Hasil Indonesia vs Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-19 Skor 1-4

Oleh: Agung DH, Agung DH - 6 November 2017
Dibaca Normal 1 menit
Timnas Indonesia U-19 menuai hasil negatif di laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-19 Grup F, usai dikalahkan Malaysia 1-4.
tirto.id - Timnas Indonesia U-19 menuai hasil negatif dalam laga terakhir usai dikalahkan Malaysia dengan skor 1-4 di babak penyisihan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Paju, Korsel, Senin (6/11/2017). Kendati kalah dan berada di peringkat ketiga klasemen, Indonesia tetap lolos ke putaran final Piala Asia U-19 pada Oktober 2018 sebagai tuan rumah.

Dalam laga kali ini, pelatih Indra Sjafri tidak memasukkan Egy di babak pertama, untuk mengukur permainan para pemain Timnas U-19. Sebaliknya Malaysia yang mengejar poin langsung menggebrak. Di awal babak pertama Malaysia melalui Muhammad Hadi bahkan sudah mencetak gol dari titik penalti di menit ke-7. Penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran yang dilakukan kiper Timnas U-19 Gianluca Rossy di area terlarang.

Indonesia mencoba bangkit menyamakan kedudukan. Satu peluang di menit ke-10 nyaris menyamakan kedudukan. Namun tendangan Saghara masih melenceng dari gawang. Firza Andika juga berkesempatan membobol gawang Malaysia di menit ke-16. Sayang bola hasil sepakan keras Firza masih melenceng di kiri gawang Malaysia.

Sampai menit ke-20, Timnas U-19 terus berusaha membongkar pertahanan Malaysia. Witan yang melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti masih membentur pemain belakang Malaysia.

25 sisa waktu efektif berusaha dimaksimalkan para pemain Timnas untuk menekan Malaysia. Beberapa pergerakan Indonesia menciptakan beberapa peluang namun belum berhasil menyamakan kedudukan.

Justru Malaysia mampu menambah skor menjadi 0-2 melalui skema serangan balik cepat di menit ke-34. Akhyar sukses memanfaatkan umpan dari tengah di saat para pemain belakang Indonesia turut melakukan serangan. Ia mengontrol bola dan langsung melepaskan tendangan keras. Bola melewati Rossy.

Indonesia mencoba bangkit. Usaha ini sukses ketika M Iqbal melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Bola gagal ditepis kiper Malaysia. Bola muntahan langsung disambar Saghara dan akhirnya gol. Skor 1-2 di menit ke-42 sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia kembali kebobolan di menit ke-47. Satu sundulan pemain Malaysia Pillay Asokan usai menerima umpan sepak pojok mengubah kedudukan menjadi 1-3.

Malaysia kembali mendapatkan kesempatan mencetak gol dari titik penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Muhammad Luthfi Kamal. Peluang itu akhirnya sukses dikonversi menjadi gol. 1-4 untuk sementara Indonesia tertinggal di menit ke-51.

Egy yang dimasukkan di babak kedua belum mampu menambah daya gedor Timnas U-19 sampai dengan menit ke-55. Para pemain Malaysia yang terus menjepitnya, menyulitkan Egy untuk melakukan serangan. Sampai dengan menit ke-60 belum ada peluang berbahaya dari Timnas U-19.

Indonesia baru menciptakan peluang berbahaya lagi melalui Firza di menit ke-70. Tendangan kerasnya masih bisa ditepis kiper Malaysia. Egy juga mendapatkan peluang serupa di menit ke-75, namun lagi-lagi masih belum mampu menambah gol.

Sampai peluit panjang babak kedua ditiup wasit, Indonesia gagal menambah gol. 1-4 untuk kemenangan Malaysia.

Pada laga terakhir, Malaysia akan bertemu Korea Selatan pada 8 November untuk memperebutkan posisi puncak klasemen Grup F.

Baca juga: Klasemen Terbaru Grup F Kualifikasi Piala AFF U-19 per 6 November

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA ASIA U-19 atau tulisan menarik lainnya Agung DH & Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Agung DH & Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight