Hasil Persib vs Barito Putera: Maung Bandung Turun ke Posisi Empat

Oleh: Hendi Abdurahman - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan GoJek Liga 1 2018 pekan 34 antara Persib vs Barito Putera berakhir dengan skor 3-3.
tirto.id - Pertandingan Persib vs Barito Putera pada pekan 34 GoJek Liga 1 2018 yang dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Sabtu (8/12/2018) berakhir dengan skor 3-3. Satu gol tambahan dari Samsul Arif di babak kedua membuat pertandingan berakhir sama kuat.

Dengan tambahan satu poin di laga ini, Maung Bandung harus puas berada di peringkat empat klasemen akhir dengan raihan 52 poin hasil dari 14 kali menang, sepuluh kali seri, dan sepuluh kali kalah. Posisinya tergeser oleh Bhayangkara FC yang pada waktu bersamaan menang atas Bali United.

Sementara bagi Barito Putera, hasil imbang membuat Laskar Antasari tetap berada di peringkat delapan dengan torehan 47 poin. Anak asuh Jacksen F. Tiago itu membukukan 12 kali menang, sebelas kali seri, dan sebelas kali kalah.

Hujan Gol di Babak Pertama

Ezechiel N’Douassel memiliki kesempatan untuk mencetak gol cepat di laga ini setelah menjadi eksekutor penalti pada menit ketiga. Namun, hal tersebut urung terjadi lantaran Eze gagal mengkonversinya menjadi gol.

Tim tamu justru unggul terlebih dahulu melalui sepakan kaki kiri Rizky Pora pada menit 18. Mendapatkan umpan dari lini tengah, pemain berusia 29 tahun itu mampu menggetarkan gawang I Made Wirawan. Skor 1-0.

Dua menit setelah keunggulan Barito Putera, Persib langsung membalas melalui Ghozali Siregar. Mantan pemain PSM tersebut mendapatkan sodoran dari Jonathan Bauman di lini tengah, tanpa ampun ia melepaskan tendangan keras dan tak dapat diantisipasi oleh M. Riyandi. Sko 1-1.

Tiga menit berselang Maung Bandung berbalik unggul setelah Jonathan Bauman mencetak gol keduabelasnya musim ini usai menerima umpan dari Ezechiel N’Douassel. Skor 2-1.

Saling berbalas gol terjadi. Tak menunggu waktu lama, Laskar Antasari kembali mencetak gol sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-25. Gol kedua Barito Putera pada laga kali ini tercatat atas nama Samsul Arif usai memanfaatkan umpan dari lini tengah.

Pertandingan babak pertama seolah akan berakhir seri, namun Ezechiel N'Douassel akhirnya membayar kegagalan penaltinya di awal laga setelah mencetak gol ketujuhbelasnya musim ini dua menit jelang babak pertama usai. Skor 3-2 pun bertahan hingga paruh pertama.


Tempo Menurun di Babak Kedua

Sepuluh menit babak kedua berjalan, tempo permainan cenderung menurun. Keunggulan satu angka membuat Persib bermain nyaman. Sebaliknya, meski berusaha menyamakan kedudukan, Barito Putera terlihat kesulitan untuk membongkar lini pertahanan Maung Bandung.

Usaha Laskar Antasari untuk meraih gol hampir saja tercipta pada menit 63 lewat kaki Matias Cordoba. Mendapatkan ruang kosong di lini tengah, pemain berkebangsaan Argentina itu melepaskan sepakan jarak jauh yang sayangnya masih membentur mistar gawang.

Setelah peluang tersebut, baik Persib maupun Barito Putera tak memiliki peluang yang benar-benar membahayakan. Bola lebih sering bergulir di lini tengah dan hanya sesekali saja memasuki lini pertahanan masing-masing lawan.

Namun, tiga menit jelang laga usai, Barito Putera akhirnya mampu menyamakan kedudukan melalui gol Samsul Arif. Tak terkawal di kotak penalti, Samsul melakukan penyelesaian akhir yang mumpuni dan menggetarkan gawang I Made Wirawan untuk kedua kalinya di laga ini. Skor berubah 3-3.

Tak ada gol tambahan di sisa waktu hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Skor akhir 3-3.

Susunan Pemain Persib vs Barito Putera

Persib: I Made Wirawan; Ardi Idrus; Indra Mustafa; Victor Igbonefo; Tony Sucipto; Supardi; Hariono; Oh In Kyun; Ghozali Siregar; Ezechiel N’Douassel; Jonathan Bauman.

Cadangan: M. Natshir; Henhen Herdiana; Mario Jardel; Atep; Kim Kurniawan; Agung Mulyadi; Patrich Wanggai.

Barito Putera: M. Riyandi; Gavin Kwan Adsit; Aaron Evans; M. Rifqi; Jajang Sukmara; Matias Cordoba; M. Rafi; Douglas Packer; Samsul Arif; Rizky Pora; Marcel Sacramento.

Cadangan: Adhitya Harlan; Ady Setiawan; Dandi Maulana; Fajar Handika; Nazarul Fahmi; Paulo Sitanggang; T.A Musafri.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman
Dari Sejawat
Infografik Instagram