Hasil Persebaya vs PSIS: Gol Osvaldo Haay di Babak Pertama

Oleh: Hendi Abdurahman - 30 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-0 menjadi hasil Persebaya vs PSIS di babak pertama dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan ke-3 yang dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (30/5/2019).
tirto.id - Hasil babak pertama Persebaya vs PSIS Semarang pada pekan ke-3 Shopee Liga 1 2019 yang dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (30/5/2019) berkesudahan dengan skor 1-0. Gol tunggal Osvaldo Haay pada menit 28 membuat Bajul Ijo unggul hingga turun minum.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman menurunkan Abdul Rohim di posisi penjaga gawang menggantikan Miswar Saputra yang mengalami cedera. Sementara itu, Osvaldo Haay, Manu Jalilov dan Irfan Jaya menjadi tiga pemain yang bertugas membongkar lini pertahanan lawan.

Di lain pihak, starting eleven yang ditampilkan PSIS tak kalah gahar. Pencetak dua gol pada laga sebelumnya, Hari Nur Yulianto kembali menjadi pilihan utama di lini depan. Di lini tengah, Mahesa Jenar mengandalkan Septian David Maulana sedangkan Wallace Costa akan menjadi komando di lini pertahanan.

Laga berjalan cepat di awal babak pertama. Ambisi tuan rumah untuk meraih kemenangan perdana terlihat dari dominasi Misbakus Solikin dan kawan-kawan. Sebaliknya, tim tamu lebih banyak bertahan dengan sesekali melakukan serangan balik.

Gempuran yang dilakukan Persebaya secara terus menerus akhirnya membuahkan hasil pada menit 28. Diawali crossing yang dilepaskan Ruben Sanadi dari sisi kanan pertahanan PSIS, bola mengarah kepada Osvaldo Haay. Meski mendapat kawalan dari salah seorang pemain belakang, penggawa Timnas U-23 tersebut berhasil menanduk bola dan menggetarkan jala gawang Mahesa Jenar yang dikawal Jandia Eka Putra. Skor 1-0.

Tertinggal satu angka serta kalah dalam penguasaan bola membuat pelatih PSIS, Jafri Sastra melakukan perubahan cepat. Septinus Alua yang jarang mendapatkan bola digantikan oleh Shohei Matsunaga guna memperkuat daya serang.

Namun, di sisa waktu paruh pertama tak ada gol tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya pun bertahan hingga turun minum.

Perkiraan Susunan Pemain

Persebaya: Abdul Rohim; Novan Setya; Hansamu Yama; M. Syaifuddin; Ruben Sanadi; Fandi Eko Utomo; Misbakus Solikin; Damian Lizio; Irfan Jaya; Manu Jalilov; Osvaldo Haay.

PSIS: Jandia Eka Putra; Fredyan Wahyu; Wallace Costa; M.Rio; Safrudin Tahar; Patrick Mota; Arthur Bonai; Septian David Maulana; Septinus Alua (Shohei Matsunaga); Silvio Escobar; Hari Nur Yulianto.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus