Hasil Persija vs Mitra Kukar: Tuan Rumah Juara, Tim Tamu Degradasi

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 9 Desember 2018
Dibaca Normal 2 menit
Pertandingan GoJek Liga 1 2018 antara Persija vs Mitra Kukar berakhir dengan skor 2-1.
tirto.id - Pertandingan Persija vs Mitra Kukar dalam laga penentuan juara dan degradasi GoJek Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (9/12/2018) berakhir dengan skor 2-1. Marko Simic memborong dwigol kemenangan Persija pada pertandingan ini, yang hanya dapat dibalas Mitra Kukar lewat gol Aldino Herdianto.

Hasil tersebut membuat Persija resmi tampil sebagai juara GoJek Liga 1 2018. Macan Kemayoran mengumpulkan 62 poin dan unggul satu angka atas peringkat dua, PSM Makassar pada klasemen akhir.

Sedangkan nasib berbanding terbalik dialami Mitra Kukar. Naga Mekes harus rela terdegradasi ke Liga 2 musim depan karena hanya bisa mengumpulkan 39 poin dan finis di peringkat 17.

Jalannya Pertandingan

Kedua kesebelasan sama-sama mengandalkan formasi 4-3-3. Di kubu tuan rumah pelatih Stefano Teco mengandalkan Marko Simic bersama Novri Setiawan dan Riko Simanjuntak di lini depan. Rohit Chand jadi tumpuan lini tengah, sedangkan sektor pertahanan masih digalang duet bek Jaimerson Da Silva dan Maman Abdurrahman.

Pada pihak lawan, pelatih Rahmad Darmawan masih mengandalkan Fernando Rodriguez Ortega sebagai ujung tombak. Nama-nama pemain inti lain seperti Septian David, Hendra Adi Bayauw, hingga Mauricio Leal juga tetap mendapat kepercayaan sejak menit pertama.

Atmosfer pertandingan terasa menegangkan sejak awal. Persija lebih dulu mengancam lewat tendangan keras Ismed Sofyan dari luar kotak penalti, saat laga baru berlangsung delapan menit. Hasilnya bola sekadar melayang di atas gawang.

Mitra Kukar sempat merespons lewat sontekan tak akurat Fernando Rodriguez di menit 12. Sayang, momentum ini seolah tak berarti karena pada menit 17 pemain Mitra Kukar, Saepuloh Maulana justru melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Wasit pun memberikan hadiah tendangan penalti untuk Persija.

Marko Simic yang tampil sebagai eksekutor menjalankan tugas dengan baik. Sepakan tenangnya ke sudut kiri bawah gagal dihalau kiper Yoo Jae Hoon dan menjadikan skor 1-0.

Meski unggul, Persija tetap mendominasi dengan peluang-peluang berbahaya. Beberapa di antaranya lewat tandukan menyamping Simic di menit 21, tembakan membentur tiang dari Rohit Chand 13 menit kemudian, hingga sepakan akurat Jaimerson yang mampu dibendung Yoo Jae Hoon tujuh menit jelang waktu normal babak pertama usai.

Namun tak satu pun upaya-upaya barisan penyerangan Persija berhasil menggandakan skor sebelum turun minum. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Tetap Dramatis Hingga Akhir

Di babak kedua, Mitra Kukar lebih dulu mengancam dengan serangan kejutan. Sayang, peluang jarak dekat Fernando Rodriguez masih dapat dihadang Andritany.

Namun alih-alih mengejar ketertinggalan, Naga Mekes justru kebobolan lagi pada menit 59. Gol kembali tercipta dengan proses kontroversial. Dari kemelut di depan kotak penalti, Marko Simic menuntaskan umpan sundulan Maman Abdurrahman dengan tandukan yang mengecoh Yoo Jae Hoon.

Para pemain Mitra Kukar menilai sempat terjadi lebih dulu pelanggaran oleh pemain Persija di kotak penalti. Namun wasit berpikir lain, dan tetap mengesahkan gol Simic. Skor pun berubah jadi 2-0.

Mitra Kukar sebenarnya mendapat momentum untuk memperkecil ketertinggalan, menyusul handsball pemain Persija, Rohit Chand di kotak terlarang yang berujung hadiah penalti. Sayang, Fernandor Rodriguez yang jadi eksekutor di menit 71 gagal memanfaatkan situasi. Sepakannya yang mengarah ke sisi kiri bawah gawang dapat diredam dengan mudah oleh Andritany.

Rodriguez sempat membayar kegagalannya dengan keberhasilan menggetarkan gawang Persija 10 menit jelang laga usai. Namun, golnya dari sontekan jarak dekat dianulir wasit lantaran lebih dulu terjadi pelanggaran terhadap Andritany di daerah pertahanan tuan rumah.

Mitra Kukar akhirnya sempat meperkecil ketertinggalan dua menit jelang laga usai. Sepakan keras pemain pengganti, Aldino Herdianto memperdaya Andritany dan menggetarkan gawang. Namun gol ini tak cukup untuk menggagalkan kemenangan tuan rumah. Skor akhir 2-1.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanusa, Rohit Chand, Sandi Sute, Renan Silva, Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan.

Cadangan: Shahar Ginanjar, Michael Orah, Asri Akbar, Fitra Ridwan, Ramdani Lestaluhu, Bambang Pamungkas, Rudi Widodo.

Mitra Kukar: Yoo Jae Hoon; Saepuloh Maulana, Mauricio Leal, Dedy Gusmawan, Wiganda Pradika; Septian David Maulana, Luthfi Kamal, Anindito Wahyu; Hendra Andi Bayauw, Fernando Ortega, Dedy Hartono.

Cadangan: Gerri Mandagi, Bobby S, Zulchrizal A, Andre Agustiar, Arif Suyono, Muhammad Bahtiar, Aldino Herdianto.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight