Hasil Piala AFC U-20 Futsal 2019: Timnas Indonesia vs Vietnam 7-5

Oleh: Fitra Firdaus - 18 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Timnas Indonesia vs Vietnam yang berakhir dengan skor 7-5 membuat tim Merah-Putih lolos ke semifinal Piala AFC U-20 2019.
tirto.id - Tim nasional (Timnas) Indonesia sukses mengalahkan Vietnam dengan skor 7-5 di perempat final Piala AFC U-20 Futsal 2019 pada Selasa (18/6/2019). Berkat kemenangan di Pour Sharifi Indoor Stadium, Tabriz, Iran ini tim Merah-Putih lolos ke semifinal.

Sesudah memastikan tiket di semifinal, kini Timnas Futsal Indonesia menanti lawan berikutnya. Pemenang duel Thailand vs Afghanistan akan menantang Merah-Putih di babak empat besar yang digelar pada Kamis (20/6/2019).

Vietnam berupaya mencetak gol sejak awal pertandingan. Hal ini terlihat dari percobaan Ha Duc Ngoc ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Tembakan silangnya tipis di sisi gawang Indonesia. Sebaliknya, tim Merah Putih kesulitan untuk mencari peluang mutlak di depan pertahanan solid lawan.

Indonesia kemudian memiliki peluang penting dari tendangan bebas, yang masih dihentikan kiper Vietnam, Nguyen Tang Dinh. Ini disusul tembakan Muhammad Syaifullah dari jarak dekat yang bisa dimentahkan. Namun, kesabaran tim Merah Putih akhirnya berbuah juga.

Bermula dari umpan datar Muhammad Syaifullah ke Abdussalam di wilayah tengah, penyerang bernomor punggung 8 tersebut menyisir sisi kanan pertahanan Vietnam. Bertukar umpan dengan Ramadhan Zidani, tembakan silang Abdussalam tidak dapat dibendung oleh kiper lawan, 1-0.

Indonesia terus berusaha memaksa Vietnam untuk bertahan dan melakukan kesalahan umpan di daerah sendiri. Tekanan demi tekanan ini akhirnya berbuah pada gol kedua. Blunder dilakukan pemain belakang Vietnam lima menit jelang babak pertama usai. Umpan yang dipatahkan Zidani, mengalir pada Syaifullah yang tidak terkawal. Mudah saja baginya untuk menembak bola, dan memperbesar skor jadi 2-0.



Memasuki babak kedua dengan keunggulan dua gol, tidak membuat Indonesia santai. Sebaliknya, mereka tidak terpancing tekanan Vietnam. Hasilnya adalah gol cepat dari serangan kilat Merah Putih. Bola diumpankan oleh Syaifullah kepada Muhammad Rizki Xavier yang berdiri bebas sendirian.

Xavier yang memancing kiper Vietnam maju membatasi geraknya, mengumpan lagi kepada Syaifullah. Meski mendapatkan tekanan dari lawan, Syaifullah tetap mampu mencetak gol ketiga timnya.

Vietnam berupaya langsung membalas, tetapi antisipasi kiper Indonesia, Ahmad Habibie cukup bagus. Dia membendung kesempatan Huynh Mi Woen, ditambah aksi An Lam Yoi dalam waktu singkat.

Muhammad Sanjaya memastikan pesta Indonesia berlanjut berkat aksi individualnya yang menusuk pertahanan Vietnam sejak tengah lapangan. Upaya Chau Doan Phat menutup celah sembari menjatuhkan diri tidak berbuah apa-apa.

Vietnam benar-benar tidak dapat menahan Indonesia ketika Abdussalam merebut bola di wilayah lawan, lantas mengirim bola kecohan. Ketika lini belakang Vietnam mengira ia menembak, ternyata bola digelindingkan untuk Muhammad Agung Pandega.

Vietnam yang sudah melihat selisih demikian besar, berhasil memperkecil kekalahan. Namun, hal itu tidak bertahan lama. Agresivitas lawan yang berlebihan dimanfaatkan oleh Muhammad Agung Pandega dengan bola lambung masuk gawang yang kosong.

Timnas Indonesia mencetak gol ketujuh mereka melalui aksi Agung Pandega yang kembali memanfaatkan kehausan lawan dalam menyerang. Meskipun kemudian Vietnam berhasil memperkecil skor, bahkan hingga 7-5, kemenangan Merah-Putih tidak terhindarkan lagi. Indonesia lolos ke semifinal Piala AFC U-20 2019.

Pencetak Gol: Abdussalam 10', Muhammad Syaifullah 15' dan 22', Muhammad Sanjaya 25' Muhammad Agung Pandega 27', 32', dan 35'/ Nhan Gia Hưng 29', Nguyễn Huỳnh Thanh Huy 34' dan 38', An Lâm Tới 38', Huỳnh Mi Woen 40'

Baca juga artikel terkait PIALA AFC U-20 2019 FUTSAL atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight