Liga Champions 2018/2019

Hasil Liverpool vs Porto FC Skor 2-0: Sejarah Bagi Jurgen Klopp

Oleh: Audy Muhammad Lanta - 10 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil 2-0 dalam laga Liverpool vs Porto FC di Liga Champions merupakan kemenangan ke-400 bagi Jurgen Klopp selama kariernya melatih.
tirto.id - Hasil pertandingan leg pertama babak 8 besar Liga Champions 2018/2019 antara Liverpool vs Porto FC di Stadion Anfield pada Rabu (10/4/2019) dituntaskan dengan skor 2-0. Selain memperingan langkah The Reds untuk menghadapi leg kedua di Portugal nanti, kemenangan ini juga amat bersejarah untuk Jurgen Klopp, sang juru taktik Liverpool.

Dua gol yang dilesakkan oleh Naby Keita dan Roberto Firmino menjadi pembeda dalam laga kontra Porto itu, sekaligus menjadi kemenangan ke-400 bagi Klopp selama menjalani kariernya sebagai pelatih. Pria asal Jerman ini pun menegaskan bahwa skuad asuhannya memang layak menang.

“Itu adalah permainan yang bagus, permainan yang dikendalikan dalam banyak momen. Kami pantas menang, 100 persen! Kami mencetak dua gol indah. Secara keseluruhan, kinerja tim sangat bagus,” ujar Klopp usai laga dikutip dari situs resmi Liverpool.

OptaJoe mencatat, hasil gemilang kontra Porto di Liga Champions menjadi kemenangan ke-400 bagi Klopp. Rinciannya, 109 saat memulai kariernya di FSV Mainz, kemudian 180 kemenangan ketika membesut Borussia Dortmund, serta 111 kemenangan bersama Liverpool sejauh ini.

Sementara itu, Naby Keita menjadi pemain yang paling menonjol dalam duel Liverpool vs Porto kemarin. Whoscored menyebutkan, gelandang asal Guinea ini melesatkan tembakan sebanyak 2 kali dan 1 kali mengarah ke gawang yang berujung gol.

Sebanyak 88 kali pemain yang direkrut dari Leipzig ini menyentuh bola dengan akurasi umpan sebesar 85.9. Selain itu, Keita juga berhasil menciptakan 2 kali umpan kunci serta 1 kali memenangkan duel udara.


Adapun pencetak gol kedua, Firmino, secara langsung telah terlibat dalam 12 gol dalam 11 pertandingannya di Liga Champions saat bertanding di Anfield untuk Liverpool, dengan rincian 7 gol dan 5 assist.

Kemenangan ini juga memperpanjang rekor pertemuan Liverpool dengan Porto. The Reds tidak pernah kalah dalam 7 pertandingan di kancah Eropa melawan klub raksasa Portugal itu, yakni meraih 4 kali kemenangan dan 3 kali imbang, tanpa kalah.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Audy Muhammad Lanta
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Audy Muhammad Lanta
Editor: Iswara N Raditya