Hasil Persela vs Persebaya 1-1 Skor Akhir Gojek Liga 1 2018

Oleh: Ibnu Azis - 30 Maret 2018
Dibaca Normal 2 menit
Tuan rumah sempat unggul di babak kedua melalui Diego Assis Figueiredo sebelum dibalas oleh tim tamu lewat David Da Silva.
tirto.id - Hasil Persela vs Persebaya di laga lanjutan pekan kedua Gojek Liga 1 2018 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (30/3/2018) sore, skor akhir berkesudahan 1-1. Tuan rumah sempat unggul di babak kedua melalui Diego Assis Figueiredo (57') sebelum dibalas oleh pemain baru tim tamu, David Da Silva (70').

Pertandingan berlangsung ketat yang didominasi oleh tuan rumah di 20 menit awal babak pertama. Kendati demikian, tim tamu mampu menguasai permainan di 15 menit akhir sebelum turun minum.

Mengandalkan tusukan-tusukan mematikan Ruben Sanadi dari sisi kiri, sejumlah peluang Persebaya tercipta melalui Rishadi Fauzi dan Irfan Jaya yang sayangnya belum berbuah gol.

Di babak kedua, tuan rumah membuka peluang emas perdana melalui kaki Saddil Ramdani pada menit ke-53. Bermula dari pergerakan cantik Shohei Matsunaga di depan kotak penalti, ia mengirim umpan mendatar pelan ke arah Ramdani.

Berdiri bebas tanpa pengawalan, Ramdani sedianya tinggal berhadapan dengan Miswar Saputra. Namun sayang tendangannya tak terlalu mematikan dan bisa diamankan dengan mudah oleh kiper Persebaya.

Tak henti-hentinya menekan, gempuran serangan demi serangan Persela Lamongan akhirnya berbuah hasil. Berawal dari umpan mendatar Shohei Matsunaga ke dalam kotak penalti, Diego Assis Figueiredo yang coming from behind tak kesulitan menyambut bola.

Bola berhasil ditendang ke sisi kiri, sementara kiper Persebaya Miswar Saputra yang salah mengantisipasi terbang ke kanan. Gawang tim tamu akhirnya jebol sekaligus membuat tuan rumah unggul 1-0 pada menit ke-57.

Hingga menit ke-60, tim tamu mencoba bangkit dan melancarkan serangan sporadis dari tusukan-tusukan mematikan di sisi kiri. Upaya ini nyaris berbuah gol pada menit ke-66.

Berawal dari pergerakan apik Oktafianus Fernando, pemain ini tak ragu melakukan solo run hingga memasuki kotak terlarang.

Ditempel ketat dua pemain Persela, Fernando terus menusuk dan merengsek naik sebelum melepas tendangan mendatar ke gawang.

Sayangnya, aksi apik individu pemain ini hanya menghasilkan sepak pojok bagi tim tamu usai Dwi Kuswanto tak kesulitan menepis bola.

Kerja keras Green Force akhirnya terbayar lunas pada menit ke-70. Baru masuk di babak kedua menggantikan Rishadi Fauzi di menit ke-55, David Da Silva sukses mencetak gol di laga debut.

Bermula dari umpan lob Rubertino Pugliara dari luar kotak penalti, David Da Silva yang dikawal ketat dua pemain Persela, berlari menyambut bola dengan kakinya.

Belum sempat menendang, kiper Laskar Joko Tingkir, Dwi Kuswanto lebih dulu meloncat menghalau bola, yang sayangnya luput dari tangkapannya. Bola berhasil dicuri dan dicocor Da Silva ke dalam gawang, sementara Kuswanto jatuh bergumul rumput. Skor berubah menjadi 1-1.

Pemain baru Bajul Ijo itu kembali menebar teror pada menit ke-80. Bermula dari situasi serangan balik, Osvaldo Haay yang menggiring bola dari tengah lapangan melepas umpan terobosan terukur ke arah Da Silva.

Menyambut umpan itu sambil berlari meski dikawal ketat satu pemain bertahan Persela, Da Silva mampu mengecoh dan melepas tendangan keras mendatar ke tiang jauh.

Bola sempat ditepis Dwi Kuswanto, namun bergulir ke dalam gawang. Beruntung lini belakang tuan rumah tak gugup dan membuang bola keluar lapangan. Jaring gawang Laskar Joko Tingkir gagal terkoyak untuk kedua kalinya.

Tim tamu kembali hampir menjebol gawang tuan rumah pada menit ke-85. Berawal dari situasi sepak pojok, Rubertino Pugliara yang berdiri jauh di luar kotak penalti, tak menyangka bola muntah sapuan Dwi Kuswanto menuju ke arahnya.

Dalam posisi yang tak sepenuhnya siap, ia tak ragu menyambut bola dengan tendangan setengah voli.

Sebaliknya, Dwi Kuswanto yang tak menduga Pugliara langsung menendang, tak mampu menghentikan laju bola yang melaju deras menembus tangkapan kedua tangannya.

Sayangnya, bola membentur mistar atas gawang dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Bajul Ijo.

Hingga wasit meniup peluit panjang berakhirnya babak kedua, skor tidak berubah. Hasil Persela vs Persebaya skor akhir 1-1.

Susunan Pemain

Persela: Dwi Kuswanto (GK), I Gusti Rustiawan (Samsul Arifin 28'), Arif Satria, Jodi Kustiawan, Ahmad Birrul Walidan, Diego Assis Figueiredo, Syahroni, Saddil Ramdani, Shohei Matsunaga, Fahmi Al Ayyubi, Loris Arnaud.

Cadangan: Mohammad Ridwan (GK), Eky Taufik, Ahmad Subagja Baasith, Samsul Arifin, Sugeng Efendi, Andika Dian Asruri, Dio Permana.

Pelatih: Aji Santoso.

Persebaya: Miswar Saputra (GK), Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi, Rendi Irwan (Mohammad Sidik Saimima 77'), Misbakus Solikin, Robertino Pugliara, Irfan Jaya (Osvaldo Haay 62'), Rishadi Fauzi (David Da Silva 55'), Oktafianus Fernando.

Cadangan: Dimas Galih (GK), Mohammad Sidik Saimima, Andri Muliadi, Osvaldo Haay, Ferinando Pahabol, David Da Silva, Riky Kayame.

Pelatih: Angel Alfredo Vera.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis