Hasil & Klasemen 8 Besar Liga 2 hingga 10 November 2019

Oleh: Wan Faizal - 10 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Klasemen Grup Y babak 8 besar Liga 2 2019 hingga Minggu (10/11) dipimpin oleh Persita. Sementara itu, klasemen Grup X dikuasai oleh Persiraja dan Sriwijaya FC.
tirto.id - Persiraja Banda Aceh dan Sriwijaya FC bersaing ketat di Klasemen Grup X usai laga perdana babak 8 besar Liga 2 2019. Sementara di Grup Y, yang partai pertamanya digelar pada Minggu (10/11/2019), hanya ada satu pemenang sejauh ini yakni Persita Tangerang. Secara otomatis, Pendekar Cisadane memimpin persaingan untuk sementara ini.

Grup X yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, menyajikan pertarungan yang menarik pada Sabtu (9/11). Persiraja yang berhadapan dengan Mitra Kukar berhasil menang dua gol tanpa balas atas tim asal Kalimantan Timur tersebut. Dua gol Andri Abubakar dan Husnuzhon di babak pertama sudah cukup untuk menghentikan perlawanan Tim Naga Mekes.

Bagi Mitra Kukar kekalahan atas Persija di laga pembuka babak 8 besar Liga 2 2019, mengecewakan. Apalagi jika melihat materi pemain mereka yang penuh eks Liga 1 seperti Atep, Hendra Bayauw, Arif Suyono, atau Ahmad Bustomi.

Di pertandingan lainnya Sriwijaya menang tipis 1-0 atas Persewar Waropen. Gol cepat yang dicetak oleh Ahmad Ihwan pada menit kedua sudah cukup untuk memberikan kemenangan bagi anak asuh Kas Hartadi. Sedangkan bagi Persewar, tidak ada obat untuk kekalahan ini kecuali dua laga tersisa.

“Kami kecolongan di menit-menit awal karena Viktor Pae tidak konsentrasi. Selain itu tidak ada pemain lain yang mengcover sehingga lawan mudah mencetak gol. Tapi kami sudah bermain luar biasa. Masih ada dua pertandingan lagi dan kami akan fokus kesana,” bilang pelatih Persewar yang juga eks pemain Timnas Indonesia, Elie Aiboy.

Berikut klasemen Grup X:

Tim Main Menang Selisih Gol Poin
Persiraja Banda Aceh 1 1 2 - 0 3
Sriwijaya FC 1 1 1 - 0 3
Persewar Waropen 1 0 0 - 1 0
Mitra Kukar FC 1 0 0 - 2 0


Persita Pimpin Grup Y

Di Grup Y yang digelar di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Persita Tangerang berhasil menjadi satu-satunya tim yang mendapatkan kemenangan pada laga perdana Minggu (10/11). Berhadapan dengan Martapura FC, pasukan Widodo Cahyono Putro menang dengan skor 2-3.

Martapura sebenarnya unggul lebih dahulu pada menit 13 melalui Mario Albertho Aibekob. Gol tersebut lantas bisa disamakan oleh Chandra Waskito kala laga masuk menit 28. Sebelum babak pertama usai, tim asal Kalimantan Selatan kembali unggul berkat gol dari Rahel Radiansyah.

Pada babak kedua Martapura seperti kehilangan tajinya. Persita terus melancarkan serangan gencar dan pada akhirnya mencetak dua gol kemenangan. Keputusan Widodo memainkan Redi Rusmawan di menit 66 berbuah manis karena sang pemain mengemas brace pada menit 75 dan 85.

Laga seru antara Persik Kediri vs PSMS Medan harus berakhir dengan skor 1-1. Persik unggul lebih dahulu di akhir babak pertama lewat eksekusi tendangan bebas Galih Akbar. Kemenangan yang sudah di depan mata sirna di menit 82 ketika eksekusi penalti Eki Fauji Saputra sukses menjebol gawang Persik yang dikawal Fajar Setya Jaya.

Berikut klasemen Grup Y:

Tim Main Menang Selisih Gol Poin
Persita Tangerang 1 1 3 - 2 3
Persik Kediri 1 0 1 - 1 1
PSMS Medan 1 0 1 - 1 1
Martapura FC 1 0 2 - 3 0

Baca juga artikel terkait LIGA 2 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight