Hasil Man United vs PSG di UCL: Kekalahan Perdana Solskjaer

Oleh: Hendi Abdurahman - 13 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan Man United vs PSG di babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 yang dihelat di Stadion Old Trafford, Rabu (13/2/2019) berakhir dengan skor 0-2.
tirto.id - Pertandingan Man United vs PSG di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 yang dihelat di Stadion Old Trafford, Rabu (13/2/2019) berakhir dengan skor 0-2. Dua gol kemenangan tim tamu dicetak Presnel Kimpembe dan Kylian Mbappe di babak kedua.

Dengan hasil ini, rekor tak terkalahkan Man United di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer dalam sebelas laga di berbagai ajang terhenti. Sebaliknya, kemenangan yang diraih skuat asuhan Thomas Tuchel membuat langkah mereka di leg kedua bakal sedikit lebih ringan.

Pada babak pertama, kedua tim tampil dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Tuan rumah mendapatkan peluang pertama pada menit 16 lewat kaki Paul Pogba yang menyisir sisi sayap untuk kemudian melakukan sepakan ke gawang yang sayangnya masih terlalu lemah.

PSG bereaksi melalui peluang yang dihasilkan Kylian Mbappe di menit 28. Kerja sama Marco Verrati dan Julian Draxler membuat pemain berusia 20 tahun itu lolos dari jebakan offside. Namun, meski berdiri cukup bebas, tendangan kaki kanannya hanya menyamping di sisi kanan David De Gea.

Duel kedua tim pun terlihat berimbang. Baik Man United maupun PSG menorehkan 3 shots. Bedanya, Marcus Rashford dan kawan-kawan membuat satu tendangan ke arah gawang. Sementara penguasaan bola antara kedua tim tak terlalu berbeda jauh dengan perbandingan 47 persen berbanding 53 persen milik tim tamu. Babak pertama ditutup dengan skor 0-0.


Delapan menit babak kedua berjalan, gol untuk tim tamu tercipta. Diawali serangan di sisi kanan, Kylian Mbappe mampu menyundul bola crossing Dani Alves dan menghasilkan tendangan penjuru. Di menit yang sama dengan peluang yang didapat Mbappe, Presnel Kimpembe mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan sepakan pojok Angel Di Maria. Skor 0-1.

Gol pertama PSG membuat skuat asuhan Thomas Tuchel berada di atas angin. Kepercayaan diri mereka pun meningkat. Hasilnya, Kylian Mbappe dapat menggandakan keunggulan pada menit 60 usai meneruskan umpan Angel Di Maria. Skor kembali berubah menjadi 0-2.

Tak mau malu dihadapan pendukungnya, The Red Devils mencoba lebih menyerang. Namun, hal tersebut seolah telah diantisipasi oleh tim tamu. Pasalnya, PSG bermain lebih rapat dengan melakukan perubahan formasi menjadi 3-4-2-1.

Total shots yang diperoleh tuan rumah yang mencapai 10 tak membuahkan hasil. Dari keseluruhan peluang yang didapat, Paul Pogba dan kolega tak cukup efektif lantaran hanya meraih satu tendangan ke gawang.

Sebaliknya, tim tamu memiliki lima tendangan ke arah gawang dari total 12 tendangan yang diperoleh. Man United pun mesti mengakui kemenangan tim tamu sebab keunggulan 0-2 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain Man United vs PSG

Man United (4-3-3): David de Gea; Ashley Young, Eric Bailly, Victor Lindelof, Luke Shaw; Ander Herrera, Nemanja Matic, Paul Pogba; Marcus Rashford, Jesse Lingard, Anthony Martial.

Cadangan: Phil Jones, Alexis Sanchez, Juan Mata, Romelu Lukaku, Fred, Diogo Dalot, Sergio Romero.

PSG (4-2-3-1): Gianluigi Buffon; Thilo Kehrer, Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Marco Verratti, Marquinhos, Julian Draxler; Dani Alves, Kylian Mbappe, Angel di Maria.

Cadangan: Leandro Paredes, Alphonse Areola, Eric Maxim Choupo-Moting, Layvin Kurzawa, Christopher Nkunku, Moussa Diaby, Colin Dagba.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman