Hasil FC Porto vs Liverpool di Liga Champions Skor Akhir 0-5

Hasil FC Porto vs Liverpool di Liga Champions Skor Akhir 0-5
Pemain Liverpool Mohamed Salah merayakan gol. FOTO/REUTERS
Reporter: Agung DH
15 Februari, 2018 dibaca normal 1:30 menit
Liverpool pesta gol ke gawang FC Porto dalam laga babak 16 besar leg pertama Liga Champions 2017/2018, Kamis dini hari tadi. 
tirto.id - Hasil laga FC Porto vs Liverpool dalam babak 16 besar leg pertama Liga Champions di Stadion Dragao, Kamis (15/2/2018) dini hari WIB berakhir dengan skor 0-5. Pesta gol ini meringankan langkah Liverpool pada leg kedua nanti (7/3) di Anflied. Jika menuai hasil seri pun, The Reds dipastikan lolos ke babak 8 besar Liga Champions.

Liverpool di atas angin pada laga Kamis dini hari tadi. Sejak awal babak pertama Liverpool sudah memberikan tekanan ke pertahanan Porto. Sebuah peluang dihasilkan Robertson pada menit ke-12. Pemain belakang Liverpool itu mendapatkan ruang tembak, tapi sepakannya masih melambung di atas mistar gawang Porto.

Liverpool akhirnya unggul lebih awal pada menit ke-24. Gol berawal dari tendangan Sadio Mane yang memanfaatkan bola liar di kotak penalti. Kiper Jose Sa sempat menepis, tapi bola tetap bergulir melewati garis gawang.

Selang empat menit kemudian, gantian Mohammed Salah yang membobol gawang Porto. Salah yang berada di kotak penalti memanfaatkan bola pantulan hasil tendangan Milner yang membentur tiang gawang. Dengan dua kali kontrol, Salah memanfaatkan bola liar itu menjadi gol.

Soares nyaris memperkecil ketertinggalan pada menit ke-43. Umpan dari Brahimi ia selesaikan dengan sepakan keras, tapi bola meluncur di samping gawang Liverpool. Skor tetap 0-2. Keunggulan Liverpool ini bertahan sampai babak pertama berakhir.

Tertinggal dua gol, Porto keluar menyerang. Tim asal Portugal ini bisa mendominasi laga selama 8 menit awal babak kedua. Tapi justru Liverpool yang mampu membuat tambahan gol pada menit ke-53 melalui Mane. Mane mencetak gol keduanya di laga ini setelah mendapatkan bola muntah dari tendangan Firmino yang ditepis Jose Sa.

Pesta gol Liverpool berlanjut pada menit ke-69. Sebuah skema serangan balik Liverpool berbuah gol ke-4. Gol dimulai dari umpan Mane kepada Milner yang berlari di kotak penalti. Milner menerima bola itu dan membuat umpan tarik kepada Firmino. Dengan satu sepakan terukur, Firmino mengarahkan bola ke sudut gawang Porto.

Tertinggal empat gol, upaya memperkecil kedudukan dari Porto masih mengalami kebuntuan. Pada menit ke-71 Herrera berhasil memberi umpan ke Soares di kotak penalti, tapi tendangannya masih bisa ditepis Karius.

Justru Mane yang mencetak hattrick pada menit ke85. Mendapatkan ruang tembak di depan kotak penalti, Mane melepaskan sepakan terukur ke sudut kiri gawang Jose Sa. Liverpool unggul lima gol. 

Susunan Pemain
FC Porto
Jose Sa; Ricardo, Reyes, Marcano, Alex Telles, Herrera, Sérgio Oliveira, Otávio, Brahimi, Marega e Soares.

Cadangan:
Casillas, Maxi Pereira, Osorio, Óliver, Corona, Waris e Gonçalo Paciência

Liverpool
Karius, Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson, Henderson, Milner, Wijnaldum, Mo Salah, Mane, Firmino

Cadangan: Mignolet, Matip, Moreno, Gomez, Lallana, Oxlade-Chamberlain, Ings.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - agu/agu)

Keyword