Hasil BAC 2019: Anthony Ginting Tersingkir di Babak Pertama

Oleh: Oryza Aditama - 24 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Badminton Asia Championships 2019 (BAC): tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting tersingkir di babak pertama (32 besar) usai takluk di tangan wakil Hong Kong.
tirto.id - Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting terpaksa harus mengakhiri kiprahnya di ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2019 lebih awal. Atlet Indonesia itu takluk di tangan wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus, pada babak pertama (32 besar).

Bertanding selama 1 jam 14 menit di court-4 Wuhan Sports Center, Wuhan, Cina, pemain unggulan ke-6 tersebut pun menyerah lewat pertarungan rubber game dengan skor yang sangat ketat 18-21, 21-18, dan 23-25.

Paruh awal gim pertama kendali permainan sempat berada di tangan Anthony Ginting. Pemain unggulan ke-6 tersebut pun memimpin 8-5. Namun sayang menjelang interval, sang rival sanggup membalikkan angka hingga mengubah kedudukan menjadi 10-11.

Usai jeda performa Anthony kian menurun. Margin poin ketertinggalan wakil Indonesia ini pun kian melebar menjadi 13-17. Meski pemain peringkat ke-7 dunia ini sempat menyamakan skor pada kedudukan 18-18, namun kekurang tenangan Anthony pada poin krusial menyebabkan lawan sanggup mengunci keunggulan dengan skor 18-21.

Permainan cepat Anthony membuka gim kedua dengan cukup baik. Usai mendulang beberapa kali poin beruntun, wakil Indonesia ini pun memimpin jauh 9-1. Smes tajam dengan kombinasi pukulan netting yang prima dari Anthony, membawanya menutup interval set kedua dengan skor 11-3.

Anthony masih memegang kendali permainan hingga kedudukan 18-11. Akan tetapi pemain Hong Kong mampu memanfaatkan momentum untuk mendulang tujuh angka beruntun, hingga menyamakan skor 18-18.

Saat memasuki poin kritis, Anthony tampil tenang untuk mengemas tiga angka tambahan, sekaligus menutup gim kedua dengan skor 21-18.

Set penentuan berjalan sangat ketat. Sempat tertinggal 5-9 pada awal permainan, Anthony sanggup menipiskan ketertinggalan menjadi 10-11 saat interval.

Selepas interval kedua pemain terlibat pertarungan yang sangat seru. Mereka pun secara bergantian memimpin kedudukan. Situasi ini terus berlanjut hingga memasuki periode poin kritis. Sempat diwarnai empat kali setting point, Anthony pun terpaksa mengakui keunggulan rivalnya usai takluk dengan skor akhir 23-25.

Hasil minor yang didapat Anthony Ginting pada hari ini (24/4) sekaligus memperburuk torehan pemain 22 tahun ini, yang pada gelaran musim 2018 lalu sanggup menembus babak 16 besar.



Di samping Anthony Sinisuka Ginting, kontingen Indonesia masih memiliki tiga wakil tunggal putra lainnya yang belum berlaga, yakni Jonatan Christie, Tommy Sugiarto, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Baca juga artikel terkait BADMINTON ASIA CHAMPIONSHIPS 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus