Piala Indonesia

Hasil Persib vs Persiwa: Ezechiel Hattrick, Tuan Rumah Menang 7-0

Oleh: Hendi Abdurahman - 11 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Persib unggul agregat 7-0 atas Persiwa dalam babak 32 besar leg kedua Piala Indonesia dan akan bertemu Arema FC di 16 besar.
tirto.id - Pertandingan Persib vs Persiwa pada leg kedua 32 besar Piala Indonesia yang berlangsung di Stadion Jalak Harupat, Senin (11/2/2019) berakhir dengan skor 7-0. Ezechiel N’Douassel berhasil mencetak hattrick sementara empat gol lainnya masing-masing ditorehkan Srdan Lopicic, Esteban Vizcarra, Beckham Nugraha, dan Ghozali Siregar.

Dengan kemenangan ini, Maung Bandung unggul agregat 7-0 setelah di leg pertama bermain imbang 0-0 dan berhak melaju ke babak 16 besar Piala Indonesia menghadapi Arema FC.

Pelatih Miljan Radovic menurunkan Ezechiel N’Douassel di lini depan yang ditemani Esteban Vizcarra dan Febri Hariyadi di sisi sayap. Sementara di lini tengah, Srdan Lopicic menjadi pengatur serangan. Adapun duet lini belakang dipercayakan kepada Bojan Malisic dan Indra Mustafa.

Di lain pihak, Persiwa tetap mengandalkan sebagian besar pemain yang tampil di leg pertama. Syamsul Bahri ditunjuk menjadi juru gedor yang ditopang oleh Munawir Basri di lini tengah. Sedangkan lini belakang dikomandoi Muhammad Erwin.

Babak pertama baru berjalan 13 menit, tuan rumah mampu membobol gawang tim tamu. Namun, gol tersebut dianulir lantaran Ezechiel N’Douassel telah berada dalam posisi offside. Skor masih 0-0.

Gol yang ditunggu-tunggu suporter tuan rumah pun datang pada menit 16 setelah Ezechiel N’Douassel mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan tendangan penjuru Srdan Lopicic. Skor 1-0.

Tak tinggal diam, Persiwa memiliki peluang dua menit berselang lewat sepakan Renaldi Alfiansyah, akan tetapi sepakannya masih bisa diantisipasi penjaga gawang M. Natshir. Peluang tersebut hanya menghasilkan tendangan sudut.

Persib kembali mendominasi. Sisi sayap menjadi area yang kerap menjadi andalan untuk melakukan serangan. Hasilnya, tujuh menit sebelum paruh pertama berakhir, Ezechiel N’Douassel menggandakan keunggulan lagi-lagi melalui sundulan yang berawal dari tendangan penjuru. Skor 2-0.

Di sisa waktu, tak ada gol tambahan yang dihasilkan oleh kedua tim. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan Maung Bandung 2-0.

Enam menit babak kedua berlangsung, Maung Bandung kembali menjauh. Pemain anyar Srdan Lopicic ikut menyumbang gol lewat tendangan penalti setelah sebelumnya terjadi handball oleh pemain belakang Persiwa di kotak terlarang. Skor 3-0.

Pada menit 55, Ezechiel N’Douassel mencetak hattrick di laga ini usai pemain berusia 30 tahun tersebut menghunjamkan tendangan keras yang gagal dibendung penjaga gawang Endang Subrata. Skor kembali berubah menjadi 4-0.

Tiga menit setelah gol Ezechiel, giliran Esteban Vizcarra yang hampir saja menggetarkan gawang Persiwa. Mendapat ruang tembak dari luar kotak penalti, mantan pemain Sriwijaya FC itu melakukan sepakan keras yang sayangnya masih bisa ditepis Endang Subrata.

Tim tamu praktis bermain bertahan. Gol demi gol dari tuan rumah pun seolah tinggal menunggu waktu. Hal itu terbukti dari gol kelima yang dilesakkan Esteban Vizcarra pada menit 64 setelah diawali dari serangan di sisi sayap. Persib menjauh dengan keunggulan 5-0.

Hujan gol terjadi di laga ini setelah Beckham Nugraha mencetak gol debutnya bersama tim senior pada menit 79. Pemain berusia 18 tahun tersebut melakukan placing terarah yang membuat Maung Bandung kembali menjauh 6-0.

Lima menit jelang berakhirnya laga, Persiwa hampir saja mencetak gol setelah salah satu pemainnya tinggal berhadapan dengan M. Natshir. Namun, Supardi berhasil menghalau sehingga gol bagi tim tamu pun urung tercipta.

Persib pun menutup kemenangan atas Persiwa dengan gol pada menit 90 lewat kaki pemain pengganti Ghozali Siregar. Skor 7-0 sekaligus menjadi penutup pertandingan.

Susunan Pemain

Persib: M. Natshir; Supardi Nasir; Indra Mustafa; Bojan Malisic; Ardi Idrus; Kim Kurniawan; Abdul Aziz; Srdan Lopicic; Febri Hariyadi; Esteban Vizcarra; Ezechiel N’Douassel.

Persiwa: Endang Subrata; Abdul Gafur; Jojo; M. Erwin; Ridwan Abdullah; Arfan Arywijaya; Fabio Marko; Munawir Basri; Reynaldy Junior; Sedek Sanaky; Syamsul Bahri.

Baca juga artikel terkait PIALA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman