Hasil Piala AFC U-19: Jepang Bantai Irak dan Sapu Bersih Grup B

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 25 Oktober 2018
Dibaca Normal 2 menit
Pertandingan Piala FC U-19 2018 antara Timnas U-19 Jepang vs Irak berakhir dengan skor 5-0.
tirto.id - Pertandingan Timnas U-19 Jepang vs Irak dalam penutup Grup B Piala AFC U-19 2018 di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (25/10/2018) berakhir dengan skor 5-0. Gol Yuta Taki, Kyosuke Tagawa, Koki Saito, serta brace Taichi Hara memastikan kemenangan tim Samurai Biru.

Kemenangan ini melengkapi torehan gemilang Jepang yang sebenarnya telah memastikan diri tampil sebagai juara grup. Mereka menyudahi fase grup dengan catatan kemenangan 100 persen.

Jepang tetap tampil bersungguh-sungguh. Dengan formasi 4-4-2, pelatih Masanaga Kageyama mengandalkan duet Kyosuke Tagawa dan Taichi Hara di lini depan. Tak banyak perubahan pula yang dilakukan pada kuartet di lini tengah maupun belakang.

Sementara Irak yang butuh kemenangan guna mengejar mengejar tiket lolos tampil dengan formasi 4-2-3-1. Posisi ujung tombak masih dipercayakan pelatih Darin Al-Rubaye kepada penyerang andalannya, Wakaa Ramadhan Jumaah.

Jepang Langsung Tancap Gas

Jalannya laga relatif berimbang sejak awal. Meski dengan tempo sedang, Jepang langsung mencuri keunggulan saat laga baru berlangsung 10 menit. Aksi individu Takefusa Kubo di sayap kanan diakhiri dengan sebuah umpan silang menyusur tanah ke kotak penalti. Yuta Taki berdiri di posisi tepat dan menuntaskan umpan yang dikirimkan Kubo dengan baik. Sepakan backheel Taki membuat bola berbelok dan mengarah ke sisi kiri gawang. Kiper Haval Bahaalddin tak mampu menjangkau si kulit bundar dan skor pun berubah menjadi 1-0.

Pelan tapi pasti, Irak mencoba bereaksi. Pada menit 22 sebuah sepakan dari luar kotak penalti yang diluncurkan Hasan Abdulkareem mengarah akurat ke gawang, tetapi bola dapat ditangkap dengan mudah oleh kiper Jepang, Keisuke Osako.

Samurai biru tak tinggal diam. Semenit berselang penyerang Kyosuke Tagawa hampir mencatatkan namanya di papan skor. Usai menerima sebuah umpan pendek, Tagawa menusuk seorang diri ke kotak penalti. Pemain bernomor punggung 11 itu lantas melepaskan sepakan yang tak mampu dihalau Bahaalddin, namun hasilnya bola hanya menerpa mistar.

Tepat pada menit 27, Tagawa lantas membayar lunas kegagalan peluang tersebut. Sebuah umpan tarik yang dikirikan bek sayap Takuya Ogiwara ditunaskan dengan baik olehnya. Sepakan menyusur tanah Tagawa meluncur akurat ke sisi kiri bawah gawang dan menjadikan skor 2-0.

Unggul dua gol, Jepang bermain kian nyaman. Meski dalam hal penguasaan bola mereka tak terlihat mendominasi, Samurai Biru terlihat tak bermain tergesa-gesa. Organisasi permainan terlihat rapi, termasuk dalam hal mengantisipasi tekanan-tekanan yang coba dilancarkan kubu Irak.

Pada menit 34, mereka bahkan mampu melancarkan serangan balik yang berujung gol. Kali ini Taichi Hara yang mencatatkan namanya di papan skor. Ia menuntaskan dengan baik umpan matang bek sayap Hirokazu Ishihara untuk mempecundangi Bahaalddin Hama. Angka pada papan skor berubah menjadi 3-0 dan bertahan hingga berakhirnya babak pertama.

Menjauh di Babak Kedua

Meski sudah tertinggal tiga gol, Irak tetap melakukan upaya. Salah satunya dilakukan pelatih Darin Al-Rubaye dengan merotasi lini tengah. Hasan Abdulkareem Sayyid digantikan oleh Hussein Hasan Al-Lami.

Namun rotasi ini belum dapat menghadirkan peluang berarti hingga babak kedua melewati 20 menit. Irak bahkan hampir kebobolan untuk kali keempat pada menit 62. Umpan terobosan Kanya Fujimoto dituntaskan Kyosuke Tagawa dengan sepakan keras ke tiang dekat dari sisi kiri kotak penalti. Namun peluang ini gagal menhasilkan brace bagi Tagawa. Bola masih dapat ditangkap Bahaalddin Hama.

Bahaalddin bahkan kembali melakukan penyelamatan apik pada menit 67. Ia menahan tendangan keras pemain pengganti, Mitsuki Saito yang mengarah akurat ke sisi kanan atas gawang.

Semenit kemudian Jepang melakukan rotasi penting. Koki Saito masuk, menggantikan penyerang Kyosuke Tagawa.

Masuknya Koki Saito langsung berbuah hasil hanya dalam semenit. Umpannya dari sepak pojok mengarah akurat ke Taichi Hara. Tanpa membuang waktu, Hara melepaskan sundulan ke sisi kiri gawang yang berbuah gol kedua bagi sang pemain. Skor menjadi 4-0.

Seolah belum puas dengan assist, Saito mencetak satu gol lima menit jelang laga usai. Ia menuntaskan dengan baik umpan matang Ogiwara dan menutup laga dengan skor akhir 5-0.

Susunan Pemain

Timnas U-19 Jepang: Keisuke Osako; Hirokazu Ishihara, Ayumu Seko, Yuki Kobayashi, Takuya Ogiwara; Takefusa Kubo, Kanya Fujimoto, Kota Yamada, Yuta Taki; Taichi Hara, Kyosuke Tagawa.

Cadangan: Kenedeiebusu Mikuni, Taisei Miyashiro, Koki Saito, Yuta Goke, Kosei Tani, Hiroki Abe, Hirokki Ito, Mitsuki Saito, Yukinari Sugawara, Daiki Hashioka, Shunki Higashi, Tomoya Wakahara.

Timnas U-19 Irak: Haval Bahaalddin Hama; Ali Safaa Harbi, Abbas Badeea Alfuraijat, Mohammed Albaqer Ghuraibawi, Hasan Raed Matrook; Abbas Jasim Al-Tameemi, Ali Mohsin Al-Attabi; Moamel Abdulridha Ogaili, Hasan Abdulkareem Sayyid, Muntadher AbdulAmeer Alhasan; Wakaa Ramadhan Jumaah.

Cadangan: Ali Qasim Al-Darraji, Hussein Jasim Fayyadh, Waleed Atiyah Alsukari, Moamel Mohammed Hasan, Ameer Alaa Kinani, Ali Raad Kadhim, Zainulabdeen Al Rubaye, Abdulsattar Majeed Alasakhrh, Ahmed Sartip Omar Agha, Hussein Hasan Al-Lami, Layth Najm Abbood.

Baca juga artikel terkait PIALA AFC U-19 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight