kotak penalti, namun laju bola dapat ditahan Alphonse Areola.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
a