Hasil Malaysia vs Myanmar di Final Piala AFF U-19 Skor Akhir 4-3

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan final Piala AFF U-19 2018 antara Malaysia vs Myanmar berakhir dengan skor 4-3.
tirto.id - Pertandingan final Piala AFF U-19 2018 antara Malaysia vs Myanmar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (14/7/2018) berakhir dengan skor 4-3. Gol-gol Malaysia dicetak Nik Akif Syahiran (dua), Awang Muhammad Faiz, dan Shivan Pillay Asokan. Adapun gol balasan Myanmar dicetak Win Naing Tun (dua) serta Myat Kaung Khant.

Baru tiga menit laga berlangsung, Malaysia memimpin. Dari sayap kiri penyerangan, Awang Muhammad Faiz melepaskan tendangan akurat ke sudut kanan atas gawang. Kiper Myanmar tak mampu menjangkau bola dan gol pun tercipta. Skor 1-0.

Seolah belum puas, di menit ke-18 Harimau Malaya menambah jarak keunggulan. Memaksimalkan sebuah umpan cutback dari sayap kanan, Nik Akif Syahiran yang berdiri bebas di sektor kanan kotak penalti menyambar si kulit bundar dengan tendangan kaki kanan. Bola melaju ke sudut kanan bawah gawang dan memaksa Myanmar kebobolan lagi. Skor 2-0.

Myanmar yang tak mau menyerah begitu saja merespons dengan gol balasan pada menit ke-24. Memanfaatkan blunder yang dilakukan pemain Malaysia, Win Naing Tun merebut bola dan menggiring ke kotak penalti. Tinggal berhadapan dengan Mohammad Azri, Win tak menyia-nyiakan momentum. Sepakannya ke sudut kiri bawah mengecoh sang penjaga gawang dan menggetarkan jala Malaysia. Skor 2-1.

Dua menit berselang, Myanmar mampu menyamakan skor. Usai menerima sebuah umpan lambung, Myat Kaung Khant yang berdiri bebas di kotak penalti memperdaya Azri dengan sepakan tenang dan terukur ke sudut kiri bawah gawang. Kedudukan menjadi 2-2.

Myat Kaung Khant kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-31. Secara mengejutkan, sang kapten yang mengeksekusi sepak pojok membidikkan bola ke tiang jauh. Dari eksekusi tersebut, si kulit bundar langsung mengarah ke sudut kiri atas gawang dan tak mampu dihalau Azri. Kedudukan berbalik menjadi 2-3.

Gol kedua Myat sekaligus jadi yang terakhir di babak pertama. Skor 2-3 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Myanmar tampil lebih bertahan. Mereka merapatkan lini belakang dan menurunkan tempo pertandingan.

Di lain pihak, Malaysia berusaha mati-matian menembus lini belakang lawan. Pada menit ke-66, peluang emas sempat tercipta. Usai menerima sebuah umpan terobosan, Muhammad Nizarruddin Jazi mengirim sepakan menyusur tanah yang mengecoh kiper lawan. Namun, bola hanya melebar di kanan sasaran.

Tekanan balasan dilancarkan Myanmar lima menit kemudian. Aksi individu Win Naing Tun dipungkasi dengan sebuah sepakan tenang. Namun, hasilnya bola hanya menyamping di kanan gawang.

Gol lantas tercipta di menit ke-75. Memaksimalkan sebuah kemelut hasil sepak pojok, pemain nomor punggung dua Malaysia, Shivan Pillay Asokan menceploskan si kulit bundar ke gawang lawan dengan sebuah sepakan tenang. Gawang pun bergetar dan skor menjadi 3-3.

Laga seolah akan berlanjut ke adu penalti sebelum Nik Akif Syahiran kembali membawa Malaysia unggul pada injury time. Dari skema tendangan bebas di sayap kiri, Nik membidikkan bola ke tiang jauh. Bola sempat membentur mistar sebelum jatuh dan melewati garis gawang. Skor menjadi 4-3.

Gol Akif tersebut sekaligus menandai berakhirnya pertandingan final Piala AFF U-19 2018. Timnas U-19 Malaysia resmi keluar sebagai juara dengan skor akhir 4-3.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-19 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram