16 Besar Piala Asia 2019

Hasil Korsel vs Bahrain: Taegeuk Warriors Lolos ke Perempat Final

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Menang atas Bahrain dengan skor 2-1 melalui babak perpanjangan waktu, Korea Selatan melaju ke babak perempat final Piala Asia 2019.
tirto.id - Skor 2-1 menjadi hasil akhir pertandingan 16 besar Piala Asia 2019 antara Korsel vs Bahrain yang dihelat di Stadion Al-Rashid, Selasa (22/1/2019). Laga berjalan ketat hingga babak perpanjangan waktu. Gol dari Korsel dihasilkan oleh Hwang Hee-Chan dan Kim Jin-Su, sementara gol Bahrain tercipta atas nama Mohamed Al Romaihi.

Dengan kemenangan tersebut, Korsel berhasil lolos ke babak perempat final dan menunggu pemenang antara Qatar vs Irak yang bertanding setelah laga ini untuk menjadi lawannya di 8 besar.

Satu Gol di Babak Pertama

Hingga 30 menit laga berlangsung, Korea Selatan menguasai jalannya pertandingan. Mengandalkan serangan dari kedua sayap, Son Heung-Min dan kolega kerap memborbardir lini pertahanan Bahrain. Sementara itu, Al Ahmar tampil solid dan hanya sesekali melancarkan ancaman balasan melalui skema serangan balik.

Pada menit ke-43, Hwang Hee-Chan akhirnya memecah kebuntuan. Diawali dari pergerakan Lee Yong di sisi kiri pertahanan Bahrain, pemain asal klub Jeonbuk Hyundai Motors itu melepaskan umpan ke kotak penalti. Sempat ditepis Sayed Shubbar, bola lantas mengarah kepada Hwang Hee-Chan. Tanpa kesulitan, pemain bernomor punggung 11 itu melakukan tendangan ke gawang yang telah kosong sehingga mengubah keadaan. Skor 1-0.

Gol Hwang Hee-Chan menjadi satu-satunya yang tercipta di babak pertama karena tak lama kemudian, wasit Ryuji Sato asal Jepang meniupkan peluit. Skor 1-0.

Bahrain Samakan Kedudukan di Babak Kedua

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-56, Jung Woo-Young hampir saja menggandakan keunggulan melalui tendangan bebas andai usahanya tak digagalkan pagar betis yang membelokkan arah bola. Kesempatan itupun hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Bahrain tak tinggal diam. Pada menit ke-70, penjaga gawang Kim Seung-Gyu dipaksa terbang mengamankan gawangnya dari sepakan terarah Jamel Rashed. Bola berhasil ditepis. Skor tak berubah 1-0 untuk keunggulan Korsel.

Gol yang ditunggu-tunggu Bahrain pun akhirnya datang pada menit 77 lewat kaki Mohamed Al Romaihi. Gol berawal dari bola liar di kotak penalti, Al Romaihi yang berada tak jauh dari bola menyambarnya dengan sepakan keras. Skor 1-1.

Satu menit jelang babak kedua berakhir, Hwang Ui-Jo nyaris membobol gawang Sayed Shubbar yang telah ditinggalkannya lantaran maju untuk memotong backpass dari rekannya. Namun, bola sontekan Hwang Ui-Jo masih melebar tipis di sisi kanan. Hasil seri di babak kedua membuat pertandingan mesti berlanjut ke babak perpanjangan.

Babak Perpanjangan Waktu

Alih-alih bermain hati-hati, kedua tim justru tampil menekan di babak perpanjangan pertama. Kendati demikian, Korea Selatan mampu memanfaatkan peluang untuk kemudian menjadi gol pada menit 105(+2) melalui sundulan pemain pengganti, Kim Jin-Su. Skor 2-1.

Di babak perpanjangan kedua, Korea Selatan terlihat ingin mengamankan hasil. Sebaliknya, Bahrain beberapa kali melakukan serangan untuk kembali menyamakan kedudukan. Namun, hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhir laga, skor tetap 2-1 untuk kemenangan Son Heung-Min dan kawan-kawan.

Susunan Pemain

Korea Selatan: Kim Seung-Gyu; Kim Young-Gwon; Hong Chul; Lee Yong; Kim Min-Jae; Lee Chung-Yong; Jung Woo-Young; Hwang In-Beom; Son Heung-Min; Hwang Ui-Jo; Hwang Hee-Chan.

Pelatih: Paulo Bento

Bahrain: Sayed Shubbar; Waleed Al Hayam; Hamad Al Shamsan; Jamal Rashed; Sayed Dhiya; Abdulwahab Ali; Ali Madan; Sayed Reda Issa; Mohamed Jasim Marhoon; Mohamed Al Romaihi; Kamil Al Aswad.

Pelatih: Miroslav Soukup

Baca juga artikel terkait PIALA ASIA 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman