Hasil Persipura vs Bali United: Boaz Jadi Pahlawan Mutiara Hitam

Oleh: Hendi Abdurahman - 10 November 2018
Dibaca Normal 2 menit
Skor 1-0 menjadi hasil akhir laga Persipura vs Bali United di pekan 30 GoJek Liga 1 2018, Sabtu (10/11/2018).
tirto.id - Pertandingan Persipura vs Bali United dalam lanjutan GoJek Liga 1 2018 pekan 30 yang digelar di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (10/11/2018) berakhir dengan skor 1-0. Gol tunggal Boaz Salossa pada menit ke-30 membuat anak asuh Oswaldo Lessa mampu meraih kemenangan kesebelasnya musim ini.

Dengan raihan tiga poin di laga ini, Persipura merengsek ke posisi delapan klasemen sementara dengan koleksi poin 41. Mereka membukukan sebelas kemenangan, delapan kali seri, dan sebelas kekalahan. Sementara itu, Bali United masih tertahan di peringkat lima. Anak asuh Widodo Cahyono Putro itu mengumpulkan 45 poin hasil dari 12 kali menang, sembilan seri, dan delapan kalah.

Mutiara Hitam Unggul di Babak Pertama

Persipura turun dengan materi pemain yang hampir sama pada laga-laga sebelumnya. Sedikit perbedaan terdapat di posisi penjaga gawang dengan dimainkannya Panggih Prio Sembodho menggantikan Dede Sulaiman. Boaz dan Hilton Moreira tetap manjadi andalan di lini depan, sementara lini tangah dikomandoi oleh Ian Louis Kabes yang baru pulih dari cedera. Untuk lini belakang dipercayakan kepada duet Ricardo Salampessy dan Marcio Rozario.

Di kubu tim tamu, Bali United turun dengan perpaduan nama-nama pemain inti dan cadangan. Lini depan diisi oleh Irfan Bachdim dan Yandi Sofyan, sementara lini tengah tetap dipercayakan kepada Nick van der Velden dan Taufiq. Tak adanya Ricky Fajrin ditambal oleh duet Mahamadou N’Diaye dan Syaiful Indra Cahya yang diplot sebagai bek tengah.

Persipura yang bertindak sebagai tuan rumah tampil penuh percaya diri di awal pertandingan. Tekanan yang diawali dari lini tengah kerap membuat lini pertahanan Bali United kerepotan. Apalagi pada laga ini, Syaiful Indra Cahya dipaksa bermain sebagai bek tengah menemani Mahamadou N’Diaye.

Bali United bukan tanpa perlawanan. Serangan dari sisi kanan yang diinisiasi oleh Andhika Wijaya juga beberapa kali merepotkan lini pertahanan Mutiara Hitam.

Namun, anak asuh Oswaldo Lessa akhirnya mampu membuka keunggulan pada menit 30 melalui Boaz Salossa. Menerima umpan dari sisi kanan, Boaz mampu mengkonversinya menjadi gol setelah sontekannya tak mampu dijangkau Wawan Hendrawan. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Meski terdapat beberapa serangan dari kedua tim di sisa waktu, skor tak berubah hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya paruh pertama.

Tak Ada Gol Tambahan di Babak Kedua

Baru lima menit babak kedua berlangsung, Persipura mengancam melalui skema yang nyaris sama dengan gol pertama. Prisca Womsiwor yang mampu melakukan akselerasi di sisi kiri pertahanan Bali United berhasil mengirimkan umpan ke lini tengah. Boaz yang berada pada posisi yang tepat melakukan sepakan ke arah gawang, akan tetapi tendangannya masih terlalu lemah sehingga dapat diamankan oleh Wawan Hendrawan.

Sadar lini serangnya terlihat tumpul, pelatih Widodo Cahyono Putro melakukan pergantian pemain pada menit 53 dengan memasukkan Martinus Novianto menggantikan Irfan Bachdim. Hasilnya, baru tiga menit berada di lapangan, Martinus yang melakukan dribble di area pertahanan Persipura dilanggar beberapa meter di luar kotak penalti, sayang tendangan bebas Nick van der Velden kelewat jauh di atas mistar.

Di tengah laga, pencetak gol pertama Persipura, Boaz Salossa tak bisa melanjutkan pertandingan karena mengalami cedera. Ia pun akhirnya digantikan Addison Alves.

Sepuluh menit jelang laga berakhir, kedua tim menurunkan tempo permainan. Pertahanan Mutiara Hitam terlihat tampil tenang dalam menghalau serangan Serdadu Tridatu, sebaliknya Bali United yang berambisi menghasilkan gol beberapa kali melakukan serangan dengan berbagai cara. Namun, fokusnya Ricardo Salampessy dan kolega membuat gawang Mutiara Hitam tetap aman.

Kendati serangan di sisa waktu pertandingan masih tetap diumbar oleh kedua tim, akan tetapi skor tetap berakhir dengan keunggulan Persipura. Dengan kemenangan 1-0 ini, tim asuhan Oswaldo Lessa melejit ke posisi delapan.

Susunan Pemain Persipura vs Bali United

Persipura: Panggih Prio Sembodho; Valentinus Telaubun; Ricardo Salampessy; Marcio Rozario; Tinus Pae; M. Tahir; Ian Louis Kabes; Gunansar Mandowen; Prisca Womsiwor; Boaz Salossa; Hilton Moreira.

Cadangan: Dede Sulaiman; Abis Tjoe; Boas Atururi; Elisa Basna; Addison Alves; Todd Rivaldo Ferre; Ronaldo Wanma.

Bali United: Wawan Hendrawan; Andhika Wijaya; Mahamadou N’Diaye; Syaiful Indra Cahya; Dias Angga Putra; Fadil Sausu; Taufiq; I Gede Sukadana; Nick van der Velden; Irfan Bachdim; Yandi Sofyan.

Cadangan: Diky Indriyana; Junius Bate; Novan Sasongko; Taufik Hidayat; Sutanto Tan; Martinus; Kadek.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman