Hasil & Klasemen Grup K Pra-Piala Asia Usai Timnas U-23 vs Thailand

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil dan klasemen kualifikasi Piala Asia U-23 2020 Grup K menempatkan Vietnam di puncak klasemen dibuntuti oleh Thailand dengan perolehan 3 poin.
tirto.id - Kemenangan telak Thailand U-23 atas Timnas U-23 Indonesia dengan skor 4-0 membuat skuat asuhan Alexandre Gama memuncaki klasemen sementara Grup K di babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Namun, hal itu tidak berlangsung lama lantaran Vietnam U-23 mampu menundukkan Brunei Darussalam dengan skor lebih besar, yakni 6-0.

Di luar prediksi, Garuda Muda menderita kekalahan dengan skor mencolok saat bersua Thailand U-23. Catatan impresif pada pertemuan terakhir saat anak asuh Indra Sjafri mengandaskan The War Elephant di final Piala AFF U-22 seperti tak terlihat.

Dalam laga tersebut, dua gol dijaringkan Supachai Chided pada menit 51 dan dan 70. Dua gol tambahan lainnya dicetak oleh Shinnapat Leeaoh pada menit 21 dan Supachok Sarachat pada menit 75.

Meski sempat tertekan di awal-awal pertandingan, Saringkan Promsupa dan kawan-kawan berhasil keluar dari tekanan. Secara perlahan, Thailand U-23 berbalik mendominasi. Hasilnya, gol pertama tercipta lantaran lini pertahanan Garuda Muda mulai kehilangan konsentrasi.

Gol-gol lainnya tinggal menunggu waktu. Bahkan, tiga gol tambahan di babak kedua memperlihatkan bahwa dominasi Thailand tak terbendung. Gajah Putih pun meraih kemenangan perdana dan berhak bercokol di puncak klasemen Grup K.

Namun, peringkat pertama yang diraih Thailand tak bertahan lama. Pasalnya, pada laga lainnya tuan rumah Vietnam U-23 berhasil mengandaskan perlawanan Brunei Darussalam dengan skor 6-0.

Pada babak pertama, Vietnam unggul 3-0. Laga baru berlangsung sebelas menit, tuan rumah mengubah skor lewat gol yang dicetak Ha Duc Chinh melalui sundulan usai memanfaatkan crossing dari sisi kiri. Dua gol tambahan lainnya ditorehkan Nguyen Thanh Chung pada menit 24 dan Dinh Thanh Binh pada masa tambahan waktu babak pertama. Skor 3-0.

Memasuki babak kedua, skuat asuhan Park Hang-seo seolah belum puas. Tiga gol tambahan kembali dijaringkan melalui Trieu Viet Hung (60), Hynh Tan Sinh (76) dan gol pamungkas Nguyen Quang Hai di penghujung pertandingan.

Dengan hasil ini, Vietnam untuk sementara berada di posisi pertama dengan poin tiga. Perolehan poin mereka sama dengan yang diraih Thailand, akan tetapi Vietnam unggul selisih gol.

Berikut Klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Tim Main Menang SG Poin
Vietnam 1 1 +6 3
Thailand 1 1 +4 3
Indonesia 1 0 −4 0
Brunei Darussalam 1 0 −6 0


Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA ASIA U-23 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight