Hasil BATE vs Chelsea di Liga Eropa: Giroud Bawa Si Biru Lolos

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 9 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan Liga Eropa antara Bate vs Chelsea berakhir dengan skor 0-1.
tirto.id - Pertandingan BATE vs Chelsea dalam laga lanjutan Liga Eropa di Borisov Arena, Jumat (9/11/2018) dini hari waktu Indonesia berakhir dengan skor 0-1. Gol kemenangan Chelsea dalam laga ini dicetak Olivier Giroud.

Hasil ini membuat Chelsea dipastikan melangkah ke 32 besar. Mengemas 12 poin dari tiga laga, mereka tak mungkin lagi terkejar dua klub sekaligus.

Berbeda dari laga sebelumnya, kali ini Chelsea tampil dengan sejumlah pemain bintangnya. Dengan formasi 4-3-3, pelatih Maurizio Sarri mengandalkan Eden Hazard dan Pedro untuk membantu tugas Olivier Giroud. Jorginho bahkan turut bermain di lapangan tengah, didampingi Ross Barkley. Sementara itu duet lini belakang yang menutup gawang Kepa Arrizabalaga adalah Christensen dan Garry Cahill.

Sementara itu, BATE Borisov yang bertekad membalas kekalahan pada pertemuan sebelumnya mengandalkan formasi yang sama. Lini tengah dikomandoi Hleb, sementara trisula Skavysh-Signevic-Stasevich jadi andalan pelatih Alyaksey Baha pada sektor penyerangan.

Laga belum genap dua menit saat bola liar hasil antisipasi tak sempurna bek Chelsea mengarah kepada Maksim Skavysh. Memaksimalkan ruang tembak yang ada, Skavysh membidikkan bola dengan tendangan keras yang sayangnya belum mengarah akurat.

Tekanan tuan rumah berlanjut pada menit 12, saat tembakan spekulasi Dmitri Baga dari luar kotak penalti hampir berujung gol. Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga tak berkutik, namun bola hanya menerpa tiang bagian kiri. Gol urung tercipta.

Chelsea yang berada dalam posisi diunggulkan sebelum laga baru bisa mengancam pada menit 18. Olivier Giroud mendulang peluang perdana. Usai menerima umpan jarak jauh yang dikirimkan Jorginho, pemain asal Prancis itu melepaskan tendangan, namun hasilnya masih dapat diblok lawan.

Pelan tapi pasti, Chelsea yang terkesan panas di awal mulai dapat mengimbangi BATE dengan kans-kans lain. Di menit 41 misal, Giroud kembali hampir mencatatkan namanya di papan skor. Memaksimalkan sebuah umpan sepak pojok, bola hasil sundulannya sekadar melebar dari sasaran.

Tak ada gol hingga terdengarnya peluit tanda penghujung babak pertama. Skor sementara 0-0.

Di babak kedua, Chelsea mulai mengambil alih kuasa pertandingan. Pada menit 51 The Blues mengancam lewat aksi Eden Hazard. Pemain asal Belgia itu melepaskan sebuah tendangan bebas. Namun hasilnya bola melebar dari sasaran.

Semenit kemudian kegagalan tersebut dibayar lunas oleh Olivier Giroud. Berawal dari pergerakan Emerson Palmeri yang dipungkasi umpan silang, Giroud menyambar bola dengan sundulan akurat. Bola tak mampu dihalau kiper Denis Scherbitski dan terjadilah gol. Skor 0-1.

BATE sempat berupaya membalas. Pada menit 58 dan 67 Signevich dan Rios sama-sama mendulang momentum. Yang pertama dihasilkan Signevich dengan sepakan yang hanya membentur mistar. Sementara itu sembilan menit berselang giliran peluang matang Rios yang tak berujung gol lantaran sepakannya dari dalam kotak penalti melayang kelewat tinggi.

Dalam kurun menit 60 hingga 75, kedua kesebelasan sama-sama mengganti dua pemain. Chelsea memasukkan Mateo Kovacic dan Willian untuk merotasi Loftus-Cheek serta Hazard. Di lain pihak, BATE menggantikan Skavysh dan Signevich dengan Tuominen serta Moukam.

Namun pergantian ini tak berarti banyak. Bahkan ketika BATE maupun Chelsea melakukan jatah rotasi pada penghujung-penghujung laga. Skor pun tetap 0-1 hingga usai.

Susunan Pemain

BATE Borisov: Denis Scherbitski; Aleksey Rios, Zakhar Volkov, Egor Filipenko, Aleksandar Filipovic; Dmitri Baga, Stanislav Dragun, Alyaksandr Hleb; Maksim Skavysh, Nikolai Signevich, Igor Stasevich (c).

Cadangan: Denis Polyakov, Jasse Tuominen, Evgeni Yablonski, Hervaine Moukam, Mirko Ivanic, Evgeni Berezkin, Anton Chichkan.

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Davide Zappacosta, Andreas Christensen, Gary Cahill (c), Emerson; Ruben Loftus-Cheek, Jorginho, Ross Barkley; Pedro, Olivier Giroud, Eden Hazard.

Cadangan: Willy Caballero, César Azpilicueta, Callum Hudson-Odoi, Ethan Ampadu, N'Golo Kanté, Willian, Mateo Kovacic.

Baca juga artikel terkait LIGA EROPA atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan