Hasil Quick Count Suara Parpol di Pileg 2019 Versi Cyrus Network

Oleh: Agung DH - 17 April 2019
Cyrus Network dan Tirto.id bekerja sama menayangkan hasil hitung cepat persentase perolahan suara partai politik pada Pileg 2019.
tirto.id - 16 partai politik (Parpol) bersaing dalam Pemilihan Legislatif yang digelar pada hari ini, Rabu (17/4/2019). Mereka bakal berebut dukungan suara rakyat Indonesia untuk bisa menempatkan para wakilnya di DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/kota.

Selama proses perhitungan suara untuk para calon legislator, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan izin kepada 40 lembaga survei untuk merilis hasil quick count Pileg 2019. Salah satu lembaga survei yang dinilai memiliki kredibilitas oleh KPU adalah Cyrus Network.

Untuk menayangkan hasil hitung cepat persentase perolehan suara masing-masing parpol, Cyrus Network bekerja sama dengan Tirto.id.

Sebagai referensi, sebelumnya pada 27 Maret – 3 April 2018 Cyrus Network telah melakukan survei elektabilitas partai. Hasilnya, PDIP meraih 26,9 persen suara dan diprediksi mengungguli partai-partai lain.

Cyrus juga mencatat, Partai Golkar dan Partai Gerindra bakal bersaing ketat karena sama-sama memiliki elektabilitas sebesar 11,5 persen. Posisi berikutnya ditempati PKB 7,3 persen, Partai Demokrat 5 persen, PPP dan Perindo 4,3 persen.

Cyrus memprediksi sejumlah partai tidak akan lolos ambang batas parlemen sebesar 4 persen. Partai-partai tersebut antara lain PKS yang memiliki elektabilitas sebesar 3,5 persen serta Partai Nasdem 3,3 persen.

Selain itu PAN 1,5 persen, Partai Hanura 1 persen, Partai Berkarya 0,8 persen, Partai Garuda dan PSI 0,3 persen dan PBB 0,1 persen.

Namun ketika survei Cyrus itu dilakukan terhadap 1.230 responden, terdapat 13,6 persen responden belum memutuskan pilihan, 0,8 persen tidak memilih dan 3,8 persen tidak menjawab/ rahasia.

Bagaimana dengan pada saat Pileg berlangsung hari ini? Hasil quick count atau hitung cepat yang dilakukan Cyrus menunjukkan data sebagai berikut:




Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Politik)


Penulis: Agung DH
Editor: Maya Saputri