Piala AFC 2019

Hasil Kaya FC vs PSM Makassar: Juku Eja Unggul di Babak Pertama

Oleh: Hendi Abdurahman - 17 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor 0-2 menjadi hasil babak pertama antara Kaya FC vs PSM Makassar di matchday keempat Piala AFC 2019 Grup H, Rabu (17/4/2019).
tirto.id - Babak pertama Kaya FC vs PSM Makassar pada matchday keempat Piala AFC 2019 yang dihelat di Stadion Panaad, Rabu (17/4/2019) berkesudahan dengan skor sementara 0-2. Dua gol Juku Eja dicetak oleh Rizky Pellu dan Eero Markkanen.

Tuan rumah menurunkan Jordan Mintah sebagai juru gedor guna membongkar lini pertahanan tim tamu yang ditopang Jovin Bedic di lini tengah. Sementara itu, lini belakang dikomandoi oleh Shirmar Felongco sekaligus sebagai pelapis Lous Casas di posisi penjaga gawang.

Sementara di lain pihak, PSM tetap mengandalkan top skor klub, Eero Markkanen di lini depan. Wiljan Pluim dan Marc Klok bahu membahu mengatur lini tengah sedangkan lini pertahanan diisi oleh Munhar dan Abdul Rahman.

Saat babak pertama berjalan 14 menit, PSM memiliki peluang melalui Eero Markkanen, akan tetapi sentuhannya di dalam kotak penalti mendapat gangguan dari para pemain belakang tuan rumah.

Empat menit kemudian, giliran Kaya FC yang memperoleh kesempatan lewat tendangan bebas Jovin Bedic. Namun, sepakan kapten tim tersebut masih berada tipis di atas mistar dan hanya menghasilkan tendangan gawang. Skor 0-0.

Gol perdana pada laga ini dibuat tim tamu pada menit 21. Mendapatkan umpan crossing Wiljan Pluim, Rizky Pellu yang tidak terkawal dapat dengan bebas menyundul bola dan berhasil mengubah keadaan. Skor 0-1 untuk keunggulan Juku Eja.

Tiga menit kemudian, PSM menggandakan keunggulan. Eero Markkanen yang mendapat bola dari lini tengah berhasil mengontrolnya untuk kemudian mendorong hingga kotak penalti. Meski mendapat gangguan dari pemain Kaya FC, Markkanen menang duel dan melepaskan tendangan yang gagal dihadang Loui Casas. Skor 0-2.

Lima menit jelang turun minum, Kaya FC menggempur lini pertahanan PSM. Beberapa kali peluang diperoleh, tapi masih fokusnya lini belakang tim tamu membuat gawang Rivky Mokodompit tetap aman. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan PSM 0-2.

Susunan Pemain

Kaya FC: Loui Casas; Shirmar Felongco; Soriano; Masanari Omura; Marwin Angeles; A. Osei; Jovin Bedic; Jordan Minta; Connor Tacagni; Darryl Roberts; Tyler Matas.

Cadangan: Villasenor; Tuason; Panhay; Amita; Pasanibo; Banzon; Simone Rota.

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Benny Wahyudi; Abdul Rahman; Munhar; Taufik Hidayat; Marc Klok; Rizky Pellu; Wiljan Pluim; M. Arfan; M. Rahmat; Eero Markkanen.

Cadangan: Hilman Syah; Bayu Gatra; Reva Adi; Rasyid Bakri; Guy Junior; Hasim Kipuw; Asnawi Mangkualam.

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus