Hasil Final SEA Games Babak 1: Indonesia vs Vietnam U23 Skor 0-1

Oleh: Beni Jo - 10 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil babak pertama Timnas U23 Indonesia vs Vietnam dalam laga final SEA Games 2019 yang digelar Selasa (10/12/2019) di Stadion Rizal Memorial, Manila, tuntas dengan skor sementara 0-1.
tirto.id - Hasil babak pertama Timnas U23 Indonesia vs Vietnam dalam laga final SEA Games 2019 yang digelar Selasa (10/12/2019) di Stadion Rizal Memorial, Manila, tuntas dengan skor sementara 0-1. Gol tunggal Vietnam dihasilkan pada menit ke-38 melalui sundulan Doan Van Hau memanfaatkan bola tendangan bebas.

Tampil pada pertandingan puncak, Indra Sjafri melakukan dua perubahan dalam daftar line-up utama pemainnya. Posisi Syahrian Abimanyu ditempati oleh Sani Rizky. Sedangkan Egy Maulana Vikri yang tidak tampil sebagai starter, digantikan Witan Sulaiman.

Untuk kiper, Nadeo Arga Winata tetap mengawal mistar gawang Indonesia. Di depannya, terdapat duet bek sentral Andy Setyo Nugroho dan Bagas Adi Nugroho dengan dukungan wing back yang dihuni oleh Firza Andika serta Asnawi Mangkualam Bahar.

Pada sektor gelandang, Garuda Muda kembali mengandalkan Zulfiandi dan Evan Dimas Darmono yang ditemani oleh Sani Rizky. Di depan terdapat Osvaldo Ardiles Haay yang mendapat sokongan sayap dari Witan Sulaiman serta Saddil Ramdani.

Indonesia langsung mengancam pada awal babak pertama menit kelima. Osvaldo Haay dijatuhnya di luar kotak penalti hingga wasit menghadiahi tendangan bebas. Eksekusi yang dilepaskan oleh Zulfiandi pun berhasil menembus pagar betis pemain Vietnam. Namun, kiper Nguyen Van Toan masih bisa menepis bola.

Sementara peluang pertama Vietnam datang pada menit ke-10. Berhasil menerobos pertahanan Indonesia hingga memasuki area penalti, Ha Duc Chinh mampu melepaskan tendangan. Andy Setyo Nugroho tampil sigap dengan langsung menghalau bola keluar lapangan.

Lima menit berselang, Ha Duc Chinh kembali mengancam gawang Indonesia. Pemain dengan nomor punggung 9 ini melepaskan tendangan voli dari dekat kotak penalti. Bola pun masih menyamping ke sisi kanan mistar gawang kawalan Nadeo Arga Winata.

Memasuki menit ke-30, Indonesia sempat menciptakan peluang. Dari tendnagan bebas, bola dikirim langsung ke area penalti. Akan tetapi Andy Setyo yang sudah berada di mulut gawang gagal menyambut bola.

Vietnam akhirnya mampu membobol gawang timnas pada menit ke-38. Dari eksekusi tendangn bebas, bola berhasil disundul oleh Doan Van Hau hingga gawang yang dijaga oleh Nadeo terkoyak. Skor berubah 0-1.

Hingga babak pertama berakhir, skor sementara 0-1 masih bertahan dan kedua tim memasuki waktu istirahat. Sebelumnya, Evan Dimas ditarik keluar karena cedera dan digantikan oleh Syahrian Abimanyu.

Pencetak gol: Doan Van Hau 38' (Vietnam)

Daftar Susunan Pemain

Indonesia U23 (4-3-3): Nadeo Arga Winata; Firza Andika, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam Bahar; Zulfiandi, Sani Rizky, Evan Dimas Darmono; Witan Sulaiman, Saddil Ramdani, Osvaldo Ardiles Haay.

Vietnam U23 (4-4-2): Nguyen Van Toan; Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau, Nguyen Duc Chien; Nguyen Thanh Chung, Nguyen Troang Hoang, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc; Nguyen Tien Linh, Ha Duc Chinh.

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight