Hasil Hitung Cepat Pilpres 2019 Versi Cyrus Network, Siapa Unggul?

Oleh: Agung DH - 17 April 2019
Hasil hitung cepat perolehan suara Jokowi dan Prabowo bisa diketahui melalui survei Cyrus Network.
tirto.id - Lembaga survei Cyrus Network bekerja sama dengan Tirto.id menayangkan hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019 pada hari ini Rabu, 17 April.

Cyrus Network adalah lembaga survei yang telah lolos verifikasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan hitung cepat persentase suara kedua pasangan calon Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. KPU menilai Cyrus Network punya kredibilitas untuk melakukan hitung cepat persentase suara kedua kandidat.

Sebelum pelaksanaan Pilpres, hasil survei Cyrus Network pada periode 18 hingga 23 Januari 2019 menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 55,2 persen, sedangkan, Prabowo-Sandi sebesar 36 persen.

Survei nasional yang dilakukan Cyrus Network pada periode 27 Maret - 2 April 2019 terhadap 1.230 responden juga menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin masih unggul dibandingkan dengan Prabowo-Sandiaga, meski ada penurunan elaktabilitas terhadap kedua pasangan calon.

Menurut survei Cyrus, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf pada periode tersebut sebesar 38,1 persen, sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 3,2 persen dan belum memutuskan pilihan, 0,7 persen tak memilih dan 1,6 persen tidak menjawab.

Sementara hasil survei terbaru menjelang pelaksanaan Pilpres, periode 27 Maret hingga 2 April 2019, Cyrus Network mencatat elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 56,4% dan Prabowo-Sandiaga 38,1%.

Bagaimana dengan hasil Pilpres 2019? Berikut data hasil quick count yang dilakukan oleh Cyrus Network:



Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Politik)


Penulis: Agung DH
Editor: Maya Saputri