Hasil 8 Besar AFC Futsal 2022

Hasil Futsal Indonesia vs Jepang Skor 2-3, Gugur di 8 Besar AFC

Penulis: Fitra Firdaus, tirto.id - 4 Okt 2022 19:52 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Hasil Futsal Indonesia vs Jepang skor akhir 2-3, Timnas Futsal Indonesia gugur di 8 besar AFC Futsal Championship 2022 meski unggul lebih dulu.
tirto.id - Hasil Futsal Timnas Indonesia vs Jepang skor akhir 2-3 memastikan Garuda gugur di 8 besar AFC Futsal Championship 2022. Perjuangan gigih tim asuhan Mohammad Hashemzadeh pada Selasa (4/10/2022) di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City dihentikan oleh Samurai Five meski sudah unggul lebih dahulu lewat Samuel Eko.

Meskipun kalah dari Jepang, penampilan Timnas Futsal Indonesia layak diacungi jempol. Bukan cuma karena semangat tempur mereka selama 40 menit. Tetapi juga karena sikap fair play Syauqi Saud yang memilih untuk tidak menembak, membuang peluang emas ketika ada pemain Jepang yang tergeletak di lapangan karena cedera, ketika kedudukan 1-2.

Selain itu, Timnas Indonesia sempat mencetak gol ketiga dalam posisi tertinggal 2-3. Namun, gol itu tidak disahkan wasit karena detik laga sudah berakhir.

Timnas Futsal Indonesia yang mencetak sejarah untuk pertama kalinya tampil di fase gugur Piala Asia Futsal, harus menghadapi Jepang yang sudah meraih 3 gelar juara AFC sepanjang sejarah. Kedua tim sebenarnya memiliki perbedaan mencolok dalam ranking futsal versi Futsalworldranking.com. Garuda ada di posisi 38 dunia (1.124 poin), sedangkan Jepang di posisi 17 (1.323 poin).

Untuk starting 5 Timnas Indonesia vs Jepang, Hashemzadeh menurunkan Nizar Nayaruddin di posisi penjaga gawang. Sementara itu, M. Iqbal, Dewa Rizki, Firman Adriansyah, dan Samuel Eko diletakkan untuk bertempur dengan kekuatan Samurai Five.

Sebaliknya, pelatih Jepang, Kenichiro Kogure memasang kiper gaek Higor Pires (42 tahun). Ia dibantu oleh Oliveira Arthur (32 tahun) yang kaya pengalaman. Ini ditambah Soma Mizutani, Tomoki Yoshikawa, dan Massanori Antonio.

Sepanjang babak pertama, kedua tim gigih untuk mencari peluang. Namun, rapatnya pertahanan membuat skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Indonesia punya kesempatan melalui Firman Adriansyah dan Samuel Eko. Hanya, Higor Pires tampil luar biasa untuk membendung setiap tembakan.

Di sisi lain, Jepang juga harus menyaksikan ketangkasan Nizar Nayaruddin dalam menjaga gawang. Bahkan ada momentum ketika Higor Pires melakukan overlap, lantas mengirim tembakan yang masih bisa dijinakkan Nizar.

Awal babak kedua, Indonesia menciptakan kejutan besar. Bermula dari kesalahan umpan lawan, Samuel Eko menyerobot bola. Tembakan kencangnya tidak dapat dihentikan Pires. Skor 1-0 untuk Garuda.

Tersengat oleh gol itu, Jepang menurunkan kembali Vinicius Crepaldi. Menit 24, Oliveira Arthur mengirim tembakan jarak jauh yang masih bisa dibendung Nizar. Berikutnya, Sora Kanazawa yang merangsek masuk ke wilayah Garuda melakukan diving atas tackle bersih M. Iqbal. Hasilnya, sang nomor 7 Jepang mendapatkan kartu kuning.

Indonesia juga tidak mau menyerah. Memanfaatkan serangan balik, Iqbal melepaskan tembakan yang masih bisa diblok Kentaro Ishida.

Menit 30, umpan kilat Jepang sebenarnya berbuah peluang untuk Tomoki Yoshikawa. Namun, sang pemain Nagoya Oceans yang sudah seorang diri tanpa pengawalan, justru mengirim tendangan yang melebar dari gawang Indonesia.

Upaya pantang menyerah Jepang pada akhirnya berbuah dengan 2 gol balasan yang serba kilat. Sora Kanazawa melepaskan tembakan datar, sedangkan pandangan Nizar terhalang oleh pergerakan Kazuya Shimizu. Bola bergulir ke gawang Garuda tanpa bisa dicegah lagi.

Ketika Garuda masih terpukul oleh gol balasan yang membuat skor 1-1 itu, Jepang mendapatkan momentum. Soma Mizutani mencetak gol yang membalikkan keadaan dengan tendangan ke sudut atas gawang Nizar.

Dalam keadaan tertinggal, Indonesia sebenarnya punya peluang besar ketika Syauqi tinggal berhadapan dengan Pires. Namun, Syauqi memilih membuang bola fair play, melihat Kentaro Ishida tergeletak di lapangan karena cedera.

Dalam sisa pertandingan, Indonesia masih terus menciptakan peluang, melalui Nizar Nayaruddin. Ketika laga menyisakan 2 menit, dan Garuda melakukan power play, ini dimanfaatkan oleh Jepang. Higor Pires sang kiper mencetak gol jarak jauh ke gawang Garuda yang tanpa pengawalan.

Masih ada harapan bagi Indonesia ketika 7 detik tersisa, Dewa Rizki membobol gawang Jepang. Dalam keadaan demikian, sebenarnya Garuda bisa mencetak satu gol lagi, tetapi itu terjadi ketika waktu sudah habis.

Skor akhir 2-3, Timnas Indonesia harus tumbang di 8 besar Piala Asia Futsal 2022.

Dalam pertandingan 8 besar AFC Futsal Championship 2022 lain yang digelar lebih awal pada Selasa (4/10), wakil ASEAN lain, Vietnam gugur kala jumpa Iran. The Golden Star Warriors dihancurkan 1-8 oleh sang juara Asia 12 kali.

Pencetak Gol: Samuel Eko, Dewa Rizki (Indonesia)/ Sora Kanazawa, Soma Mizutani, Higor Pires (Jepang)

Hasil 8 Besar AFC Futsal 2022 Hari Ini


Berikut ini hasil pertandingan babak 8 besar AFC Futsal Championship 2022 pada Selasa (4/10).

Iran vs Vietnam Skor 8-1

Indonesia vs Jepang 2-3

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight