Hasil Indonesia Masters 2019: Jonatan Cristie Lolos ke Semifinal

Oleh: Oryza Aditama - 25 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tunggal putra Jonatan Christie melaju ke babak semifinal (4 besar) turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2019, selepas tundukkan unggulan ke-8 asal India, Kidambi Srikanth.
tirto.id - Jonatan Christie mampu mempertahankan performa menawan para wakil tuan rumah di court-1 Istora Senayan, Jakarta hari ini, Jumat (25/1/2019). Butuh waktu 48 menit bagi tunggal putra peringkat 12 dunia tersebut untuk mengakhiri perlawanan unggulan ke-8 asal India, Kidambi Srikanth, demi satu tiket ke babak semifinal Indonesia Masters 2019.

Awal gim pertama, pertarungan berlangsung ketat. Namun jelang interval Jonatan mampu mendulang beberapa poin beruntun, hingga membuatnya sedikit menjauh dari kejaran poin Kidambi. Masa interval, jagoan tuan rumah unggul 11-7.

Selepas jeda, Kidambi yang kini bercokol di peringkat 8 dunia itu mulai bangkit. Sedikit demi sedikit, pemain 25 tahun tersebut mulai mengejar perolehan poin Jonatan. Poin sempat berimbang di angka 15-15, bahkan tunggal India mampu balik memimpin 15-18.

Akan tetapi Jonatan yang didukung penuh suporter tuan rumah sebagaimana saat ia memenangi medali emas Asian Games 2018 tak lantas tinggal diam. Lewat sebuah momentum yang tepat, pemain 21 tahun itu mampu mendulang lima poin berturut-turut untuk mengakhiri gim pertama dengan kemenangan 21-18.

Gim kedua dibuka dengan mulus oleh Jonatan. Ia meraup enam poin beruntun untuk leading 6-0. Jeda interval pun dikuasai Jonatan lewat keunggulan 11-4. Sebenarnya Jonatan mampu memimpin perolehan angka, namun saat memasuki periode poin kritis Kidambi sanggup menipiskan ketertinggalannya menjadi 17-15. Pemain India ini bahkan mampu menyamakan kedudukan di angka 19-19.

Namun performa jagoan tuan rumah yang terlihat mulai kedodoran saat masuk periode krusial, ternyata tak sanggup dimanfaatkan dengan baik oleh wakil India. Jonatan pun sukses menutup set kedua lewat kemenangan tipis 21-19.

Dengan demikian Jonatan pun sukses menyusul dua wakil tuan rumah lainnya yang telah memastikan diri masuk ke babak 4 besar. Masing-masing dari sektor ganda putri lewat aksi Greysia/Apriyani, dan ganda campuran oleh pasangan Tontowi/Liliyana.



Di babak semifinal yang bakal digelar besok, Sabtu (26/1/2019), Jonatan Christie telah ditunggu pemain ranking 20 dunia asal Denmark, Anders Antonsen. Dalam pertarungan di court-3 yang baru berakhir, Antonsen mampu menundukkan wakil Malaysia, Lee Zii Jia, dua set langsung dengan skor identik 21-13, 21-13.

Baca juga artikel terkait INDONESIA MASTERS 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Oryza Aditama
Editor: Agung DH
DarkLight