Hasil Islandia vs Kroasia di Piala Dunia 2018 Skor Akhir 1-2

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 27 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan Islandia vs Kroasia berakhir dengan skor 1-2.
tirto.id - Pertandingan Islandia vs Kroasia dalam lanjutan Grup D Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Rusia, Rabu (27/6/2018) dini hari berkerakhir dengan skor 1-2. Dua gol Kroasia dicetak Milan Badelj dan Ivan Perisic, sedangkan gol balasan Islandia yang tek berarti banyak lahir lewat kaki Gylfi Sigurdsson.

Kroasia melakukan banyak rotasi pemain. Dari 11 nama yang dipasang pelatih Zlatko Dalic sejak menit pertama, hanya Luka Modric dan Ivan Perisic yang tampil di dua laga sebelumnya secara beruntun.

Meski tak dengan skuat inti, Kroasia tetap berupaya mendominasi sejak menit awal. Sayangnya rapatnya pertahanan Islandia membuat tak ada peluang matang tercipta hingga laga melewati 10 menit.

Peluang emas justru didapat Islandia pada menit ke-30. Dari eksekusi tendangan bebas, Aron Gunnarsson membidikkan bola ke sudut kiri atas. Si kulit bundar melaju melewati pagar hidup dan mengarah ke sasaran, namun dapat ditepis kiper Lovre Kalinic.

Kroasia berupaya menekan balik. Di menit ke-37, usai menerima umpan dari rekannya, Ivan Perisic melepaskan tendangan keras. Gol urung tercipta karena bola hasil sepakan pemain Inter Milan itu melebar saja di kanan gawang.

Islandia membuang peluang dua menit kemudian. Dari sektor kanan kotak penalti, Alfred Finnbogason menendang bola dengan keras, namun hasilnya menyamping dari target.

Di detik-detik terakhir babak pertama, kiper Kroasia melakukan penyelamatan Emas. Kalinic menepis tendangan akurat pemain Islandia dari sektor kanan kotak penalti, yang sekaligus menutup babak pertama dengan skor 0-0.

Enam menit paruh kedua berlangsung, Kroasia mengawali tekanan. Memaksimalkan ruang tembak yang ada, Milan Baldels melepaskan tendangan keras, tetapi bola hanya menerpa mistar gawang.

Dua menit kemudian, Badelj menebus kegagalannya. Berawal dari umpan silang yang sempat membentur pemain Islandia, bola liar disambar Badelj dengan tendangan voli memantul tanah yang tak kuasa dibendung kiper Hannes Thor Halldorsson. Skor menjadi 0-1.

Islandia merespons gol tersebut dengan peluang emas di menit ke-55. Memanfaatkan bola liar hasil kemelut di depan gawang, Sverrir Ingi Ingason menyundul bola, tetapi bola dapat ditepis Kalinic.

Semenit kemudian, Ingason lagi-lagi membuang peluang. Kali ini ia menanduk bola hasil umpan sepak pojok dan mengecoh Kalinic. Sayangnya, bola sekadar menerpa mistar gawang.

Tekanan Islandia berlanjut. Pada menit ke-72, umpan silang Alfred Finnbogason dituntaskan Birkir Bjarnason dengan tendangan dari sektor kanan kotak penalti. Bola kelewat lemah sehingga tak menyulitkan Kalinic.

Momentum lantas didapat Islandia ketika pemain Kroasia, Dejan Lovren melakukan handsball di kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih dan hadiah tendangan penalti didapat Islandia.

Gylfi Sigurdsson yang tampil sebagai eksekutor menuntaskan tugasnya dengan baik pada menit ke-76. Bola hasil sepakan punggawa Everton itu meluncur deras ke sudut kanan atas gawang dan memaksa Kalinic kebobolan gol di laga perdananya. Skor menjadi 1-1.

Sayangnya gol Islandia terasa sia-sia di penghujung laga. Pada injury time, gawang mereka justru kebobolan. Usai menerima umpan akurat, dari sektor kiri kotak penalti Ivan Perisic mengecoh Halldorsson dengan sepakan keras ke tiang jauh. Bola menggetarkan gawang dan menjadikan skor 1-2. Kedudukan ini bertahan hingga laga usai.



Susunan Pemain Islandia vs Kroasia

Timnas Islandia: Hannes Thor Halldorsson; Birkir Mar Saevarsson, Sverrir Ingi Ingason, Ragnar Sigurdsson, Hordur Bjorgvin Magnusson; Emil Hallfredsson, Aron Gunnarsson; Johann Berg Gudmundsson, Gylfi Sigurdsson, Birkir Bjarnason; Alfred Finnbogason.

Cadangan: Samuel Kari Fridjonsson, Kari Arnason, Frederik Schram, Ari Freyr Skulason, Bjorn Sigurdarson, Rurik Gislason, Albert Gudmundsson, Arnor Ingvi Traustason, Olafur Ingi Skulason, Runar Alex Runarsson, Holmar Orn Eyjolfsson, Jon Dadi Bodvrsson


Timnas Kroasia: Lovre Kalinic; Tin Jedvaj, Vedran Corluka, Duje Caleta-Car, Josip Pivaric; Luka Modric, Milan Badelj; Ivan Perisic, Mateo Kovacic, Marko Pjaca; Andrej Kramaric.

Cadangan: Ivan Rakitic, Domagoj Vida, Mario Mandzukic, Ivan Strinic, marcelo Brozovic, Dejan Lovren, Danijel Subasic, Ante Rebic, Dominik Livakovic, Filip Bradaric, Sime Vrasaljko.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight