Hasil Final Badminton SEA Games 2019 Tim Putri Indonesia Raih Perak

Oleh: Oryza Aditama - 3 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil final badminton putri SEA Games 2019: Indonesia menyabet medali perak usai kalah atas Thailand 1-3, Selasa (3/12).
tirto.id - Tim Indonesia harus puas mengantongi medali perak SEA Games 2019 usai takluk di laga final badminton beregu putri dari juara bertahan Thailand. Melakoni pertarungan di Mutinlupa Sports Complex, Filipina, Selasa (3/12/2019), skuad Merah Putih menyerah 1-3.

Indonesia mengawali laga dengan kekalahan. Gregoria Mariska Tunjung yang turun sebagai tunggal pertama, tak mampu menandingi ketangguhan pemain andalan Thailand, Ratchanok Intanon.

Bertarung selama 55 menit, Gregoria takluk rubber game 13-21, 21-12, dan 14-21. Bahkan di akhir laga, atlet 20 tahun itu harus ditandu akibat cedera.

“Saya lihat Gregoria mainnya sudah normal dan benar, tapi masih terlalu hati-hati. Cuma memang lawannya lebih berpengalaman. Lawan mengubah pola sedikit, Gregoria agak kurang siap. Memang untuk lawan Ratchanok ini harus fokus dan kalau lawan bisa baca pola, harus bisa diantisipasi dengan cepat,” terang pelatih tunggal putri, Rionny Mainaky, dikutip dari laman PBSI, Selasa (3/12).

“Dia tadi mau ambil bola silang, terus licin lapangannya. Jadi kaki kirinya kena dan jatuh. Kondisi sementara belum tahu separah apa,” imbuh Rionny.


Indonesia berhasil menyamakan kedudukan 1-1 berkat kemenangan ganda putri Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu atas pasangan Rawinda Prajongjai/Puttita Supajirakul. Ketut/Apriyani menang straight game dalam durasi 48 menit.

“Senang sekali bisa menang, bersyukur. Bisa menyumbangkan poin untuk Indonesia rasanya luar biasa. Karena akhir-akhir ini performa saya menurun, tapi saya dikasih kesempatan untuk main dan bisa membuktikannya,” ungkap Ketut.

Namun, tim Merah Putih kembali tertinggal 1-2 usai tunggal kedua Fitriani menelan kekalahan dari pemain Thailand, Busanan Ongbamrungphan. Fitriani takluk dua set langsung dengan skor telak 8-21 dan 10-21.

Kemenangan Thailand ditentukan pada partai keempat saat ganda putri kedua mereka Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong berhasil menekuk Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto lewat pertarungan straight game.

Dengan demikian, tim putri Indonesia gagal melakukan revans atas kekalahan di final SEA Games 2011 silam. Kala itu skuad Merah Putih juga kalah 1-3 dari Thailand.

Berikut hasil lengkap final badminton beregu putri SEA Games 2019, antara Indonesia melawan Thailand.

INDONESIA vs THAILAND

  • [Tunggal Putri-1] Gregoria Mariska Tunjung vs Ratchanok Intanon / 13-21, 21-12, 14-21.
  • [Ganda Putri-1] Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu vs Rawinda Prajongjai/Puttita Supajirakul / 21-17, 21-18.
  • [Tunggal Putri-2] Fitriani vs Busanan Ongbamrungphan / 8-21, 10-21.
  • [Ganda Putri-2] Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong / 8-21, 17-21.
  • [Tunggal Putri-3] Ruselli Hartawan vs Pornpawee Chochuwong / -tidak dipertandingkan-

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight