La Liga Spanyol

Hasil Betis vs Madrid Skor 1-2, Ceballos Bobol Gawang Mantan Klub

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dani Ceballos menjadi kunci hasil Real Betis vs Real Madrid yang ditutup dengan skor akhir 1-2 di Liga Spanyol pada Senin (14/1/2019).
tirto.id - Gol Dani Ceballos membuat Real Madrid memetik kemenangan 1-2 atas Real Betis dalam laga La Liga Spanyol 2018/2019 pekan ke-19 pada Senin (14/1/2019). Sempat unggul lebih dulu via gol Luka Modric, kemudian dibobol mantan pemain Sergio Canales, tim tamu di Stadion Benito Villamarin mengamankan tiga poin berkat aksi Ceballos yang mantan penggawa Betis.

Upaya Real Madrid untuk menembus zona Liga Champions sukses pekan ini. Pasukan Santiago Solari memanfaatkan situasi ketika Deportivo Alaves, tim peringkat keempat, hanya bermain imbang 1-1 kontra Girona. Kini, Madrid yang memiliki 33 poin, unggul 1 angka di atas Alaves.

Los Blancos turun dengan formasi 3-5-2. Sergio Reguilon dan Dani Carvajal diletakkan di kedua sisi sayap, sementara tiga bek tengah mengisi lini belakang. Taktik ini berpengaruh besar untuk menghambat jumlah tembakan Real Betis, tim yang setia dengan pola 4-3-3.

Madrid bahkan berhasil unggul lebih dahulu pada menit ke-13. Bermula dari tembakan Dani Carvajal, bola memantul ke arah Luka Modric yang ada di luar kotak penalti. Tembakan kaki kirinya menjebol gawang Pau Lopez.

Wasit sempat mengecek sah atau tidaknya gol itu dengan bantuan VAR terkait posisi Karim Benzema, namun akhirnya gol tadi membawa Los Blancos memimpin 0-1 hingga jeda. Real Betis unggul penguasaan bola cukup jauh, tetapi tidak cukup kreatif untuk membongkar pertahanan lawan.

Real Madrid mengganti Benzema dengan Cristo Gonzalez pada awal babak kedua karena sang penyerang utama cedera. Sementara, pelatih Betis, Quique Setien bertahan dengan formasinya. Betis lagi-lagi unggul dalam penguasaan bola, tetapi baru menuai hasil pada menit ke-68.

Umpan jitu Giovani Lo Celso didorong masuk gawang Keylor Navas oleh Sergio Canales, yang berlari di belakang bek-bek Madrid. Wasit sempat tidak mengesahkan gol ini, tetapi kemudian dengan bantuan VAR, kedudukan berubah menjadi 1-1.

Real Madrid tampak tersendat, dan Solari memasukkan Dani Ceballos serta Brahim Diaz untuk menguasai situasi. Setelah tembakan Cristian Tello melenceng jauh pada menit ke-85, Madrid memukul tuan rumah dengan bola mati.

Tendangan bebas Dani Ceballos yang melengkung, menjebol gawang mantan klubnya pada menit ke-88. Betis tidak memiliki kesempatan emas lagi untuk mengejar ketertinggalan.

Meski tuan rumah berdasarkan data Goal unggul ball possessions hingga 74 persen berbanding 26 persen, tembakan tepat sasaran mereka hanya 2 berbanding 5 dengan Madrid yang lebih suka bermain pragmatis Senin dini hari.



Pencetak Gol: Sergio Canales 67 (Real Betis) | Luka Modric 13, Dani Ceballos 88 (Real Madrid)

REAL BETIS (4-3-3): Pau Lopez; Antonio Barragan, Aissa Mandi, Marc Bartra, Francis ( Cristian Tello 67); Giovani Lo Celso, William Carvalho, Andres Guardado; Joaquin, Antonio Sanabria, Sergio Canales.

cadangan: Sergio Leon, Loren Moron, Zouhair Feddal, Joel Robles, Ryad Boudebouz, Javi Garcia.

REAL MADRID (3-5-2): Keylor Navas; Raphael Varane, Sergio Ramos, Nacho; Daniel Carvajal, Luka Modric, Casemiro, Federico Valverde, Sergio Reguilon (Dani Ceballos 74); Vinicius Junior, Karim Benzema (Cristo Gonzalez 46)

cadangan: Alvaro Odriozola, Marcelo, Brahim Diaz, Isco, Kiko Casilla.

Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus