Kualifikasi Piala Dunia 2022

Hasil Indonesia vs UEA & Klasemen Timnas di Kualifikasi Piala Dunia

Oleh: Fitra Firdaus - 12 Juni 2021
Dibaca Normal 2 menit
Hasil Indonesia vs UEA skor akhir 0-5, Garuda juru kunci klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G tanpa pernah meraih kemenangan.
tirto.id - Hasil pertandingan Tim nasional (Timnas) Indonesia vs UEA dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia berakhir dengan skor 0-5. Tampil di Stadion Zabeel, Dubai, Garuda takluk oleh gol bAli Mabkhout (22' dan 49' penalti), Fabio Lima (28' dan 55'), dan Sebastián Tagliabúe (86') sehingga menutup kampanye di klasemen Grup G dengan 1 seri dan 7 kalah.

Tidak ada kemenangan yang didapatkan Timnas Indonesia di ronde kedua Pra-Piala Dunia 2022 Zona Asia. Sebaliknya, Garuda total hanya mampu mencetak 5 gol dari 8 partai, sedangkan rekor kebobolan mencapai 27 kali (-22 gol).

Indonesia menjadi salah satu tim terburuk dari total 40 tim yang tampil di ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Garuda sejajar dengan Kamboja dari Grup C (1 seri dan 7 kalah), plus hanya lebih baik dari tim seperti Guam (Grup A), Taiwan (Grup B), dan Sri Lanka (Grup H) yang tidak dapat menabung angka sama sekali.

Dalam laga pemungkas kontra Uni Emirat Arab, Timnas Indonesia memasang kiper Muhammad Riyandi. Sementara itu, di lini depan, Kushedya Hari Yudo kembali masuk dalam starting XI. Garuda tertelan oleh UEA sepanjang 45 menit pertama. Apalagi sang lawan memang tampak serius memburu Vietnam di puncak Grup G.

2 gol bersarang ke gawang Indonesia sebelum turun minum. Menit 22, bermula dari upaya Khalfan Mubarak yang ditepis Riyandi, bola liar disambar oleh Ali Mabkhout yang mudah saja menjaringkannya dari jarak dekat.

Berselang 6 menit, gawang Garuda bocor lagi. Umpan jitu Mahmoud Khamis diselesaikan dengan baik oleh Fabio Lima. Dalam kondisi tertinggal, Indonesia sebenarnya punya kans untuk menarik kembali arus permainan. Ini terjadi setelah Walid Abbas didakwa wasit melakukan hand ball di kotak terlarang.

Namun, penalti yang dieksekusi Evan Dimas ke sudut bawah gawang UEA bisa dihalau oleh Ali Khaseif. UEA bisa mempertahankan skor 0-2 hingga turun minum, lantas merobek gawang Garuda 2 kali lagi pada sisa pertandingan.

Usai babak kedua berjalan 4 menit, penyerang andalan UEA Ali Mabkhout menuntaskan hadiah penalti yang diberikan wasit Mohammed Al Hoaish. Belum juga barisan belakang Garuda berbenah, memanfaatkan umpan silang, Fabio Lima (55') memperbesar selisih.

Dengan skor yang sudah 4 gol, permainan kedua tim justru semakin terbuka. Riyandi dan Ali Khaseif sama-sama mengalami beberapa ancaman. Nyatanya, masih ada satu gol lagi yang dibukukan Uni Emirat Arab, melalui Sebastián Tagliabúe yang masuk mengggantikan Ali Mabkhout.

Skor akhir 0-5, Indonesia mengakhiri kampanye mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan kekalahan telak, sekaligus tanpa kemenangan di Grup G.


Pencetak Gol: Ali Mabkhout 22' dan 49' penalti, Fabio Lima 28' dan 55', Sebastián Tagliabúe 86'

Indonesia: Muhammad Riyandi; Pratama Arhan, Rizky Ridho (Didik Wahyu 84'), Rachmat Irianto, Arif Satria (Syahrian Abimanyu 62'), Asnawi Mangkualam, Evan Dimas (Muhammad Rafli 75'), I Kadek Agung, Adam Alis, Osvaldo Haay (Witan Sulaeman 46'), Kushedya Hari Yudo

Uni Emirat Arab: Ali Khaseif; Bandar Al Ahbabi, Walid Abbas (Hasan Almuharrami 81'), Shaheen Abdulrahman (Khalifa Alhammadi 70'), Mahmoud Khamis, Abdalla Ramdan (Majed Hassan 62'), Ali Salmin, Khalfan Mubarak, Fabio Lima, Caio Caneda (Mohammad Juma Eid 62'), Ali Mabkhout (Sebastián Tagliabúe 86')


Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Terbaru Hari Ini


Bagi UEA, kemenangan atas Indonesia penting untuk menjaga persaingan dengan Vietnam yang di laga lain pada Sabtu (12/6/2021) memang 1-2 kontra Malaysia. Kini, UEA memiliki 15 angka dari 7 laga, atau hanya 2 poin di belakang Vietnam (17 poin)

Di sisi lain, Malaysia gagal mengambil jarak dari Thailand yang pada matchday kali ini tidak berlaga. Saat ini, Harimau Malaya punya 9 angka, sejajar dengan Gajah Perang. Otomatis, keduanya tidak dapat memperebutkan tiket lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Berikut ini klasemen Grup G Pra-Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Tim Main Menang SG Poin
Vietnam 7 5 +9 17
UEA 7 5 +15 15
Thailand 7 2 +1 9
Malaysia 7 3 −3 9
Indonesia 8 0 −22 1

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight