Liga Spanyol 2019

Hasil Real Madrid vs Barcelona Skor 0-1, Tumbang Lagi di Bernabeu

Oleh: Fitra Firdaus - 3 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-1 menjadi hasil Liga Spanyol antara Barcelona vs Real Madrid pada Minggu (3/3/2019) sehingga kedua tim berbeda 12 angka di klasemen La Liga Spanyol.
tirto.id - Barcelona sukses mengalahkan tuan rumah Real Madrid 0-1 dalam laga Liga Spanyol di Santiago Bernabeu pada Minggu (3/3/2019). Gol tunggal Ivan Rakitic membuat Barca sukses meraih kemenangan kedua mereka dalam dua El Clasico yang berselang tiga hari.

Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen Liga Spanyol berkat tiga angka lain di Bernabeu. Kini, pasukan Ernesto Valverde memiliki total 60 poin dari 26 pertandingan. Mereka mengambil jarak 12 angka dari Real Madrid, yang dipastikan pekan ini tidak bisa menyalip Atletico Madrid di peringkat kedua.

Sepanjang babak pertama, Barcelona unggul dalam penguasaan bola. Sebaliknya, Real Madrid mengulang kejadian di semifinal Copa del Rey lalu, ketika mereka lebih banyak menembak, tetapi hanya satu yang tepat sasaran dalam 45 menit awal.

Barcelona memimpin pada menit ke-26 dengan cara yang tidak disangka-sangka. Ivan Rakitic melakukan umpan satu-dua simpel dengan Sergi Roberto. Jalur untuknya terbuka, dan sang gelandang Kroasia mengirim tembakan yang jadi gol. 0-1, skor itu bertahan hingga turun minum.

Awal babak kedua, Real Madrid berupaya menekan Barcelona. Vinicius mengirim tembakan kejutan pada menit ke-56 yang masih bisa dibendung ter Stegen. Selang semenit, umpan Messi ditembak Dembele tepat ke arah Courtois.

Santiago Solari melakukan dua pergantian pemain, dengan hadirnya Federico Valverde dan Marco Asensio ke lapangan. Namun, hal itu tidak membuat segalanya membaik untuk tuan rumah. Menit ke-70, Messi justru mengirim umpan terobosan yang tidak bisa dimanfaatkan Dembele jadi gol kedua tim tamu.

Valverde kemudian secara bertahap memasukkan Arturo Vidal dan Philippe Coutinho untuk mempertahankan kedudukan dan bertahan lebih dalam. Sampai akhir, Real Madrid bermasalah dengan penyelesaian akhir. Peluang terbaik didapatkan pada menit ke-90, tetapi tandukan Raphael Varane tepat ke arah ter Stegen.

Dalam 90 menit, Barcelona tercatat menguasai 51,2 persen bola berbanding 48,8 persen milik tuan rumah. Barca hanya melepaskan 9 tembakan, jauh di bawah 17 milik Madrid. Meskipun demikian, tim tamu mengirim 4 tembakan tepat sasaran, berbanding 3 milik tuan rumah.





Pencetak Gol: Ivan Rakitic 26 (Barcelona)

REAL MADRID (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Sergio Ramos, Raphael Varane, Sergio Reguilon; Luka Modric, Casemiro (Isco 76), Toni Kroos (Federico Valverde 55); Gareth Bale (Marco Asensio 61), Karim Benzema, Vinicius.

cadangan: Keylor Navas, Marcelo, Lucas Vazquez, Dani Ceballos

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets ( Nelson Semedo 90+2), Arthur (Arturo Vidal 71); Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele (Philippe Coutinho 78).

cadangan: Jasper Cillessen, Malcom, Carles Alena, Samuel Umtiti.

Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus