Hasil Persija vs PS TIRA di Liga 1: Harus Puas Berbagi Poin

Oleh: Hendi Abdurahman - 10 November 2018
Dibaca Normal 2 menit
Skor 0-0 menjadi hasil akhir laga Persija vs PS TIRA dalam lanjutan GoJek Liga 1 2018 pekan 30.
tirto.id - Laga Persija vs PS TIRA di pekan 30 GoJek Liga 1 2018 pekan 30 yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (10/11/2018) berakhir dengan skor 0-0. Kendati peluang dari kedua tim silih berganti, tak ada gol hingga laga usai.

Dengan hasil imbang yang diperoleh di laga kali ini, Persija naik satu peringkat ke posisi dua. Meski memiliki poin sama dengan Persib, Macan Kemayoran unggul head to head sehingga berhak menempati posisi runner-up. Hingga 29 kali berlaga, Skuat asuhan Teco itu mengumpulkan 49 poin hasil dari 14 kali menang, tujuh kali seri, dan delapan kali kalah.

Sementara bagi PS TIRA, tambahan satu poin di pertandingan ini membuat anak asuh Nil Maizar memiliki poin yang sama dengan dua tim lainnya, yakni Sriwijaya FC dan PSMS. The Army mengoleksi 33 poin hasil dari sembilan kali menang, enam kali seri, dan 14 kali kalah.

Nirgol di Babak Pertama

Dalam laga ini, Persija menurunkan Marko Simic di lini serang. Pemain berkebangsaan Kroasia itu dibantu oleh Ramdani Lestaluhu dan Renan Silva di lini tengah. Sementara duet Maman Abdurahman dan Jaimerson Xavier tetap menjadi andalan di lini belakang untuk membantu Shahar Ginanjar di posisi penjaga gawang.

Di pihak lain, anak asuh Nil Maizar tampil dengan skuat terbaik. Aleksandar Rakic yang telah mencetak 15 gol di Liga 1 sejauh ini dipasang di lini depan. Ia ditopang oleh Wawan Febrianto, Dzmitry Rekish, dan Izmy Hatuwe di lini tengah. Sementara Abu Bakr tetap dipercaya menjadi komando di lini belakang sekaligus membantu Syahrul Fadillah di posisi penjaga gawang.

Babak pertama baru berusia tiga menit, Persija langsung mendapatkan peluang melalui Novri Setiawan. Mendapat bola liar di kotak penalti, Novri melakukan tendangan ke arah gawang yang sayangnya masih mampu ditepis Syahrul Fadillah.

PS TIRA membalas melalu peluang yang dimiliki Ahmad Nufiandani pada menit ke-19. Mendapat ruang bebas di kotak penalti, sepakannya masih terlampau lemah sehingga masih dapat diantisipasi oleh Shahar Ginanjar. Peluang tersebut pun hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Setelahnya, peluang yang dihasilkan oleh kedua tim jarang yang benar-benar membahayakan. Pertarungan sengit justru terlihat di lini tengah. Termasuk di lima menit terakhir jelang laga babak pertama usai. Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga skor tetap sama kuat 0-0.

Banyak Peluang di Babak Kedua

Persija tampil sedikit berbeda di awal babak kedua dengan berani menekan dan bermain cepat. Pada menit 51, Marko Simic hampir saja menggetarkan gawang Syahrul Fadillah andai sepakannya tak melebar tipis di sisi kiri gawang. Tak sampai di situ, satu menit kemudian giliran Novri Setiawan yang mendapatkan peluang setelah sepakannya hanya tipis di atas gawang PS TIRA.

Seolah tak mau kalah, PS TIRA juga memperoleh peluang pada menit ke-58. Berawal dari tendangan penjuru, Abu Bakr gagal mengkonversi umpan Ahmad Nufiandani karena sundulannya masih menyamping tipis, padahal Shahar Ginanjar sudah tak bergerak. Skor masih 0-0.

Enam menit kemudian Macan Kemayoran kembali mendapatkan peluang melalui Renan Silva. Lagi, sepakannya masih melambung tipis di atas gawang The Army. Tak lama setelah peluang tersebut, Teco yang melihat buruknya penyelesaian akhir di lini depan memasukkan Bambang Pamungkas untuk menggantikan Fitra Ridwan.

PS TIRA tampil tak gentar meski bermain tandang. Pada menit 73, hampir saja salah satu pemain The Army membobol gawang Persija andai penampilan Shahar Ginanjar di bawah mistar tak cemerlang. Skor masih tetap 0-0.

Di pengujung laga, PS TIRA memperoleh peluang untuk meraih kemenangan melalui Aleksandar Rakic. Sayangnya, hasil sontekannya masih melebar di sisi kiri gawang Shahar Ginanjar. Peluang tersebut menjadi yang terakhir di laga ini. Hingga wasit meniupkan peluit tanda laga berakhir, skor tetap 0-0.

Susunan Pemain Persija vs PS TIRA

Persija: Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan; Jaimerson Xavier; Maman Abdurahman; Michael Orah; Asri Akbar; Fitra Ridwan; Novri Setiawan; Renan Silva; Ramdani Lestaluhu; Marko Simic.

Cadangan: Daryono; A. Lestaluhu; Gunawan Dwi Cahyo; Nugroho; S. Alua; Bambang Pamungkas; Osas Saha.

PS TIRA: Syahrul Fadillah; Abu Bakr; Didik Wahyu; Abduh Lestaluhu; Ahmad Nufiandani; Dzmitry Rekish; Izmy Hatuwe; Jeon Woo-Young; Manahati Lestusen; Wawan Febrianto; Aleksandar Rakic.

Cadangan: Teguh Amiruddin; Andy Setyo; Mahdi Albaar; Firmanysah; Ryan Wiradinata; Dimas Drajad; Sansan Husaeni.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan