Hasil PSS vs Persebaya: Skor 2-1, Haris Tuharea Jadi Penentu

Oleh: Hendi Abdurahman - 13 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 2-1 menjadi hasil PSS vs Persebaya pada pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (13/7).
tirto.id - Hasil PSS vs Persebaya dalam lanjutan pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 yang dihelat di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (13/7) berakhir dengan skor 2-1. Sempat unggul lewat gol Damian Lizio, Bajul Ijo mesti mengakui keunggulan Super Elja karena mampu membalas melalui gol Yevhen Bokhashvili dan Haris Tuharea.

Dengan tekad meraih kemenangan kedua secara beruntun, PSS memasang Yevhen Bokhashvili sejak sepak mula yang ditopang oleh Brian Ferreira. Sementara itu, Persebaya menurunkan Osvaldo Haay sebagai penyerang tengah menggantikan peran Amido Balde yang harus absen.

Peluang pertama diperoleh tuan rumah lewat tendangan jarak jauh Guilherme Batata saat laga baru memasuki menit ketiga. Namun, meski mengarah ke gawang, sepakannya masih bisa diamankan dengan sempurna oleh Angga Saputra.

Kendali permainan menjadi milik skuat asuhan Seto Nurdiantoro setidaknya hingga 15 menit pertama. Kendati demikian, alih-laih mencetak gol, PSS justru mesti kebobolan pada menit 27. Diawali sepakan Irfan Jaya yang membentur mistar, Damian Lizio memanfaatkan bola rebound dengan tendangan keras yang tak bisa ditepis Try Hamdani. Skor 0-1.

Usai gol tersebut, respons diberikan Super Elja. Brian Ferreira yang berhasil masuk ke dalam kotak penalti memberikan umpan matang ke mulut gawang. Yevhen Bokhashvili berada pada posisi yang tepat dan tanpa kesulitan sukses meneruskan bola ke gawang Persebaya. Skor 1-1.

Di sisa waktu, tak ada gol tambahan bagi kedua tim. Wasit meniupkan peluit pertanda paruh pertama berakhir.

Di awal babak kedua, PSS kembali mengambil inisiatif serangan. Tak butuh waktu lama, tepatnya pada menit 56, Haris Tuharea yang pada laga sebelumnya berhasil mencetak dua gol, lagi-lagi menjadi mimpi buruk bagi lawannya.

Dengan tenang ia memanfaatkan umpan cutback Irkham Zahrul di sisi kiri pertahanan Bajul Ijo. Skor berbalik, PSS unggul 2-1.

Seolah tak ingin pulang dengan tangan hampa, anak asuh Djadjang Nurdjaman memberikan reaksi tujuh menit kemudian. Manu Jalilov merengsek lewat sisi kanan, ia kemudian memberikan sodoran ke kotak penalti, tapi sebelum melakukan tendangan, pergerakan Osvaldo Haay terlebih dahulu ditutup oleh Try Hamdani.

Tempo pertandingan mulai menurun. Hal ini dikarenakan para gelandang PSS dengan cukup lihai berhasil mengatur ritme permainan. Bahkan, keunggulan tuan rumah nyaris bertambah andai sepakan Yevhen pada menit 88 tidak mengenai mistar gawang.

Peluang Yehven tersebut menjadi yang terakhir di laga ini. Pasalnya, tak lama kemudian, wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. PSS menang dengan skor 2-1.

Susunan Pemain

PSS: Try Hamdani; Asyraq Gufron, Purwaka Yudi, Bagus Nirwanto; Brian Ferreira, Batata, Haris Tuharea (Kushedya Hari Yudo), Dave Mustaine (Wahyu Sukarta), Irkham Zahrul, Derry Rachman; Yevhen Bokhashvili.

Persebaya: Miswar Saputra; Novan Setya, Otavio Dutra, M. Syaifuddin, Ruben Sanadi; M. Hidayat, Fandi Eko Utomo (Misbakus Solikin), Damian Lizio, Manu Jalilov, Irfan Jaya (Alwi Slamat); Osvaldo Haay.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Hendi Abdurahman