Liga Eropa 2020-2021

Hasil Liga Eropa Tadi Malam: Roma vs Man Utd, Villarreal vs Arsenal

Oleh: Fitra Firdaus - 7 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Hasil Liga Eropa tadi malam AS Roma vs Manchester United skor 3-2 (agregat 5-8). Final Europa League (UEL) 2021 antara Man Utd vs Villarreal di Gdansk.
tirto.id - Hasil Liga Eropa tadi malam antara AS Roma vs Manchester United berakhir 2-3. Meskipun demikian, MU tetap berhak lolos ke final UEL karena unggul agregat 8-5. Dalam leg kedua semifinal Europa League lainnya, duel Arsenal vs Villarreal pada Jumat (7/5/2021) seri tanpa gol 0-0.

Dengan hasil ini, maka final Liga Europa musim ini yang digelar pada 27 Mei 2021 2021 di Stadion Miejski, Gdansk, akan melibatkan duel Manchester United vs Villarreal. Kapal Selam Kuning unggul agregat 2-1 atas Arsenal sekaligus memutuskan harapan terjadinya All England final di UEL 2020/2021.


Hasil Europa League Tadi Malam: Roma vs Man Utd 3-2


Manchester United yang sudah menang besar 6-2 dalam leg pertama semifinal Liga Eropa, turun dengan formasi 4-2-3-1 di Olimpico. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer kembali memasang trio Bruno Fernandes, Paul Pogba, dan Edinson Cavani yang berperan sentral pada leg 1.

Sebaliknya, AS Roma memakai pola 4-2-3-1 dengan tujuan mencetak gol secepat mungkin. Giallorossi hanya bisa melaju ke partai puncak andai bisa menang 4 gol tanpa balas ke gawang yang dikawal David De Gea. Namun, ambisi Roma dihalangi oleh sang kiper Spanyol.

Di sisi lain, Cavani 2 kali menguji kiper tuan rumah, Antonio Mirante. Kala Roma demikian serius menyerbu, United menghukum mereka pada menit 39. Umpan jitu Bruno Fernandes dari skema serangan balik diteruskan Fred kepada Cavani yang dikenal terbiasa merobek gawang Giallorossi.

Skor 0-1 itu bertahan hingga turun minum. Upaya pantang menyerah Roma kemudian berbuah ketika umpan silang Bruno Peres dilanjutkan tembakan voli Pedro. Ada Edin Dzeko (57') yang tinggal menanduk bola ke gawang kosong dari jarak dekat.

Hanya berselang 3 menit, Roma memimpin. Bryant Cristante melepaskan tembakan dari jarak 20 yard yang menaklukkan De Gea. Setelahnya, Dzeko, Pedro, hingga Henrikh Mkhitaryan punya kesempatan menipiskan selisih agregat. Namun, semuanya dibendung De Gea.

Roma semakin frustasi ketika gawang mereka dengan mudah dibobol Edinson Cavani sekali lagi. Umpan silang Bruno Fernandes dituntaskan sang penyerang veteran Uruguay jadi gol yang membunuh laga. Meski kemudian ada gol Nicola Zalewski (83') semua sudah terlambat.

AS Roma menang 3-2 di Olimpico, tetapi secara keseluruhan kalah agregat 5-8 dari Manchester United, yang menembus final UEL pertama kalinya pada era Ole Gunnar Solskjaer. Sebagai catatan, Iblis Merah adalah juara Liga Eropa 2017 di bawah tangan dingin Jose Mourinho.

Pencetak Gol: Edin Dzeko 57', Bryant Cristante 60', Nicola Zalewski 83'/ Edinson Cavani 39' dan 68'

AS Roma (4-2-3-1): Mirante; Karsdorp, Smalling (Darboe 30'), Ibanez, Bruno Peres (Santon 69'); Cristante, Mancini; Pedro (Zalewski 77'), Pellegrini, Mkhitaryan; Dzeko (Borja Mayoral 77')

Manchester United (4-2-3-1):
De Gea; Wan-Bissaka (Williams 46'), Bailly, Maguire, Shaw (Alex Telles 46'); Van de Beek, Fred; Greenwood, Bruno Fernandes (Mata 84'), Pogba (Matic 63'); Cavani (Rashford 73')

Hasil Liga Eropa Semalam Arsenal vs Villarreal


Sementara itu, Arsenal yang membutuhkan kemenangan 1-0 di leg kedua untuk unggul agresivitas gol tandang kontra Villarreal, gagal mewujudkannya di Stadion Emirates pada Jumat (7/5/2021). Pasukan Mikel Arteta mendominasi penguasaan bola dan jumlah tembakan, tetapi dalam 90 menit tidak ada satu gol saja yang bersarang ke gawang Kapal Selam Kuning.

Menit 26, bermula dari skema sepak pojok, Pierre Emerick Aubameyang melepaskan tembakan first time. Namun, upayanya hanya mengenai tiang kanan gawang Geronimo Ruli.

Berselang 10 menit, mendapatkan umpan dari Emile Smith Rowe, Aubameyang melepaskan tembakan lengkung. Kali ini aksinya dihentikan Rulli. Keadaan demikian berlanjut hingga paruh kedua sehingga Arteta menyuntikan Gabriel Martinelli ke lapangan.

Harapan London Merah tidak pernah menjadi nyata. Menit 79, dari pola serangan balik, full-back Arsenal, Hector Bellerin melepaskan bola silang. Aubameyang menandjuknya, tetapi tembakannya hanya mengenai mistar gawang.

Skor akhir 0-0, Arsenal menemui jalan buntu. Ini bukan cuma membuat The Gunners gagal juara Liga Eropa. Kesempatan lolos ke penyisihan grup UCL lewat jalur pemenang UEL juga sudah pupus untuk The Gunners.

Pencetak Gol: -

ARSENAL (3-4-3): Leno; Holding, Pablo Marí, Tierney (Willian 80'); Bellerin (Nketiah 90'), Partey, Smith Rowe, Saka; Pépé, Aubameyang (Lacazette 80'), Ødegaard (Martinelli 66')

VILLARREAL (4-3-3)
: Rulli; Mario Gaspar, Albiol, Pau Torres, Pedraza (Moreno 90'); Parejo, Coquelin, Trigueros; Chuckweze (Pino 30'), Alcácer (Bacca 72'), Moreno

Baca juga artikel terkait LIGA EROPA 2021 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight