Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2019: Quartararo Ungguli Marquez

Oleh: Permadi Suntama - 15 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2019 menempatkan Fabio Quartararo sebagai pencatat waktu terbaik, mengungguli Marc Marquez, Maverick Vinales, Franco Morbidelli, dan Valentino Rossi.
tirto.id - Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha meraih catatan waktu terbaik di Kualifikasi MotoGP Catalunya 2019 yang digelar di Sirkuit Monster Energy de Catalunya, Spanyol, pada Sabtu (15/6/2019). Valentino Rossi harus puas finis di urutan kelima, sedangkan Marc Marquez tampil sebagai runner-up di bawah Quartararo.

Selain Quartararo, ada tiga pembalap Yamaha lainnya yang akan memulai balapan dari dua grid depan setelah berada di 5 besar pencetak waktu terbaik pada sesi kualifikasi, yakni Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) di urutan ketiga, Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) di posisi keempat, serta Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) di peringkat kelima.

Melakoni sesi kualifikasi dengan kondisi cedera, Quartararo tetap tampil maksimal. Pembalap asal Perancis ini berhasil membuat catatan waktu terbaik yaitu 1 menit 39,484 detik. Catatan ini berhasil mengungguli pembalap-pembalap lainnya.

Marquez dari Repsol Honda yang bersaing ketat dengan Quartararo harus puas memulai balapan dari posisi 2 setelah membuat catatan waktu 0,015 detik lebih lambat dari rivalnya itu. Jajaran 5 besar dilengkapi oleh Vinales, Morbidelli, dan Rossi.

Rider Suzuki ECSTAR, Alex Rins, yang sempat digadang-gadang akan meraih start terbaiknya musim ini di Catalunya ternyata hanya mampu finis di posisi 7 atau sama dengan capaian terbaiknya musim ini di Amerika Serikat.


Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso dari Ducati yang tampil biasa-biasa saja sejak latihan bebas pertama akan memulai balapan dari posisi 6 dan 9. Sedangkan Jorge Lorenzo (Repsol Honda) belum juga menemukan sentuhan terbaiknya musim ini dan finis di 10 besar Kualifikasi MotoGP Catalunya 2019.

Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2019:

01. Fabio Quartararo, Petronas Yamaha
02. Marc Marquez, Repsol Honda
03. Maverick Vinales, Monster Energy Yamaha
04. Franco Morbidelli, Petronas Yamaha
05. Valentino Rossi, Monster Energy Yamaha
06. Danilo Petrucci, Ducati Desmosedici GP19
07. Alex Rins, Suzuki ECSTAR
08. Cal Crutchlow, LCR Honda
09. Andrea Dovizioso, Ducati Desmosedici GP19
10. Jorge Lorenzo, Repsol Honda
11. Francesco Bagnaia, Pramac Racing
12. Jack Miller, Pramac Racing
13. Karel Abraham, Reale Avintia Racing
14. Takaki Nakagami, LCR Honda IDEMITSU
15. Aleix Espargaro, Aprilia Racing Team Gresini
16. Johann Zarco, Red Bull KTM Factory Racing
17. Tito Rabat, Reale Avintia Racing
18. Miguel Oliviera, Red Bull KTM Tech 3
19. Hafizh Syahrin, Red Bull KTM Tech 3
20. Bradley Smith, Aprilia Racing Team
21. Sylvain Guintoli, Team SUZUKI ECSTAR
22. Andrea Iannone, Aprilia Racing Team Gresini

Baca juga artikel terkait MOTOGP CATALUNYA 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Otomotif)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya