Hasil Liga Inggris: Man City Telan Kekalahan Perdana Musim Ini

Oleh: Ibnu Azis - 9 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Laga Chelsea vs Man City berkesudahan dengan skor 2-0. Hasil tersebut merupakan kekalahan perdana City di Liga Inggris musim ini.
tirto.id - Pasukan Josep Guardiola akhirnya tumbang. Dikalahkan Chelsea 2-0, ini merupakan kekalahan perdana Manchester City di Liga Inggris musim ini. Dalam laga yang berlangsung di Stamford Bridge, London pada Minggu (9/12/2018) dini hari waktu Indonesia, sepasang gol Chelsea dicetak oleh N'Golo Kante dan David Luiz.

Kante membawa tuan rumah unggul pada penghujung babak pertama. Berawal dari skema serangan yang diinisiasi oleh Wilian, Marcos Alonso, dan Eden Hazard, Chelsea berhasil memecah kebuntuan meskipun terus ditekan Man City sejak menit awal.

Dari pergerakan Alonso di sisi kanan pertahanan Man City, ia memberikan umpan kepada Hazard yang berdiri di dalam kotak penalti. Kontrol sebentar, Hazard meneruskan bola ke Kante yang langsung disambar keras tepat ke jantung gawang Ederson. Kedudukan 1-0 ini pun bertahan hingga paruh waktu.

Sekadar catatan, Chelsea bermain sangat efektif sebelum paruh waktu. Pasalnya, pasukan Maurizio Sarri hanya melesakkan satu tendangan dan berbuah gol, sedangkan Manchester City berhasil melepaskan empat tembakan yang satu di antaranya tepat sasaran.

Sementara pada babak kedua, Manchester City tetap tak mengendurkan tekanan. Mereka masih mendominasi dan bahkan melepaskan lagi 10 tembakan yang tiga di antaranya tepat sasaran dengan penguasaan bola total mencapai 61 persen.

Kendati demikian, sejumlah peluang yang dihasilkan oleh Gabriel Jesus, Aymeric Laporte, maupun Kyle Walker masih belum cukup untuk membawa tim tamu mengejar ketertinggalan.

Di tengah upaya itu, David Luiz justru menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit ke-78. Memanfaatkan umpan sepak pojok Eden Hazard, tandukan Luiz melambung ke pojok atas gawang yang tak mampu dihentikan Ederson.

Tambahan tiga poin membuat Chelsea naik ke peringkat tiga menggeser Arsenal, yang sebelum mengalahkan Huddersfield 1-0 di Emirates Stadium. Sementara itu, Manchester City harus puas turun ke peringkat dua digeser Liverpool, yang melumat Bournemouth empat gol tanpa balas.

Berikut ini susunan pemain kedua kesebelasan.

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga (GK); Cesar Azpilicueta, Antonio Rudiger, David Luiz, Marcos Alonso; N'Golo Kante, Jorginho, Mateo Kovacic (Ross Barkley 65'); Pedro, Eden Hazard (Oliveir Giroud 90'), Willian (Ruben Loftus-Cheek 75').

Man City (4-3-3): Ederson (GK); Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte, Fabian Delph; Bernardo Silva, Fernandinho, David Silva (Ilkay Gundogan 68'); Riyad Mahrez (Phil Foden 84'), Raheem Sterling, Leroy Sane (Gabreil Jesus 53').


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
Dari Sejawat
Infografik Instagram